Sukses

Annisa Pohan Ternyata Pakai Kebaya Lama Saat AHY Mendadak Dilantik Menteri

Kebaya tersebut dikenakan Annisa Pohan dan putrinya saat melakukan foto keluarga bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan iparnya Ibas Yudhoyono, Aliya Rajasa dan anak-anak mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja terpilih menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan itu memang terkesan agak mendadak sehingga sang istri, Annisa Pohan juga harus mempersiapkan penampilannya dengan cepat.

Meski begitu, saat acara pelantikan, Annisa Pohan dan putri mereka Almira tampak mengenakan kebaya kembar warna biru muda yang cantik. Hal tersebut, seakan-akan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Hal itu pun disampaikan oleh seorang warganet di akun TikTok @kiranaanjani7335.

"Kata AHY dia ditelp dadakan mau dilantik jadi menteri kok annisa sama anaknya udah punya kebaya seragam ya," tanya seorang warganet. Menjawab hal tersebut, Annisa dan Almira ternyata memakai kebaya lama yang pernah mereka kenakan sebelumnya yaitu saat Idul Fitri 2023 lalu.

Kebaya tersebut mereka pakai saat melakukan foto keluarga bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan iparnya Ibas Yudhoyono, Aliya Rajasa dan anak-anak mereka.

Bedanya dalam video yang beredar, saat Lebaran 2023 lalu, Annisa dan Almira memasangkannya dengan kain songket biru silver yang mewah. Sementara pada pelantikan lalu, keduanya memadukan kebaya bermaterial lace dengan kain batik berwarna hitam emas.

Kebaya itu dipercantik dengan payet dan detil selendang tule yang disematkan di bahu masing-masing. Untuk melengkapi penampilan mereka, Annisa dan Almira juga mengenakan aksesori berupa kalung dan anting. Annisa juga menyanggul rambut mereka dengan gaya yang modern. Ia mempercayakan riasan wajahnya pada MakeUp Artist (MUA) Barry Irawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Keluarga SBY

"Ini foto keluarga pak sby tahun kemaren 2023 waktu merayakan idul fitri. Pentingnya husnuzon ya buk ibu. Siapapun mentri yg terpilih itu hak prerogatif presiden. Dan pastinya presiden lebih tau siapa2 yg layak mendampingi dan membantu beliau dlm mengurus negara disisa masa jabatannya," tulis akun tersebut pada 24 Februari 2024.

Annisa mendampingi suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024.

Di kesempatan itu, Annisa tampil anggun dalam balutan kebaya brokat biru muda berpadu kain batik didominasi warna hitam-cokelat sebagai padanan serasi. Tidak ketinggalan, ia juga menyanggul rapi rambutnya dan memakai ragam aksesori, mulai dari sepasang anting, cincin, kalung, sampai menenteng tas tangan.

Handbag cokelat itu merupakan rilisan jenama mewah berspesialisasi dalam produk berbahan kulit asal Belgia, Delvaux. Mengutip situs webnya, Kamis, 22 Februari 2024, tas Annisa merupakan seri Tempete MM yang dideskripsikan sebagai "tas pahatan yang luas dengan tali bahu yang dapat dilepas dan disesuaikan."

"(Tas ini) dibuat dari kulit Crispy Calf dalam warna Tourterelle dan Ivory yang dilengkapi dengan perangkat keras logam perak," imbuhnya. Dengan status pemesanan pre-order, tas itu dibanderol 7.350 dolar AS (sekitar Rp115 juta).

3 dari 4 halaman

Gaya Riasan Annisa Pohan

Melengkapi gaya, Annisa dirias makeup artist (MUA) kenamaan Barry Irawan. Di akun Instagram-nya, Barry berbagi video tampilan akhir ibunda Almira Tunggadewi Yudhoyono tersebut.

MUA itu terliaht memberi sentuhan sedikit bold dengan eyeshadow kecokelatan dan membingkainya dengan bulu mata yang dramatis. Demi mempertahankan kesan elegan, Barry memulas lipstik mauve natural dengan kesan glossy pada bibir menantu mantan presiden SBY tersebut.

Penampilan Annisa Pohan serasi dengan putrinya yang juga hadir di kesempatan itu. Di antara mereka, AHY tampil gagah dengan setelan jas gelap berpadu kemeja putih, dasi merah, dan kopiah hitam.

Menandai istrinya di unggahan Instagram, Rabu, AHY menulis, "Ya Allah, berilah saya dan keluarga kekuatan, petunjuk, dan bimbingan untuk terus memberikan karya terbaik bagi rakyat, bangsa, dan negara sebagai bukti bakti saya pada Almamater tercinta, Lembah Tidar."

Sehari sebelum dilantik, AHY telah menemui sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk meminta restu menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau Menteri ATR/BPN di Cikeas Jawa Barat, Selasa 20 Februari 2024 malam.

 

4 dari 4 halaman

SBY Restui AHY Jadi Menteri

"Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN," kata Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan kepada wartawan, Rabu, dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Menurut dia, SBY telah mendoakan dan memberikan restu untuk AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan. Kendati begitu, SBY tak hadir dalam pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

|Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelas Ossy.

Sebelumnya, Presiden Jokowi (Joko Widodo) melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Rabu. Jokowi melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pada Rabu pukul 11.00 WIB. Mantan Panglima TNI itu menggantikan posisi Mahfud Md yang mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam pada awal Februari lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini