Sukses

Bakal Meningkat, 300 Ribu Wisatawan Indonesia Diprediksi Akan Kunjungi Korea di 2024

Sekitar 250 ribu wisatawan Indonesia telah mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data Korea Tourism Organization, terdapat sekitar 11 juta wisatawan asing yang mengunjungi Korea Selatan pada tahun 2023, dan sekitar 250 ribu wisatawan Indonesia telah mengunjungi Korea tahun 2023. Angka 250 ribu tersebut masih belum melampaui angka seperti sebelum pandemi karena wisatawan Indonesia yang mengunjungi Korea pada tahun 2019 adalah sekitar 278 ribu sehingga baru pulih sekitar 90%.

Korea pada tahun 2024 ini menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan asing dengan menerapkan berbagai kebijakan terkait visa, seperti pembebasan biaya elektronik grup visa kepada Indonesia, workcation visa, hallyu visa dan sebagainya.

Korea Tourism Organization yang merupakan organisasi perwakilan negara Korea dalam bidang pariwisata, pada tahun 2024 memprediksi bahwa tidak hanya jumlah wisatawan Indonesia ke Korea yang pulih 100% seperti sebelum pandemi, tetapi juga jumlah wisatawan Indonesia ke Korea akan meningkat hingga hampir 300 ribu.

“Dengan adanya pembebasan biaya elektronik grup visa, kesepakatan pembukaan rute penerbangan bebas ke-6 kota di Korea dan Indonesia, kestabilan fenomena Korean Wave di Indonesia, dan kampanye Visit Korea Year 2024 yang dilakukan oleh Korea Tourism Organization, kami optimis bahwa sekitar 300 ribu wisatawan Indonesia dapat mengunjungi Korea di tahun 2024.” Terang Direktur Korea Tourism Organization Jakarta Office, Kim Ji Sun, saat acara Korea Travel Roadshow Jakarta 2024 di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Acara Korea Travel Roadshow Jakarta 2024 merupakan acara pembuka dari rangkaian kampanye Visit Korea Year 2024. Rangkaian kampanye Visit Korea Year 2024 akan diadakan sepanjang tahun 2024 melalui acara online maupun offline di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Beberapa destinasi wisata terbaru di 2024 yang dapat dinikmati baik wisawatan Indonesia yang baru pertama kali mengunjungi Korea maupun yang sudah berkali – kali mengunjungi Korea adalah:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Blue House (Cheong Wa Dae)

Cheong Wa Dae adalah istana kepresidenan sekaligus komplek kediaman presiden Korea, yangterletak di ibukota Korea, Seoul. Tempat ini secara resmi dibuka untuk umum pada 2022,sehingga turis asing dapat menjelajahi megahnya istana kepresidenan sekaligus kediamannya.

Terdapat tiga gerbang masuk menuju Cheong Wa Dae, yaitu Gerbang Utama, GerbangYeongbinmun dan Gerbang Chunchumun. Tempat ini dapat dikunjungi secara gratis, tetapimengunjungi tempat ini diperlukan reservasi karena kunjungan hanya dibatasi sebanyak enamkali dalam sehari.

2. DMZ (Observatorium Dora)

Observatorium Dora yang terletak di utara Korea di area DMZ merupakan observatorium untukmelihat pemandangan seperti, Panmunjeon, Kota Gaeseong di Korea Utara. Bagi wisatawan yangpenasaran dengan situasi perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara dan ingin merasakan sensasi yang berbeda dari jenis wisata lainnya dapat mengunjungi area DMZ lainnya, seperti museum DMZ.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Songdo Central Park

Songdo Central Park adalah taman kota yang terletak di antara gedung pencakar langit disekitarSongdo, Incheon. Taman ini dilengkapi jalur setapak dan jalur sepeda yang cocok dinikmati pada sore hari untuk melihat matahari terbenam, maupun di malam hari untuk melihat gemerlap gedung-gedung pencakar langit.

Taman kota ini terbuka untuk umum dan dapat diakses setiap hari secara gratis. Songdo Central Park cocok dikunjungi untuk wisatawan yang menyukai gemerlap kota metropolitan seperti Incheon atau wisatawan yang hanya memiliki waktu singgah sejenak di bandara internasional Incheon.

4. Busan Green Railway

Busan Green Railway adalah atraksi kereta Pantai warna – warni yang mengitari pantai Haeundaedi Busan. Waktu terbaik untuk menggunakan atraksi ini adalah saat “Golden Hour”, yaitu saatmatahari terbenam sambil menikmati pemandangan laut.

Atraksi ini selalu viral di media sosial sehingga jika wisatawan ingin berkunjung ke sini diperlukan reservasi terlebih dahulu. Atraksi ini buka setiap hari dan beroperasi dari jam 09.00 – 18.00/22.00.

4 dari 4 halaman

5. Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak adalah sebuah pulau kawah besar yang terbentuk dari lahar panas yangbercampur dengan air laut sehingga berbagai tanaman dan tumbuhan cantik tumbuh di sekitarkawah tersebut. Kawasan ini ditetapkan sebagai cagar alam oleh UNESCO pada 19 Juli 2000.

Destinasi ini cocok untuk wisatawan yang suka dengan kegiatan trekking. Jika wisatawan beradadi puncak Seongsan, maka wisatawan dapat melihat hamparan laut, keindahan pulau Udo danaktivitas menyelam oleh penyelam wanita Korea, atau yang biasa disebut Haenyeo.

Korea Tourism Organization akan memperkenalkan destinasi Korea lainnya melalui rangkaian acara kampanye Visit Korea Year 2024 sepanjang tahun 2024 di Indonesia. Kita juga melihatnya di akun instagram @ktoid dan website www.visitkorea.or.id untuk informasi lebih lanjut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini