Sukses

Turis China Menangis Usai Dipaksa Belanja di Korea Selatan, Pintu Toko Sampai Dikunci

Pengalaman wisata tak menyenangkan harus dialami grup turis dari China. Mereka digiring ke toko-toko dan ditekan untuk membayar program wisata opsional oleh pemandu perjalanan di Korea Selatan, kata seorang anggota parlemen, Rabu, 18 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman wisata tak menyenangkan harus dialami grup turis China. Mereka digiring ke toko-toko dan ditekan untuk membayar program wisata opsional oleh pemandu perjalanan di Korea Selatan, kata seorang anggota parlemen, Rabu, 18 Oktober 2023.

Dikutip dari The Korea Times, Kamis, 19 Oktober 2023, setidaknya ada 24 kasus, termasuk grup turis asal Negeri Tirai Bambu tersebut ditekan oleh pemandu wisata Korea mereka untuk berbelanja atau memilih program wisata opsional. Ketidaknyamanan serupa telah dilaporkan antara 2017 dan September tahun ini, menurut dokumen yang disampaikan oleh Perwakilan Kim Seung-su dari Partai berkuasa People Power Pihaknya didapat dari Korea Tourism Organization (KTO).

Laporan tersebut mengatakan bahwa beberapa turis China dibawa ke toko dan dipaksa membeli produk kosmetik, suplemen nutrisi, dan barang bebas bea. "Pemandu dan pemimpin tur membawa kami ke toko ginseng di Seoul. Mereka membawa kami ke sebuah ruangan, mengunci pintu dan memblokir pintu masuk," sebuah laporan dari seorang turis China mengatakan dalam bahasa Korea yang diterjemahkan.

Ia menambahkan bahwa kelompok tersebut dibawa ke dua toko lagi di lokasi terpencil, di mana beberapa penjualnya adalah warga negara China. Laporan lain serupa dengan pengalaman sebelumnya, menjelaskan bahwa beberapa pemandu "tidak akan membiarkan kelompok tersebut meninggalkan toko kecuali kami 'membeli' dan memenuhi 'kuota penjualan yang ditentukan'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diejek hingga Didenda

Beberapa pemandu bahkan mengejek turis China yang menolak berbelanja dan mereka dilaporkan mengklaim bahwa berbelanja adalah bagian dari program tur yang diminta oleh pemerintah Korea. Yang lain bahkan meminta turis China untuk membayar dan berpartisipasi dalam aktivitas wisata opsional seharga 400 yuan China (Rp866 ribu) setelah mereka menolak belanja paksa.

Jika tidak, mereka harus membayar denda sebesar 1.500 yuan (Rp3,2 juta) karena menyimpang dari jadwal. Sebagian besar anggota kelompok memilih untuk membayar program "opsional" yang lebih murah.

China melarang tur kelompok ke Korea menyusul penempatan sistem pertahanan rudal A.S. di Korea pada Maret 2017. Larangan tersebut dicabut pada Agustus 2023, mengakhiri jeda selama enam tahun.

Hal ini turut meningkatkan harapan akan kembalinya turis China, yang menyumbang sebagian besar wisatawan yang datang ke Korea. Warga negara China yang mengalami perlakuan seperti itu diasumsikan telah mengunjungi negara tersebut dengan visa turis individu dan membeli program tur kelompok melalui pesan instan seperti WeChat.

3 dari 4 halaman

Banyak Turis China

Lebih dari 17 juta orang China mengunjungi Korea Selatansejak 2017, menurut KTO. Karena semakin banyak orang China yang diperkirakan akan mengunjungi Korea karena peraturan perjalanan yang dicabut, Park In-sook, presiden Asosiasi Pemandu Wisata Korea (KOTGA), mengatakan, "Malpraktik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dalam industri ini yang hanya berfokus pada mencari keuntungan memainkan peran penting dalam merusak citra negara," katanya.

Ia memperingatkan bahwa hal ini dapat berdampak serius pada industri ini dalam jangka panjang. Sementara itu, anggota parlemen Kim mendesak industri untuk menggandakan upaya reformasi dan menyerukan sistem sertifikasi untuk mengontrol kualitas program tur ke Korea.

Pada September 2023, Asosiasi Agen Perjalanan Korea (KATA) mengumpulkan agen-agen domestik yang bertanggung jawab atas tur kelompok China dan mengadakan pertemuan untuk berkampanye melawan praktik belanja paksa tersebut. Namun, Park yakin tindakan yang dipimpin pemerintah diperlukan.

"Otoritas perjalanan harus menetapkan pedoman yang rinci dan spesifik terhadap praktik bisnis industri yang tidak adil, seperti belanja paksa, dan memobilisasi kekuasaan administratif untuk menghukum pelanggar," katanya.

4 dari 4 halaman

Korea Selatan Bakal Tawarkan Pengembalian Pajak Belanja Barang Lebih Besar untuk Turis Asing

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea pada September 2023 mengumumkan rencana untuk menindak praktik bisnis tidak adil yang dilakukan industri pariwisata, termasuk membebankan biaya yang berlebihan kepada wisatawan, membayar karyawan pariwisata dengan gaji rendah, dan memaksa wisatawan kelompok China untuk berbelanja. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas pengalaman perjalanan pengunjung asing.

Menanggapi meningkatnya kritik terhadap kebiasaan industri yang melakukan belanja paksa, kementerian berencana untuk mendirikan pusat pelaporan untuk memantau malpraktik tersebut. Di sisi lain, Korea Selatan sedang mempertimbangkan meningkatkan batas maksimal pembelian oleh turis asing yang berhak mendapat pengembalian pajak. Ini merupakan bagian dari inisiatif Negeri Ginseng untuk meningkatkan industri pariwisata, kata Kementerian Keuangan negara itu.

Mengutip Yonhap, Selasa, 17 Oktober 2023, Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung Ho mengungkap rencana tersebut pada wartawan sebelum pulang dari Marrakesh, Maroko, setelah menghadiri pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, pekan lalu.

"Kami sedang mempertimbangkan menaikkan batas secara signifikan," kata Choo, tanpa menjelaskan rincian jumlahnya, hanya menyebutkan aturan baru akan diterapkan tahun depan.

Saat ini, Korea Selatan menyediakan pengembalian pajak di tempat untuk pembayaran individu hingga 500 ribu won (sekitar Rp5,8 juta) di toko-toko yang ditunjuk, dengan batas maksimal 2,5 juta won (sekitar Rp29 juta) dari total pembelian. Di aula keberangkatan, tidak ada batasan pembelian yang memenuhi syarat untuk pengembalian pajak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini