Sukses

Warung Kopi Klotok di Cisarua Milik Titiek Soeharto yang Diresmikan Prabowo Subianto, Harga Makanannya Mulai dari Rp2 Ribu

Selain ikut berkiprah di dunia politik, Titiek Soeharto juga dikenal sebagai pebisnis. Salah satu bisnis yang dimilikinya adalah Waroeng Kopi Klotok atau Warung Kopi Klotok khas Yogyakarta yang dibuka di Cisarua.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul sementara di Pemilu 2024, sosok Titiek Soeharto kembali ramai diperbincangkan. Mantan istri Prabowo ini kerap disebut akan segera menjadi ibu negara bila Prabowo Subianto unggul dalam hasil Real Count KPU Pilpres 2024.

Banyak juga warganet yang beharap Prabowo dan Titiek akan rujuk setelah berpisah pada 1998 lalu. Selain ikut berkiprah di dunia politik dengan menjadi pengurus Partai Gerindra, anak mantan Presiden ke-2 RI ini juga dikenal sebagai pebisnis. Salah satu bisnis yang dimilikinya adalah Waroeng Kopi Klotok atau Warung Kopi Klotok khas Yogyakarta yang dibuka di Jl. Raya Cisarua Bogor, Jawa Barat.

Menariknya lagi, restoran tersebut diresmikan Prabowo Subianto dalam acara pembukaan pada 22 Januari 2022 lalu. “Doa dan Syukuran akan dibukanya Waroeng Kopi Klotok @Cisarua yg dihadiri oleh pak PS," tulis Titiek dalam unggahan di akun Instagramnya, 23 Januari 2022.

Dalam foto yang beredar, terlihat Prabowo menandatangani sebuah plakat dengan Titiek mengawasinya dari samping.Titiek memboyong Waroeng Kopi Klotok tersebut dari Yogyakarta ke Jawa Barat karena jatuh cinta dengan salah satu menu yang disajikan di sana.

Dilansir dari akun YouTube VanTime, Selasa, 27 Februari 2024, Titiek semula mempertimbangkan membuka cabang Waroeng Kopi Klotok Yogyakarta setelah menyambangi warung makan tersebut pada 2021.  Pemilik nama lengkap Siti Hediati Hariyadi itu disebut mencicipi berbagai makanan di dan berujung dibuat jatuh cinta dengan sayur lodeh hangat yang disajikan di Waroeng Kopi Klotok Yogyakarta.

Sayur lodeh tersebut berisi tempe, sayur-mayur, serta kacang-kacangan. Meski sederhana dan simpel, sayur lodeh tersebut ternyata membuat Titiek teringat dengan masa kecilnya yang kerap menyantap masakan sang ibu, Tien Soeharto.

Kenangan itulah yang membuat Titiek memutuskan membuka cabang Waroeng Kopi Klotok Cisarua. Restoran ini dilengkapi konsep pendopo khas Yogyakarta dengan interior etnik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman di Warung Kopi Klotok Harganya Terjangkau

Waroeng Kopi Klotok Cisarua mendapat banyak respons positif dari publik. Hal ini terlihat dari banyaknya review bintang 5 di Google. Jika biasanya figur publik membuka bisnis kuliner dengan harga mahal, Waroeng Kopi Klotok Cisarua ini justru menjual banyak makanan berat, makanan ringan, hingga minuman dengan harga terjangkau.

Harga makanan termurah yaitu kerupuk putih seharga Rp2 ribu saja.Ada berbagai macam nasi yang dijual dengan harga mulai dari Rp10 ribu seperti nasi sego. Mereka juga menyediakan beragam paket nasi seperti nasi lodeh tempe lombok ijo, nasi lodeh kluwih, dan nasi lodeh terong lengkap dengan sambal dadak atau sambal tempe yang dibanderol harga Rp28,5 ribu.

Selain itu, Titiek juga menjual Tempe Garit dengan harga Rp 5 ribu. Kemudian ada juga telur krispi dengan harga Rp15 ribu dan ayam goreng dengan seharga Rp13,5 ribu.Waroeng Kopi Klotok juga menjual minuman mulai dari harga Rp5 ribu.

Sejumlah minuman khas seperti susu jahe, wedang jahe sereh, dan kopi klotok dibanderol harga mulai dari Rp14 ribu. Beberapa jajanan dan camilan juga tersedia, seperti pisang goreng, mendoan, jadah, blondo yang bisa dibeli dengan harga paket Rp25 ribu.

 

3 dari 4 halaman

Kunjungan Jokowi ke Warung Kopi Klotok

 

Pada 2023 lalu, dengan didampingi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Presiden Jokowi )Joko Widodo) berkunjung ke Warung Kopi Klotok yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 16, Sleman, Yogyakarta. Bersama dengan ibu Iriana Jokowi, Presiden RI ini menikmati beberapa sajian khas warung tersebut pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Salah satu menu yang menjadi pilihan adalah sayur lodeh.  Dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jokowi menikmati sejumlah menu yang menjadi ciri khas Warung Kopi Klotok, mulai dari kopi klotok, sayur lodeh, tempe garit, hingga telur krispi. Jokowi pun memuji kenikmatan rasa dari menu tersebut.

"Enak sekali. Lodehnya, telur krispinya, tempe garitnya," tulis Jokowi di sebuah papan yang memang disiapkan untuk para pengunjung warung tersebut.  Sri Handayani, pemilik warung mengaku sangat bangga warungnya didatangi oleh Presiden Jokowi dan keluarga. Bahkan, ia menyebut bahwa Ibu Iriana menyampaikan apresiasi atas usahanya dalam melestarikan masakan nusantara.

"Beliau (Ibu Iriana) senang karena kita kan mempertahankan masakan daerah, mengangkat masakan daerah," ujar Sri Handayani dalam keterangannya.Sri Handayani pun merasa terharu menerima kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga sebagai tamu kehormatan di warungnya.

4 dari 4 halaman

Tak Menyangkan Bertemu Jokowi

 

"Membuat haru ya, karena ya Pak Presiden kan baik, dicintai rakyatnya. Jadi siapa yang gak senang ya kedatangan Pak Presiden, merupakan suatu kehormatan," jelas Sri Handayani.

Tidak hanya pemilik warung, masyarakat yang menjadi pengunjung Warung Kopi Klotok juga senang dengan kedatangan Presiden Jokowi dan keluarga. Salah satunya Diah, pengunjung asal Jakarta yang tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan Presiden Jokowi dan keluarga.

"Gak expect, ini tadi cuma mau sarapan aja terus tadi lihat Paspampres lewat gitu kan ternyata ada Pak Jokowi. Kemarin kan baru di Malioboro, aku pikir gak bakal ke sini ternyata ke sini," tutur Diah.

Hal serupa juga dirasakan Lina pengunjung asal Surabaya yang datang bersama keluarganya. Lina tidak menyangka dapat bertemu Presiden Jokowi dan keluarga saat berlibur ke Yogyakarta. "Senang. Pak Jokowi, terima kasih ya, sehat selalu, sukses," ucap Raihan, putra Lina usai berswafoto dengan Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.