Sukses

Rayakan Malam Tahun Baru di Jogja, Anies Baswedan Bernostalgia di Warung Lesehan Malioboro

Anies Baswedan bersama istri Fery Farhati, putrinya Mutiara Annisa Baswedan, dan rombongan tiba di Teras Malioboro 2 sekitar pukul 20.30 WIB. Mereka kemudian duduk lesehan di lapak kuliner SBTB Terang Bulan, Teras Malioboro 2.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu calon presiden (Capres) di Pilpres 2024, Anies Baswedan merayakan malam Tahun Baru 2024 bersama keluarga dengan berwisata kuliner di kawasan Malioboro, Yogyakarta pada Minggu malam, 31 Desember 2023. Anies bersama istri Fery Farhati, putrinya Mutiara Annisa Baswedan, dan rombongan tiba di Teras Malioboro 2 sekitar pukul 20.30 WIB.

Mereka kemudian duduk lesehan di lapak kuliner SBTB Terang Bulan, Teras Malioboro 2, langsung diserbu pengunjung yang antusias melihat dari dekat dan mengabadikan momen itu dengan gawai. "Ini kan kampung halaman saya. Rumah saya di Taman Yuwono, Jalan Dagen dekat Malioboro," ungkap Anies kepada awak media, dilansir dari Antara.

Anies mengaku senang usai merampungkan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta kini dapat kembali ke kampung halaman tempat ia menghabiskan masa kecilnya. "Alhamdulillah bisa kembali dengan keluarga ke Jogja dan berakhir tahun di kawasan Malioboro tempat masa kecil saya," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku memilih mampir di Teras Malioboro 2 sekaligus bernostalgia di lapak lesehan kuliner dengan menu burung dara goreng hingga ayam goreng yang menjadi langganannya semasa duduk di bangku SMA. "Warung ini sudah ada sejak zaman saya SMA. Langganan dari dulu," terang Anies.

Tak hanya di satu tempat, rombongan Anies juga sempat bersantap di Bakmi dan Bajigur Kadin. Mereka memesan Bakmi Jawa, ditemani suasana malam di Yogya yang sedang hujan di malam Tahun Baru 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakmi Kadin di Jogja

"Yang unik, saat makan di sini, kita akan ditemani iringan musik dari para musisi, yang membuat suasana semakin nyaman. Teman-teman boleh tulis di kolom komentar, rekomendasi Bakmi Jawa yang enak juga di Yogya," cuit Anies di akun Twitter (X) miliknya pada Minggu, 31 Desember 2023.

Nama “Kadin” dipilih warung penjaja bakmi yang terletak di seberang kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta entah secara sengaja maupun kebetulan. Kadin juga merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung terkenal tersebut.

Dilansir dari kanal Citizen6 Liputan6.com, Minggu, 31 Desember 2023, Bakmi dan Bajigur Kadin sudah melayani penggemarnya sejak 1947. Jadi, tidak heran warung bakmi yang satu ini masuk kategori legendanya Yogyakarta.

Soal rasa, pantas mendapat acungan jempol. Tekstur bakminya benar-benar kenyal berpadu dengan rasa kuahnya yang gurih. Bakmi gorengnya tidak terlalu manis, sangat pas terasa di lidah.

Suwiran ayamnya yang empuk membuat kita sibuk mencarinya diantara tumpukan bakmi yang menggunung. Bagi yang suka pedas, cabai rawit utuh siap membuat Anda mendesis-desis kepedasan ,sangat cocok untuk meghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin.

3 dari 4 halaman

Lokasi Bakmi dan Bajigur Kadin

Setelah menikmati sensasi rasa bakmi yang mantap, kurang afdol rasanya kalau tidak mencoba minumannya. Minuman khas yang menjadi teman makan bakmi di tempat ini adalah bajigur yang merupakan campuran dari santan, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, roti tawar, kolang-kaling dan jahe.

Minuman hangat ini sepertinya sudah jodoh dengan sepiring bakmi godhog atau bakmi goreng yang panas berasap. Selain bajigur, tersedia juga minuman lain, seperti es jeruk dan es teh.  Lokasi Bakmi Kadin sendiri mudah dijumpai. Cari saja Jalan Bintaran Kulon.

Dari jalan Malioboro ke arah Selatan, Anda bakal menemukan kantor pos besar di dekat alun-alun utara, lantas belok ke arah timur. Lurus saja. Arahkan kendaraan Anda ke kanan setelah menemui Super Indo. Di sana sudah terlihat papan nama Bakmi Kadin. Bakmi Kadin juga memiliki cabang di luar Yogyakarta yaitu di Semarang dan Jakarta. 

Saat Anies ke Jogja, sang cawapres (calon wakil presiden) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menggelar dialog dengan pengusaha dan petani anggrek serta tokoh lintas Kota Batu dan sekitarnya di DD Orchid Nursery Kota Batu, Jawa Timur.

4 dari 4 halaman

Dukungan untuk Anies Baswedan-Cak Imin

"Agenda Gus Muhaimin, Minggu, 31 Desember 2023 pukul 15:30 WIB dialog dengan pengusaha/petani anggrek serta tokoh Lintas Kota Batu dan sekitarnya di DD Orchid Nursery Kota Batu," dikutip dari Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN, Minggu, 31 Desember 2023, melansir kanal Pemilu Liputan6.com.

Sebelumnya, Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus, mengatakan peningkatan elektabilitas pasangan nomor urut 1 tersebut dalam beberapa survei terjadi berkat kerja keras dari semua pihak, baik relawan maupun kader partai koalisi.

"Pertama, masifnya dukungan relawan kepada pasangan calon nomor urut 1 (menambah elektabilitas)," jelas Syaugi. Ia menambahkan bahwa dukungan secara terbuka dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla juga menjadi salah satu penyebab elektabilitas AMIN meningkat.

Selain itu, tambahnya, visi, misi, dan gagasan program yang dibawa AMIN, khususnya terkait perubahan, juga membuat masyarakat banyak yang ikut serta mendukung pasangan calon tersebut. Menurut dia, dukungan dari kader partai politik pengusung serta simpatisan yang bekerja keras di lapangan pun ikut serta dalam meningkatkan elektabilitas AMIN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini