Sukses

Starbucks Sambut International Coffee Day 2023 dengan 4 Minuman Baru, Terinspirasi Kopi Aceh hingga Algeria

International Coffee Day tahun ini jatuh pada Minggu, 1 Oktober 2023. Menyambut momentum tersebut, Starbucks Indonesia menyuguhkan empat minuman dan merchandise baru.

Liputan6.com, Jakarta - International Coffee Day atau Hari Kopi Internasional tahun ini jatuh pada Minggu, 1 Oktober 2023. Menyambut momentum tersebut, Starbucks Indonesia menyuguhkan empat minuman dan merchandise baru.

Senior General Manager Portfolio Marketing and Marketing Communication PT Sari Coffee Indonesia Astrid Tanggara menyebut bahwa kampanye International Coffee Day 2023 bertajuk "Coffeenental", yang berasal dari dua kata, yakni coffee dan continental. Ia menyebut bahwa tajuk ini juga berkaitan dengan misi Starbucks, "With every cup, with every conversation, with every community - we nurture the limitless possibilities of human connection."

"Ada cerita-cerita yang menarik dari minuman kopi dari berbagai belahan benua Asia, khususnya Indonesia ada kopi sanger dari Aceh. Kita membawa inspirasi kopi lokal di komunitas lokal di Aceh kita bawa ke store Starbucks, dengan nama Dolce Americano," kata Astrid ketika ditemui di Starbucks Reserve Margo City, Depok, Jawa Barat, Rabu, 27 September 2023.

Dolce Americano sendiri tersedia panas dan dingin. Segelas minuman ini berisi americano dengan di bawahnya diberi dolce sauce yang menyeimbangkan pahit dari kopi dan manis dari dolce.

"Kedua, inspirasi kita ke Jerman. Dari Jerman ada minuman namanya eiskaffee, ini adalah jenis minuman kopi yang dicampur dengan es krim, dikonsumsi saat summer time," jelas Astrid.

Dari inspirasi dari eiskaffee, pihaknya menerjemahkan dengan minuman bertajuk Cocoa Espresso Frappuccino. Ada dua lapis di minuman ini, yakni whipped cream dan ditambah bubuk cokelat sebagai topping.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Kopi Terinspirasi dari Kuba hingga Algeria

"Selanjutnya dari Kuba, Amerika Latin. Inspirasinya cafe cubano, ini salah satu minuman yang sangat terkenal di komunitas lokal, biasanya dikonsumsi yang pekat dicampur brown sugar untuk membalance rasa pahitnya," ungkap Astrid.

Minuman ini terdiri dari campuran iced americano dan brown sugar foam. Untuk memberi sentuhan manis, kopi ini ditambah sedikit sweetener sugarcane.

"Terakhir, terbang ke benua Afrika dari Algeria, ada namanya mazagran, awalnya dari para pasukan Prancis yang pernah ditugaskan di Afrika, lalu senang minum es kopi. Saat balik ke Eropa mereka mulai mengeksplorasi berbagai jenis mazagran," tuturnya.

Dari inspirasi minuman mazagran ini, pihaknya meluncurkan minuman Cold Brew Coffee with Lemonade. "Ini adalah perpaduan antara cold brew yang lebih segar dengan lemonade," tambahnya.

Selain empat varian minuman baru, Starbucks Indonesia juga menghadirkan empat merchandise baru. Merchandise ini berupa tumbler yang dibalut dengan nuansa lokal dari berbagai daerah di Nusantara.

3 dari 4 halaman

Merchandise Baru

"Merchandise juga tidak lupa dalam rangka International Coffee Day. Kopi itu ternyata tidak hanya pahit, asam, tapi punya flavor notes yang berbeda-beda. Gambar-gambar di tumbler itu adalah flavor notes tadi," terang Astrid.

Misalkan, kopi Bali Batur yang memiliki flavor notes coconut, maka ada gambar tersebut ada di tumbler. Selain gambar terinspirasi kopi Bali, ada pula kopi Sumatra, Sulawesi, dan Jawa Barat.

"Semoga dengan adanya kita luncurkan minuman-minuman baru dari sisi merchandisenya, bisa lebih memahami dan lebih ingin tahu lagi kopi ada cerita di baliknya dan flavor-flavor tertentu yang expect saat meminum kopi," kata Astrid lagi.

Selain itu, pihaknya juga kembali memperkenalkan kembali Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Head of Coffee and Partner Engagement PT. Sari Coffee Indonesia (Starbucks Indonesia) Mirza Luqman Effendy menyebut Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano adalah kopi kedua diluncurkan setelah kopi Indonesia Aceh yang dirilis pada awal 2023.

"Indonesia Bali Batur adalah yang kedua kita hasilkan sendiri. Jadi, tujuan kita adalah kita ambil dari tanah Indonesia, sangrai dari tanah Indonesia, dan kita sajikan untuk Indonesia," terang Mirza.

4 dari 4 halaman

Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano

Starbucks Indonesia merayakan ulang tahun ke-21 di tahun ini. Anthony McEvoy selaku Pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, memaknai hari jadi ini sebagai momen yang istimewa.

"Bahkan 21 tahun kemudian, kami masih memegang nilai yang sama seperti dulu. Saya berbicara tentang orang, planet, dan tentang kopi," kata Anthony saat ditemui di Starbucks Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2023.

Perayaan ulang tahun ke-21 Starbucks juga ditandai dengan mengenalkan kopi lokal baru, yakni Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Anthony menjelaskan terkait hadirnya kopi lokal baru tersebut.

"Kami mendapat pengecualian khusus dari Starbucks untuk dapat menyangrai biji kopi dan itu secara khusus dilakukan terkait dengan toko Dewata Experience, jadi kami benar-benar dapat berbicara tentang perjalanan dari benih sampai ke cangkir," terangnya.

Sebelum itu, dikatakan Anthony, pihaknya hanya memiliki biji kopi tapi tidak dapat menyangrainya. Pihaknya saat itu ingin membuat kopi Bali, tetapi kualitas kopi Bali naik turun dipengaruhi cuaca.

"Juga, petani selama pandemi semuanya beralih dari (menanam) kopi ke jeruk. Jadi, kami bekerja sama dengan pusat dukungan petani di Berastagi dan tim, untuk benar-benar mulai mendidik dalam hal mengembalikan kesempatan kepada petani," lanjutnya.

Para petani lantas menjalani kualifikasi pada akhir tahun lalu dan mendapatkan panen pertama. Kopi Bali Batur Volcano dikatakan Anthony saat ini hanya tersedia di Bali.

"Sebenarnya, kopi Batur Bali hanya tersedia di Bali karena kami memiliki batasan kapasitas dengan jumlah kopi yang bisa kami buat," ungkap Anthony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini