Sukses

Rabanne dan H&M Kolaborasi Perdana, Bawa Era Retro dan Disko Sambut Natal dan Tahun Baru

Mendekati musim perayaan Natal dan Tahun Baru, koleksi kolaborasi Rabanne dan H&M ingin kembali menghidupkan era retro dan disko yang glamor.

Liputan6.com, Jakarta - H&M kembali membawa koleksi yang berkolaborasi dengan desainer ternama dunia. Mendekati musim perayaan Natal dan Tahun Baru, kolaborasi Rabanne X H&M ingin kembali menghidupkan era retro dan disko yang glamor.

Kolaborasi perdana Rabanne X H&M memadukan desain futuristik dengan keahlian inovatif. Koleksinya mengacu pada kreasi ikonis 1960-an dari mendiang pendiri rumah mode tersebut, Paco Rabanne, yang dihidupkan kembali sejak 2013 oleh direktur kreatif Julien Dossena.

"Koleksi Rabanne X H&M membawa gaya revolusioner yang ditujukan untuk lantai dansa ke dimensi baru, memadukan chainmail ikonik dan payet berkilauan dengan pakaian olahraga yang santai dan penjahitan yang rapi," ungkap Manager Communications H&M Indonesia, Karina Soegarda saat Open House di H&M Indonesia Showroom, kawasan SCBD Jakarta pada Selasa, 7 November 2023.

Lebih jauh tentang koleksi kali ini, Karina menyebut bahwa key pieces untuk wanita tampil dengan warna-warna menyala, termasuk emas, perak, menggenapi warna pink, merah, dan hitam. Koleksinya termasuk pakaian two-piece jaring metalik yang terinspirasi dari koleksi dahulu dan gaun mirrored paillette. Ada pula gaun sifon berhiaskan berlian imitasi romantis dan gaun jersey bermotif macan tutul.

"Kolaborasi desainer baru kami akan diluncurkan pada 9 November 2023 di seluruh dunia. Untuk di Indonesia, peluncuran dilakukan di H&M store Grand Indonesia sejak pukul 08.00 pagi. Koleksi juga dapat dibeli secara online di website H&M," sambung Karina. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koleksi Juga Memanfaatkan Bahan Daur Ulang

Untuk koleksi pria, setelan jas berwarna perak dan rompi jaring metalik menarik perhatian di samping pakaian santai yang mewah. Di koleksi aksesori, terdapat sentuhan kontemporer pada paillette ikonik Rabanne dan tas jaring metalik yang mencuri perhatian, bersama dengan sepatu boots gaya Barat dan sandal pool-slides berpayet.

Koleksi ini dibuat dengan kain berkualitas tinggi dan tahan lama, menggunakan kualitas kulit dan wol premium yang muncul dalam aksesoris, pakaian luar, setelan, dan pakaian rajut. Untuk pertama kalinya bagi H&M dan Rabanne, potongan jaring metalik ikonik dari Rabanne menampilkan logam daur ulang dan konvensional, yang merupakan hasil pengembangan selama berbulan-bulan.

Barang-barang yang dihias menampilkan payet PET daur ulang dan berlian imitasi kaca daur ulang. "Total ada 93 buah (pieces), termasuk aksesori karena kita banyak juga pernak-perniknya," kata Karina lagi.

Koleksi yang unik dengan perubahan signifikan untuk H&M di penghujung 2023 ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp499.000 - Rp9.999.000, baik di toko langsung maupun pembelian online. Menurut Karina, dari beberapa kali pihaknya menggelar kolaborasi dengan desainer untuk koleksi terbatas, barang langsung ludes hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja atau tak sampai satu hari. 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi H&M X Mugler

Sebelumnya pada Mei 2023, H&M juga berkolaborasi dengan Mugler. Mereka membuat koleksi yang potongannya, mengesankan jiwa Mugler yang ceria, muda, dan menggaungkan body positivity, serta menyesuaikan identitas masing-masing individu."

Dijelaskan bahwa koleksi busana wanita terdiri dari baju dengan bagian bahu kebesaran khas Mugler dengan pinggang ramping yang membentuk tubuh. Ekspresi modern dari House of Mugler, yakni multi-seaming spiral berada di seluruh koleksi.

Ini terepresentasi dalam baggy jeans, jins thong berikat nilon dan denim, serta jaket. Trench coat yang tidak dirilis di Indonesia, jaket kulit dengan detail scarf memanjang disertai ilusi cat suit, legging, bodysuit cut-out, serta gaun dengan hiasan dekaden pun melengkapi rangkaiannya.

Sementara, koleksi busana prianya menampilkan kumpulan dari bahan kulit, termasuk celana panjang dan blazer. Pilihan koleksi denim termasuk jaket berukir dengan padding yang menonjolkan bentuknya. Pakaian dengan tailoring rapi dapat dilapisi dengan desain cetakan bintang tembus pandang dan tank top berkorset yang membuat tampilan makin edgy.

4 dari 4 halaman

Pakai Warna Netral

Warna koleksinya didominasi palet netral, seperti hitam, namun ada juga semburat biru, merah muda lembut, dan hijau neon yang berani. Rangkaiannya pun dilengkapi dengan aksesori gender-fluid.

Dalam rangkaiannya ada sarung tangan tipis dan celana ketat, tas, syal, serta body chain perak dan emas. Juga, terdapat anting dan kalung dalam berbagai proporsi dan bentuk, mulai dari bentuk tetesan air mata hingga bintang Mugler yang ikonis.

Dijelaskan bahwa bagian dari koleksi yang menghidupkan arsip fesyen Mugler merupakan kumpulan hits terbaik Thierry Mugler dari era 80-an dan 90-an. Setiap gaya yang dikurasi Casey Cadwallader, direktur kreatif Mugler, hadir dengan label spesialnya sendiri, menampilkan tanda tangan Thierry Mugler yang mewujudkan warisan sang pendiri.

Dalam praktiknya, ia juga menampilkan gaun beludru hitam dengan membentuk lekukan pinggang dan lengan menggembung, gaun korset renda, setelan rok dengan detail jahitan, serta jaket khusus berwarna hijau. Aksesori untuk koleksi ini antara lain anting berbentuk bumerang dan bros ganda yang dihubungkan dengan rantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini