Sukses

Aksi Anies Baswedan Bikin Kopi Tarik Saat Mampir ke Medan, Disambut Tepuk Tangan

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia di tengah masa kampanye, tidak terkecuali Medan, Sumatra Utara. Di sana, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjalani beragam agenda.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia di tengah masa kampanye, tidak terkecuali Medan, Sumatra Utara. Di sana, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjalani beragam agenda.

Salah satu aktivitasnya yang mencuri atensi adalah membuat kopi tarik. Momen tersebut diabadikan dalam sebuah video singkat yang dibagikannya melalui akun Instagram pribadi, Senin, 4 Desember 2023.

Anies Baswedan terlihat beraksi membuat kopi tarik dengan menuang tempat kopi besar ke saringan di tangan satunya lagi. Suami Fery Farhati Ganis ini terlihat menuangkan kopi secara perlahan ke saringan tersebut.

Ia tampak antusias dan semringah ketika menyaring kopi. Aksinya pun disambut tepuk tangan meriah dari orang-orang yang ada disekelilingnya.

"Mampir ke Bandar Kupi di Medan, coba bikin kopi tarik, lalu ngopi sambil berdialog santai dengan warga sekitar tentang harapan perubahan Indonesia. Kalau kota kamu, minuman khas apa yang biasanya dinikmati sambil ngobrol santai?" bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Setelah menyaring kopi, Anies juga menyapa mereka yang telah hadir di sana. "Terima kasih sudah sama-sama hadir di mana ini? Di Bandar Kupi. Sekarang mari kita nikmatin kopinya. Kita sama-sama ngopi di sini," katanya dalam video.

Cuplikan selanjutnya menunjukkan dirinya duduk di antara banyak warga dan menyantap sate. Ada pula momen ia menandatangani kertas hingga berfoto bersama warga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Ngopi dan Diskusi Bareng Anies Baswedan di Lhokseumawe Membludak

Pada awal November 2023, Anies berkunjung ke Aceh. Di Negeri Serambi Mekkah, ia menghadiri sederet agenda, salah satunya diskusi dengan anak-anak muda Aceh sembari ngopi.

Hal ini diungkapkan Anies dalam unggahan di akun Instagram pribadi @aniesbaswedan pada Kamis, 2 November 2023. Video singkat dengan tagar "AMINAjaDulu" tersebut dibuka dengan pantun yang disampaikannya di depan ribuan pengunjung.

"Membludak! Acara ngopi & diskusi di Lhokseumawe dengan anak muda Aceh yg rencananya diikuti puluhan-ratusan orang, ternyata yang datang sampai seribuan lebih, luber ke luar kafe. Banyak emak2 dan bapak2 yang secara hitungan usia sudah tidak muda tapi ikutan juga. Tidak masalah, mereka yang masih mau ikut membicarakan masa depan maka sejatinya termasuk muda juga," tulisnya dalam kolom keterangan.

Ia juga menuliskan bahwa di akhir acara, semua pihak yang hadir turut mendoakan Palestina yang tengah digempur Israel. "Aceh adalah tanah para pejuang, dan Insya Allah doa dari orang Aceh akan dijabah dan Palestina bisa merdeka," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Warung Kopi Tempat Diskusi

"Warung kopi, kedai kopi itu tempat ngobrol diskusi tukar pikiran, betul tidak?" tanyanya sambil menyeruput kopi dari cangkirnya.

"Betul diskusinya bisa semua urusan, dari urusan yang paling dekat sampai paling jauh, betul tidak?" tanyanya.

Anies melanjutkan, "Dari urusan di kampung sampai urusan negara sampai urusan global, tapi itu yang membuat orang-orang Aceh wawasannya luas karena warung-warung kopinya menjadi tempat tukar pikiran, itu sesuatu tradisi yang luar biasa."

Video lantas dilanjutkan dengan Anies menyalami satu per satu warga yang datang. Unggahan tersebut pun telah mendapat lebih dari 14 ribu likes dan ragam komentar.

"Ma Syaa Allah... ngopi dng pak Anies aja membludak... kode keras masyarakat menginginkan PERUBAHAN bersama AMIN. In Shaa Allah," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lainnya berbunyi, "Masya Allah hanya kepadaMu kami berharap dan berdoa, kabulkan doa terbaik kami untuk pak Anies memimpin Indonesia 2024❤️🔥🙌."

"Politik warung kopi Aceh siap hantar AMIN menjadi RI 1 ❤️ dan RI 2 ❤️," dukung warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Anies Sambangi Warung Kopi Legendaris di Pontianak

Tak lengkap rasanya jika ke Pontianak tapi tidak mampir ke warung kopi. Hal itu juga dilakukan oleh bakal calon presiden Anies Baswedan.

Pontianak tidak hanya dijuluki Kota Katulistiwa. Ibu kota Kalimantan Barat ini juga kerap dijuluki Kota Seribu Warung Kopi, karena di setiap sudut kota ditemui warung kopi.

Salah satu yang jadi favorit dan termasuk legendaris adalah Warung Kopi Asiang di Kota Pontianak. Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya, Minggu, 19 Februari 2023.

"Warung kopi yang dijalankan turun temurun sejak 1958, dipegang oleh keluarga Pak Yohanes Efendi atau Koh Asiang," tulis Anies. 

"Uniknya Koh Asiang hampir selalu bertelanjang dada saat meracik kopi. Kecuali kemarin, sebuah kehormatan Koh Asiang mau ikut memakai rompi "untuk INDONESIA" sambil meracik kopinya," ungkap Anies.

Anies mengatakan, Koh Asiang menawari dirinya untuk mencoba teh susu campur kopi, salah satu menu yang banyak dipesan karena rasanya yang unik. Anies mengakui ada rasa sepet atau sedikit pahit dari teh, kemudian manis dan creamy dari susu kental manis, berpadu rasa pahit yang pas dari rebusan bubuk kopi robusta yang ditarik tinggi-tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini