Sukses

Warisan Bisnis Kuliner Babe Cabita, Komika yang Meninggal Dunia Setelah Berjuang Melawan Penyakit Langka

Sebelum meninggal dunia, Babe Cabita sempat membuka bisnis kuliner bernama Dadar Beredar bersama King Abdi yang merupakan peserta Master Chef Indonesia Season 10.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari komedian Babe Cabita yang meninggal dunia pada Selasa, (9/4/2024). Pria bernama asli Priya Prayogha Pratama itu menghembuskan napas terakhir di usia 34 tahun setelah tahun lalu mengaku mengidap penyakit langka, anemia aplastik. 

Babe telah dikenal sebagai komika yang kerap mengundang tawa para penonton. Ia jadi terkenal sejak menjuarai ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ke-3 di sebuah stasiun televisi pada 2013.

Sejak itu, ia sering muncul di berbagai acara dan program televisi. Seiring waktu, pria lulusan Universitas Sumatra Utara itu melebarkan sayap dengan menjajal bisnis kuliner pada 2023.

Ia membuka Dadar Beredar bersama King Abdi, alumni MasterChef Indonesia Season 10. Tak butuh waktu lama, usaha kulinernya itu berhasil menyita perhatian masyarakat dan sukses hingga saat ini.

Mengutip tayangan YouTube Boengkoes berjudul "Ini Aneh Masterchef dan Babe Cabiita Jual Nasi Telor 12.000???" Dadar Beredar disebut menyajikan ragam menu berbahan dasar telur dengan harga terjangkau.

Dadar Beredar telah memiliki sejumlah cabang di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Bekasi, Solo, dan Batam. "Ini usahanya Babe Cabita, di sini saya jadi tukang masaknya. Saya (menyusun) konsep, resep, dan menu," kata King Abdi dalam konten yang diunggah pada 20 Juni 2023. "Mas Babe ini yang rajanya telor."

Di video, King Abdi bercerita awal mula ia berkolaborasi dengan Babe Cabita. Saat itu, ia bertemu pria berambut kribo tersebut di Yogyakarta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Kolaborasi Babe Cabita dan King Abdi

"Beliau ini selalu nanya soal telor, di warung klatak nanyain telor, di mana nanyain telor, terus aku waktu itu lagi bikin formula nasi pake telor. Tak kasih tahu ke mas Babe, cocok enggak," cerita King Abdi.

Tak disangka, respons Babe positif. "Dia selalu setiap hari makan dan itu makannya telur dadar," bebernya lagi.

Harga makanan di Dadar Beredar dibanderol paling murah Rp13 ribu. Menunya juga bukan hanya telur dadar dengan sambal, melainkan ada sambal kulit ayam, daging, cumi, udang, tongkol, dan paru.

Tapi, King Abdi menambahkan, menu utamanya memang nasi dengan telur dadar dan sambal. Selain itu, sayuran spesialnya adalah selada air crispy.

"Si Babe ini ke mana-mana selalu nyari telor, akhirnya aku nyeletuk lah untuk namanya si Dadar Beredar," sebut King Abdi menjelaskan asal-usul penamaan bisnis kulinernya dengan Babe Cabita. 

3 dari 4 halaman

Sakit 2 Minggu Sebelum Pembukaan Bisnis Kulinernya

Di tengah video, King Abdi bercerita tentang sakit yang sedang dialami partner bisnisnya. Babe dikatakan sakit sekitar dua minggu sebelum pembukaan Dadar Beredar cabang Sunter, Jakarta Utara.

"Mendadak Mas Babe tuh sakit, indikasi awal itu demam berdarah," ungkap King Abdi.

Namun, ia menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Babe ternyata didiagnosis mengalami kondisi autoimun. Penglihatan mata sebelah kanannya dikabarkan sudah mulai rabun karena penyakit tersebut.

Bahkan saat pembukaan usaha kulinernya, Babe masih dirawat. King Abdi saat itu berdoa agar rekan usahanya bisa sembuh, namun takdir berkata lain karena kini Babe telah berpulang. Kabar meninggalnya Babe Cabita disampaikan aktor Oki Rengga Winata di unggahan media sosialnya.

Ia menulis, "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’unTelah meninggal Anak, Adik, Suami, Ayah Kami, Priya Prayogha Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita) Hari ini 9 April 2024 Pukul 06.38 wib di RS. Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan. Mohon dimaafkan segala khilaf dan Salah. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu’anhu."

4 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir Babe Cabita

Mendapati hal itu, publik langsung menyerbu akun media sosial Babe Cabita, mengungkap doa mereka serta menghaturkan salam perpisahan. Ini dibubuhkan salah satunya di unggahan terakhir yang dibagikan pria itu di akun Instagram-nya, Kamis, 4 April 2024.

Di sana, Babe kedapatan mengunggah konten selaras citra kocaknya, menulis, "Jangan lupakan sahabat masa kecil" di foto editan memperlihatkan ia berseragam SD putih-merah berjalan bersama figur Jackie Chan dan Cristiano Ronaldo. Di foto keduanya, masih berupa foto editan bersama dua pesohor itu, ia mempromosikan bisnis kulinernya, "Jaga silaturahmi, bukber di Dadar Beredar."

"Orang lain biasanya kalo bukber pada pamer harta, tapi kalo kawanku bukber pada pamer otot!" bunyi keterangan tambahan yang ia bubuhkan. Kini, foto tersebut dibanjiri ucapan duka, dengan salah satu pengguna menulis, "Innalillahi wainnailaihi rojiun. Lu satu-satunya komika favorit gw bang babe dan cuma lu yang gw follow dari dulu karena komedi lu yang paling ngena buat gw. Terimakasih sudah menghibur kami dengan komedi lu yang luar biasa itu bang. Semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini