Sukses

Sambut Libur Isra Mikraj dan Imlek 2024, KAI Surabaya Operasikan 49 Kereta Api Jarak Jauh

Di masa libur panjang peringatan Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek 2024, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan 49 kereta api jarak jauh (KAJJ) .

Surabaya - Untuk menyambut libur panjang peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan 49 kereta api jarak jauh (KAJJ)  Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 1 Februari 2024 mengatakan rincian 49 KAJJ tersebut ialah 45 KA jarak jauh reguler, dua KA jarak jauh tambahan dan dua KA lokal komersial tambahan.

Selain itu, pengoperasian KA tambahan pada periode 8 - 11 Februari 2024 bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan melakukan perjalanan pada libur panjang akhir pekan dengan menggunakan transportasi kereta api. "Pada periode tersebut, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan sebanyak 26.910 tempat duduk per hari, tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya," terangnya, dilansir dari Antara

Luqman mengimbau masyarakat merencanakan perjalanan dengan baik karena tiket KA masa libur panjang masih cukup tersedia. "Jika tiket pada tanggal yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujarnya.

Sampai dengan Senin, 5 Februari 2024, PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat pemesanan tiket menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2024 mencapai sebanyak 61.242 pelanggan untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota. Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Senin, mengatakan jumlah tersebut pembaruan perkembangan sementara penjualan tiket periode 7-11 Februari 2024.

"Jumlah tersebut akan bertambah, karena pemesanan tiket masih terus berlangsung via daring. Mayoritas penumpang yang berangkat dari Daop 8 tujuan ke Kota Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang serta Jember dan Banyuwangi," terangnya.

Sementara kereta api keberangkatan Daop 8 yang paling banyak dipesan, lanjutnya, yaitu, KA Airlangga, KA Probowangi, KA Tawangalun, KA Sritanjung dan KA Argo Wilis. Rincianya, pada 7 Februari 15.179 pelanggan, 8 Februari 14.810 pelanggan, 9 Februari 8.966, 10 Februari 9.722 dan 11 Februari sebanyak 12.565 pelanggan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Kereta yang Bersifat Persambungan

Luqman mengimbau masyarakat yang akan memesan tiket KA jarak jauh (KAJJ), apabila tanggal keberangkatan atau KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur "connecting train" yang tersedia pada aplikasi Access by KAI.

"Fitur ini mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan KA jarak jauh, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya," jelasnya.

Sementara, untuk menghadirkan nuansa Tahun Baru Imlek, pihaknya menghadirkan dekorasi dan ornamen khas Imlek di berbagai Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. "Kami menghadirkan kemeriahan Imlek di Stasiun dengan memasang hiasan lampion, ornamen naga, gapura, serta berbagai hiasan lainnya," katanya.

Luqman menjelaskan, tujuan dipasang dekorasi tersebut, agar tercipta atmosfer penuh warna dan kegembiraan. "Pemasangan hiasan khas Imlek yang dihadirkan di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang ini dilakukan dengan tujuan agar pelanggan dapat merasakan nuansa Imlek saat berada di stasiun, serta menciptakan atmosfer penuh warna dan kegembiraan," ucap Luqman.

 

3 dari 4 halaman

Pemasangan Hiasan khas Imlek

Selain itu, pemasangan hiasan khas Imlek di berbagai titik pelayanan KAI Daop 8 Surabaya tersebut merupakan upaya pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. "Serta dapat turut menyemarakkan Tahun Baru Imlek di tahun 2024 atau merupakan tahun ke-2575 atau dikenal sebagai tahun shio Naga Kayu," tuturnya..

Sementara itu, PT KCIC memastikan okupansi Kereta Cepat Whoosh masih stabil di atas 60% dan minat masyarakat menggunakan kereta Whoosh masih tetap positif. Bahkan jika melihat okupansi pada setiap keberangkatan kereta Whoosh pada Sabtu 3 Februari 2024 sejumlah jadwal kereta di pagi hari okupansi mencapai hingga 98 persen per kereta.

Adapun berdasarkan data penjualan, sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023 s.d 1 Februari 2024 maka kereta cepat whoosh telah beroperasi secara resmi selama 107 hari dengan tiket berbayar. Pada kurun waktu 107 hari beroperasi terdapat 1.578.099 tiket yang terjual dari total ketersediaan tempat duduk sebanyak 2.286.805. Berdasarkan data tersebut maka secara keseluruhan rata-rata okupansi Whoosh mencapai 69% per hari.

4 dari 4 halaman

Jumlah Perjalanan Kereta Whoosh

 

"Dari data volume penumpang tersebut KCIC melihat antusias masyarakat sejak awal beroperasi hingga saat ini terus positif untuk menggunakan Whoosh sebagai moda transportasi publik pilihan," kata Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dikutip Minggu, 4 Ferbruari 2024, dilansir dari kanal Bisnis Liputan6.com.

KCIC uga menambah jumlah perjalanan kereta Whoosh yang awalnya hanya 14 perjalanan per hari, hingga saat ini menjadi 40 perjalanan perhari untuk dapat mengakomodir masyarakat yang akan beraktifitas di wilayah Jakarta - Bandung.

Melalui penambahan jumlah perjalanan tersebut kapasitas angkut bertambah dan pilihan jadwal menjadi lebih banyak. Sehingga diharapkan dapat terus menarik minta masyarakat untuk menggunakan kereta Whoosh.

KCIC mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah menggunakan transportasi publik Kereta Cepat Whoosh, mengingat salah satu tujuan dari kereta Whoosh yakni memindahkan para pengguna transportasi pribadi agar dapat beralih ke transportasi publik yang ramah lingkungan dengan waktu yang lebih efisien.

Adapun strategi lainnya untuk terus meningkatkan minat masyarakat agar menggunakan transportasi publik, saat ini KCIC juga mulai menerapkan tarif dinamis atau dinamic pricing pada perjalanan kereta Whoosh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini