Sukses

Arti Istilah Asing yang Dipakai Gibran Rakabuming di Debat Cawapres, dari CCS sampai SGIE

GibranRakabuming beberapa kali melontarkan pertanyaan berupa singkatan atau istilah 'asing' kepada lawan debatnya di Debat Cawapres. Hal itu disebit-sebit mirip strategi Presiden Jokowi ketika mengikuti debat capres di Pilpres 2014 dan 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres atau Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menarik banyak perhatian dalam debat cawapres Pilpres 2024 yang diglar KPU (Komisi Pemilihan Umum) di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.  Dalam acara debat yang juga menampilkan cawapres Muhaiman Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud Md,

Gibran beberapa kali melontarkan pertanyaan berupa singkatan atau istilah asing kepada lawan debatnya. Hal itu disebit-sebit mirip strategi Presiden Jokowi (Joko Widodo) ketika mengikuti debat capres di Pilpres 2014 dan 2019.

Yang sempat bikin heboh dan viral adalah saat Gibran bertanyakepada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengenai cara mendongkrak peringkat Indonesia di SGIE. SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy. Namun Cak Imin mengaku tak tahu apa itu SGIE.

"Apa itu?," tanya Cak Imin dalam Debat Cawapres yang disiarkan secara live streaming di Liputan6.com.  Mengetahui rivalnya tak paham, Gibran kemudian menjelaskan apa itu SGIE? "Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah, otomatis kita juga harus ngerti masalah SGIE, yaitu State of Global Islamic Ecomic. Misalnya yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal dan skincare halal kita, fashion kita, itu yang saya maksud, Gus," ucap Gibran.

Setelah mendengar penjelasan Gibran, Cak Imin langsung memberi tanggapannya dengan mengatakan, "Memang pertanyaan ini sungguh penting, karena Indonesia dengan jumlah islam terbanyak di dunia sekaligus bukan hanya sebagai pasar ekonomi syariah, pasar pariwisata halal, pasar perbankan syariah, tapi juga punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia."

Selain itu ada pula istilah Carbon Capture and Storage (CCS). Gibran sempat menanyakan hal itu kepada calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md. Wali Kota Solo ini bertanya pada Mahfud soal bagaimana cara membuat regulasi CCS. Mahfud Md pun menjawab langkah pertama yang akan ia lakukan adalah membuat naskah akademik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Mahfud dan Cak Imin

Mahfud juga menyebut dalam membangun apapun harus ada sistem pengawasan keuangan, termasuk CCS. Namun Gibran pun merasa tak puas dengan jawaban Mahfud tersebut. Ia menekankan kepada Mahfud bawah pertanyannya tak terjawab.

Bukan itu saja, Gibran juga sempat menjelaskan salah satu cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui peningkatan investasi dan kepercayaan dunia bisnis lewat peningkatan ICOR. ICOR sendiri merupakan kepanjangan dari Incremental Capital Output Ratio. ICOR merupakan besaran yang menunjukkan besarnya tambahan kapital (investasi) baru yang dibutuhkan untuk menaikkan/menambah satu unit output. ICOR perlu dikendalikan untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

"PR kita hari ini adalah menurunkan indeks ICOR, turun ke angka 4 atau 5 persen. Dengan begitu investasi naik, trust dunia usaha juga tumbuh dan pertumbuhan ekonomi menjadi baik," ucap Gibran.

Namun yang masih ramai jadi pembahasan terutama di media sosial adalah soal SGIE. Banyak yang menyayangkan kenapa harus bertanya sesuatu menggunakan singkatan? Dilansir dari kanal Health Liputan6.com, bahkan, ada netizen yang langsung menanyakan apa itu SGIE ke ChatGPT, dan ternyata ChatGPT juga tidak tahu pengertian dari SGIE?

Cak Imin pun membeberkan strategi untuk meningkatkan posisi Indonesia dalam SGIE, yakni menyiapkan regulasi untuk mengembangkan industri halal, hingga mempermudah sertifikasi halal dengan mudah dan gratis. Dii sisi lain, berdasarkan data SGIE Report 2022, produk makanan halal (halal food) Indonesia juga dilaporkan menempati peringkat dua dunia. 

3 dari 4 halaman

Prabowo Beri Nilai 9,9 untuk Gibran

Untuk keuangan syariah Indonesia menempati posisi keenam. Kemudian, untuk sektor modest fashion Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah Uni Emirat Arab dan Turki. Usai debat, Prabowo Subianto memuji penampilan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang dinilai mampu menguasai jalannya debat kedua pilpres 2024.

"Terus terang saja saya sangat bangga dengan calon wakil presiden saya. Saya sangat bangga," kata Prabowo Subianto. Prabowo mengatakan, gagasan yang dipaparkan oleh semua cawapres dinilainya sangat positif dan punya komitmen bersama dalam membangun Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

Prabowo memberikan penilaian lebih kepada Gibran Rakabuming Raka yang tampil sangat luar biasa. Bahkan, bila debat diibaratkan ujian, maka Prabowo sebagai guru akan memberikan nilai 9,9 kepada Gibran. "Tadi saya katakan, kalau saya seorang guru yang memberi nilai pada saat ujian, saya beri nilai 9,9. Kira kira begitu," ujar Prabowo.

Sementara itu, pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ikut menyaksikan debat kedua Pilpres 2024 atau debat cawapres secara langsung di lokasi acara, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023). Kedatangan keduanya untuk mendukung cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

4 dari 4 halaman

Dukungan Raffi Ahmad-Nagita Slavina untuk Gibran

Dalam tayangan live streaming Debat Cawapres Liputan6.com, Raffi dan Nagita terlihat duduk di barisan paling depan bersama anggota Tim Kampanye Nasional Prabowo Gibran (TKN) yang berada di belakang Prabowo-Gibran.

Raffi yang mengenakan kemeja biru muda duduk di samping kiri Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil. Sementara, Nagita duduk di sebelah kiri Raffi, mengenakan baju bergaris warna biru dan putih. Di samping Nagita ada Selvi Ananda yang mengenakan kemeja biru denim tangan panjang. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai, Ia duduk tepat di belakang sang suami.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang mengatakan, Raffi merupakan pendukung paslon nomor urut dua. Ia pun berharap Prabowo-Gibran memenangkan Pemilu 2024. Raffi pun berharap seluruh rangkaian debat ini bisa berjalan dengan lancar.

"Ya ini kan pesta demokrasi semua orang punya pilihan kita hargai. Kebetulan saya dan Raffi adalah pendukung 02. Angka-angka juga bagus ya surveinya. Mudah-mudahan Allah menakdirkan golongan nomor dua yang mungkin InsyaAllah menang," kata Ridwan Kamil, mengutip kanal Pemilu Liputan6.com.

"Ya saya mendoakan yang paling terbaik. Saya di sini pingin lihat debat yang demokrasi seperti yang disampaikan Kang Emil. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," ujar Raffi Ahmad sebelum Debat Cawapres 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini