Sukses

Ngobrol Bareng Cak Lontong, Megawati Soekarnoputri Cerita tentang Megawati Garden di Pulau Jeju Korea Selatan

Megawati memberikan banyak masukan atas konsep lingkungan di Megawati Soekarnoputri Garden di Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri selama ini identik dengan dunia politik. Meski begitu ada sisi lain dari Megawati yang selama ini mungkin belum diketahui banyak orang.

Sejumlah fakta menarik tentang Megawati terungkap saat ngobrol bareng komeidan Cak Lontong dan Rizky Inggar. Dalam obrolan itu, Megawati menceritakan hobinya memelihara tanaman. Saat berkunjung ke luar negeri, putri proklamator dan presiden pertama Indonesia Bung Karno juga suka berkunjung ke taman bunga.

Ketika berkunjung ke Korea Selatan tepatnya di Pulau Jeju pada 2013 lalu, Megawati menginap di Hotel WE Jeju karena mengikuti Jeju Peace Forum. Ia sempat berbincang dengan pemilik hotel, Dr. Sung Soo Kim. Keduanya ternyata punya minat yang sama terhadap lingkungan.

"Jadi waktu itu saya bicara dengan beliau karena saya senang tanaman, saya tanyakan apa saja tanaman di pulau Jeju. Seperti yang saya lihat, ini ada azalea, ada seperti yang saya tanam sendiri ada magnolia, dan lain sebagainya. Ada cemara. Saya sangat senang kok tanaman di Jeju ternyata sangat subur ya," kenang Megawati di kanal YouTube Bu Mega Bercerita pada 13 Februari 2024.

Sung Soo Kim saat itu mengatakan dirinya sangat berbahagia bisa menemani Megawati untuk kembali menanam pohon. Dia lalu menjelaskan perjalanan Megawati menanam pohon di taman tersebut. Megawati juga memberikan banyak masukan atas konsep lingkungan yang sedang dibangun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peresmian Megawati Soekarnoputri Garden di Korea

Saat itu Megawati ingin sekali memiliki atau membangun kebun serupa di Indonesia. Melihat ketertarikan yang begitu tinggi, Kim Sung Soo yang tahu betul bagaimana hubungan Korea Selatan - Indonesia dari waktu ke waktu langsung setuju menamai kebun raya tersebut dengan nama Megawati Soekarnoputri Garden atau Megawati Jongwon.

Peresmiannya telah direncanakan beberapa kali dan akhirnya Megawati Soekarnoputri Garden baru terlaksana pada 2017. Megawati mengaku sangat berterima kasih dengan penamaan taman selaus 10 hektare di Jeju atas namanya. 

Megawati sering memotivasi teman-temannya agar membuat taman sendiri dan bisa dinamakan dengan namanya sendiri, kalau mau. "Saya jadi sering mengatakan kepada teman saya, ayo temen-temen bikin kebun raya supaya nama kamu bisa ditaruh di situ," kata Megawati sambil tersenyum.

Selain menceritakan soal taman, wanita kelahiran 77 tahun lau ini juga mengungkapkan hal-hal ringan seperti lagu favoritnya. Ia mengatakan bahwa salah satu lagu favoritnya adalah lagu Cinta Hampa yang dipopulerkan grup band lawas D'Lloyd. 

3 dari 4 halaman

Lagu Favorit Megawati

Ia mengaku suka bersiul untuk menirukan irama lagu favoritnya tersebut. Megawati kemudian diminta oleh Cak Lontong untuk menyanyikan lagu favortinya. Awalnya Mega tampak sungkan untuk menyanyi, Cak Lontong kemudian pelan-pelan ikut bernyanyi tiap lirik lagu tersebut.

Saat tiba di lirik 'Begitu juga cintamu padaku/ Cinta hanya separuh hati' Megawati lalu mengatajan, "Kaya sekarang nih," Celetukan Megawati ini pun membuat Cak Lontong dan Rizky Inggar tertawa. "Separuh hati kau lepas kembali," tegas Cak Lontong.

Megawati pun kembali bernyanyi hingga tiba di lirik  "Nanti di suatu masa/Kau juga kan merasa/Betapa sakitnya hati kecewa/ Karena cinta', Di lirik ini, Megawati kembali nyeletuk.

"Kau juga kan merasa, aduh, betapa sakitnya hati kecewa karena cinta," kata Megawati sambil tersenyum. "Kok bisa pas ya bu," timpal Cak Lontong mendengar lirik dan gestur Megawati tersebut.

Sisi lain Megawati juga terlihat saat kampanye Pemilu 2024. Ia berjoget saat menghadiri kampanye terbuka capres dan cawapres pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Lapangan Tegallega, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, 21 Januari 2024.

4 dari 4 halaman

Megawati Joget Bareng Kaka Slank

Saat duduk, vokalis Slank, Kaka mengajak Megawati untuk berjoget. Kemudian, Presiden Indonesia kelima ini merespons permintaan tersebut. Megawati lalu berjalan dan keduanya berjoget di ujung panggung dengan diiringi lagu berjudul 'Orkes Sakit Hati' yang dibawakan oleh Slank.

Barusan aku bilang sama Slank, saya ini sudah nenek-nenek loh," ujar Megawati usai joget, melansir kanal Pemilu Liputan6.com.Grup musik Slank hadir dan menyumbangkan lagu pada kampanye terbuka perdana capres Ganjar Pranowo-Mahfud Md, setelah sehari sebelumnya menyatakan dukungan terhadap pasangan nomor urut 03 itu.

"Ini jarang-jarang loh joget bareng Ibu Mega," ujar Kaka Slank, Pada kampanye terbuka bertajuk hajatan Rakyat atau Harapan Jutaan Rakyat itu dihadiri oleh Capres Ganjar Pranowo beserta istri, Siti Atikoh; anaknya, Alam Ganjar; Ketum Hanura, Oesman Sapta Odang; Ketum PPP, Muhamad Mardiono; Menteri Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga; Ketua TPN, Arsjad Rasjid.

Sejumlah artis papan atas pun turut menyemarakan kampanye pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Salah satunya Once Mekel. Grup band Kotak dan Jamrud pun ikut memeriahkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini