Sukses

Cerita Penumpang Menang Kontes Nonton Kunto Aji Ngamen di Kereta

Seorang penumpang wanita membagikan momen ketika dirinya naik kereta api sambil menonton Kunto Aji bernyanyi dan bermain gitar. Jaraknya dengan sang artis bahkan sangat dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Kunto Aji kembali membuat kejutan di awal tahun 2024. Usai menggelar konser dan dilanjutkan tampil di halaman Stasiun Tugu Yogyakarta pada Senin, 1 Januari 2024, ia kembali tampil di dalam gerbong kereta api yang sedang berjalan.

Hal itu diketahui dari unggahan akun TikTok @fazazikrissilmi. Pemilik akun tersebut mengunggah momen ketika ia naik kereta api sambil menonton Kunto bernyanyi sambil bermain gitar. Jaraknya dengan sang artis bahkan sangat dekat.

Video yang diunggah pada 7 Januari 2024 itu jadi viral dan membuat banyak warganet merasa iri. Dari rekaman lain yang diunggah, si pemilik akun menjelaskan bagaimana ia bisa berada begitu dekat dengan pelantun lagu Mercusuar tersebut.

Awalnya, ia mengunggah perjalanan dengan kereta di Instagram Story miliknya. Ia menggunakan lagu Rehat milik Kunto dan menandai akun Instagram resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Tak lama kemudian, ia mendapatkan pesan dari akun Instagram KAI.

Di pesan tersebut, disebutkan bahwa ia terpilih jadi salah satu penumpang kereta yang bisa mengikuti acara tea time bersama Kunto Aji. Acara ini berlangsung di kereta makan setelah melewati Cirebon.

Penumpang wanita bernama Faza ini naik kereta Argo Dwipangga Eksekutif jurusan Jakarta-Yogyakarta pada 28 Desember 2023. Sebelum masuk ke kereta makan, ia mengaku tak tahu ada acara apa. Setelah diamati, ternyata memang ada poster acara "Tea Time with Kunto Aji."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kunto Aji Muncul di Hadapan Penumpang

Setelah membaca itu, ia langsung berjalan ke kereta makan, dan benar saja. Sosok Kunto Aji muncul di hadapannya sambil tersenyum ke penumpang lain yang juga memenangkan momen tea time ini.

Para penumpang yang beruntung menyaksikan Kunto "ngamen" itu mengabadikan momen tersebut dengan gawai mereka masing-masing. Di sejumlah klip, penyanyi berusia 37 tahun itu terlihat duduk di atas salah satu kursi penumpang tanpa memakai sepatu.

Ia mengenakan baju warna cokelat muda, celana jeans, dan kaus kaki merah yang senada dengan warna gitar akustiknya. Tak ketinggalan, pria berambut keriting ini juga memakai kacamata.

Dalam potongan video, Kunto menyanyikan lagu hits perdananya, Terlalu Lama Sendiri, yang dibawakan dengan irama lebih ceria. Bukan hanya menonton konser gratis, para penumpang juga diizinkan mengobrol dan berfoto bersama penyanyi asal Yogyakarta tersebut.

"Moon maap nih mas Kun dr maren kenapa ya dimana mana konser wkwkwk," komentar seorang warganet. "Beruntung banget, naik kereta bonus konser intimate ya," tulis warganet yang lain.

3 dari 4 halaman

Kereta Rasa Bus Pariwisata

"Kalo yg ngamen nya maskun dibolehin yaaa ternyata," ujar warganet lainnya. "Baru kali ini kereta tapi vibesnya bis pariwisata🥺👍🏻,” timpal warganet lainnya.

Video Kunto Aji menyanyi di kereta itu juga dibagikan di akun Instagram PT KAI pada 30 Desember 2023. Sebelum momen ini, Kunto sudah lebih dulu merilis album ketiganya "Pengantar Purifikasi Pikir" pada 14 September 2023.

Album ini jadi semakin spesial karena ia berkolaborasi dengan seniman Antonio Reinhard untuk memvisualisasikan sembilan lagu dari album tersebut ke dalam karya seni lukis.

"Selama penggarapan album ketiga ini benar-benar enggak sabar mau segera memperdengarkan ke semua orang. Ditambah lagi, saya berkolaborasi bersama seniman luar biasa, yaitu Antonio Reinhard,” terangnya saat jumpa pers di sela-sela pameran Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) 2023 di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis, 16 November 2023.

Toni, sapaan akrab Antonio, mengaku antusias bisa berkolaborasi bersama Kunto. "Pertama kali tahu bakal collab sama Kunto Aji luar biasa pastinya senang banget, karena ini jadi sebuah kolaborasi seni dari genre musik dan seni gambar atau lukisan," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Kunto Aji Memperpanjang Usia Lagu-lagunya

"Selama proses pembuatan karya, saya harus benar-benar meresapi makna dari lirik di sembilan lagu yang ada di album ini supaya bisa divisualisasikan dengan jelas dalam bentuk gambar. Yang saya makin antusias, Kunto kasih kebebasan penuh buat menginterpretasikan lagu-lagunya," lanjutnya.

Hasilnya, ayah dua anak ini merasa puas dengan karya-karya yang dilahirkan Antonio. Ia pun menegaskan bahwa lagu-lagunya bisa dimaknai dengan banyak cara.

"Kalau sesuai atau enggak, sebenarnya saya enggak pernah (membatasi interpretasinya). Kayak lagu saya, orang lain mau menangkapnya kayak apapun ya enggak masalah. Saya justru akan lebih senang ketika ada orang yang nangkapnya beda, berarti kan mereka menangkap satu detail yang saya enggak dapat dari situ," terangnya.

Menurut Kunto, ada banyak keuntungan lain yang didapat dengan memvisualisasikan lagu-lagunya. Salah satunya adalah bisa memperpanjang usia lagu tersebut karena dibuat dalam bentuk visual, yaitu lukisan sehingga bisa terus dilihat dan diingat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini