Sukses

Ridwan Kamil Jualan Kosmetik Lewat Billboard Viral, Warganet Merasa Di-prank

Ridwan Kamil mengklarifikasi isu tentang dirinya yang akan mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Warganet merasa kena prank, karena ternyata iklan produk kosmetik.

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil belum lama ini menjadi perbincangan usai wajahnya tampil di billboard dengan kalimat iklan yang membuat publik menyimpulkan bahwa dirinya akan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun setelah viral dan menjadi trending topic di X yang dulunya Twitter, pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun membuat video klarifikasi.

"Assalamualaikum, halo saya Ridwan Kamil. Di sini saya mau menanggapi tentang ramainya baliho saya ya yang judulnya 'OTW Jakarta' yang sudah membuat banyak persepsi di seluruh Jakarta bahkan Indonesia. Terus terang saya bingung juga, kenapa ditafsirkan macam-macam dengan pengertian sendiri, bahkan menafsirkan politik," ucap Kang Emil dalam video klarifikasi yang diunggah pada Kamis (29/2/2024).

Lalu pria kelahiran 4 Oktober 1971 itu meyambung bahwa billboard tidak terkait sama sekali dengan politik. Billborad tersebut adalah marketing iklan dirinya sebagai brand ambassador produk skincare khusus untuk para lelaki yang bernama R1 by Ridwan Kamil. 

"Ini diriset dari bahan-bahan biodiversity Indonesia," cetus Ridwan Kamil, mempromosikan produk tersebut.

Suami dari Atalia Praratya ini menambahkan bahwa alasan penulisan OTW Jakarta lantaran peluncuran skincare itu dilakukan di Jakarta. Ia pun membantah pernyataan Bendahara Umum NasDem yang menyebut Ridwan Kamil ingin maju Pilkada DKI.

Menurutnya, Pilpres saja belum usai perhitungan KPU. Ridwan Kamil mengaku belum memutuskan akan maju di Jawa Barat, DKI Jakarta ataupun istirahat dahulu dari dunia politik.

Di kolom komentar video tersebut, ramai warganet menanggapi. "Meni udh pada heboh padahal lagi nge-prank," tulis seorang warganet.

"Mantap idolaku, semoga jadi ganteng kalo aku pakai itu," kata seseorang yang lain, di antara warganet yang tertarik dengan iklan tersebut dan berniat membelinya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Tanggapi Pernyataan Ahmad Sahroni

Sebelumnya, mengutip Tim News Liputan6.com, 22 Februari 2024, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), merespons pernyataan Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni yang menyebutnya lawan mudah jika maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

"Antara maju dan tidak, sama kaya RK. Kalau RK baru mau maju Jakarta, kalau gua kan sudah di Jakarta, jadi gua anytime gampang gitu. Kalau RK doang mah gampang dah lawannya, terlalu mudah (tertawa) wakilnya ya enggak tau, maju saja belum, ngawur ini," kata Sahroni.

Menanggapi pernyataan Sahroni, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil kemudian mengutip pernyataan Komedian Mandra dari potongan video 'Si Doel Anak Sekolahan'. Video itu, dia unggah di laman Instagram pribadinya @ridwankamil, Jumat (23/2/2024).

"Bang @ahmadsahroni88 ada salam dari Mandra. Hatur Nuhun," ungkap Kang Emil. Setelah Liputan6.com menguliknya, video yang diunggah Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Partai Golkar itu berisi editan gabungan Baliho dirinya dengan meme video Mandra.

 

3 dari 4 halaman

Dipercaya Partai Golkar Maju Pilgub DKI

Kemudian, saat disinggung terkait dengan postingan di akun media sosialnya yakni 'Dari Tanjung Untuk Jakarta'. Ia justru menyinggung soal baliho dengan gambar RK dan bertuliskan 'Lagi Jalan Mau Kemana, Kang? Otw Jakarta nihhh'.

"Enggak, itukan Ridwan Kamil mau bilang mau otw Jakarta, nah saya sudah di Jakarta. Kan kalau RK mau maju Gubernur DKI Jakarta dia kan otw dari Bandung ke Jakarta, kalau gua kan sudah di Jakarta," ujarnya.

"(Lebih mudah jalannya) Lebih mudah Jakarta," pungkasnya.

Diberitakan pula bahwa setelah Pemilu 2024, Ridwan Kamil tak hanya ditugaskan maju di Pilgub Jabar, tapi juga mendapat rekomendasi untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Menurutnya ada dua pucuk surat tugas yang dia terima dari DPP Golkar.

"Saya itu mendapatkan dua surat penugasan (dari DPP Golkar) satu di Jabar, dua di DKI, jadi suratnya dua," kata dia di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis, 23 November 2023.

Kontribusi Ridwan Kamil untuk Golkar juga dinilai nyata dengan raihan suara Golkar dalam Pemilihan Umum Legislatif dimana angka partai berlambang pohon beringin tersebut kini ada di posisi kedua setelah PDI Perjuangan.

4 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Seorang Ahli Tata Kota

Ridwan Kamil sebelum menjadi Wali Kota Bandung sampai jadi Gubernur Jawa Barat dikenal sebagai praktisi dan dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB). Buah tangannya telah tersebar hingga ke Benua Asia dan Eropa. Ciri khas dari desain karya pria yang akrab disapa Kang Emil itu yakni filosofi yang mendalam dalam setiap goresannya.

Lewat firma arsitektur Urbane, karya Ridwan Kamil tersebar di berbagai daerah Indonesia seperti Jakarta serta mancanegara. Mulai masjid yang terbuat dari batako yang terbuat dari abu letusan gunung merapi, Museum Tsunami di Aceh, sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung, kawasan elit di Kuningan Jakarta, superblok di Tiongkok, juga rancangan kawasan di Syiria.

Salah satu karyanya yang monumental di dalam negeri yaitu Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh. Museum itu menggambarkan bagaimana rakyat Aceh bersedih kemudian bangkit dari bencana alam yang terjadi pada 2004. Lalu ada Marina Bay Waterfront di Singapura, serta juga Ningbo Newtown di Tiongkok yang merupakan sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.