Sukses

Viral Emak-Emak di Pasar Sukses Paksa Jokowi Promosikan Es Cincau Dagangannya

Presiden Jokowi dipaksa seorang emak-emak penjual es cincau untuk endorse dadakan. Momen lucu itu terjadi ketika sang presiden blusukan ke salah satu pasar untuk berinteraksi langsung dengan sejumlah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ada istilah, kalau emak-emak sudah punya mau, tak ada yang bisa menghalangi usahanya. Presiden Jokowi ternyata jadi salah satu yangtak bisa menolak keinginan seorang emak-emak.

Belum lama ini, beredar sebuah video yang memperlihatkan momen ketika Jokowi dipaksa seorang emak-emak untuk melakukan endorse dadakan. Momen lucu itu terjadi ketika sang presiden blusukan ke salah satu pasar untuk berinteraksi langsung dengan sejumlah masyarakat, termasuk pada pedagang di sana.

Hal itu diketahui dari potongan video yang dibagikan akun Instagram @undercover.id pada 2 September 2023. Di potongan rekaman itu, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dengan lengan panjang digulung. Ia membagikan kaus untuk masyarakat yang ditemui di pasar yang tidak disebutkan namanya itu.

Saat Presiden akan bergeser ke lokasi berikutnya, tiba-tiba ada seseorang yang memanggil Jokowi dengan suara lantang. Suara emak-emak di antara kerumunan orang itu terus memanggil dan meminta ayah tiga anak itu mendekat ke arahnya.

Emak-emak itu tak lupa merekam video ketika Jokowi menghampirinya. Tak mau menyia-nyiakan momen tersebut, setelah Jokowi mendekat, wanita itu langsung memaksa Presiden mempromosikan produk es cincau jualannya. Ia meminta suami Iriana itu memegang salah satu produk es cincau dalam kemasan botol.

"Pak, bantu, pak. Bantu pegang cincau pak, buat dagang es cincau pak," ucap ibu tersebut pada Jokowi. Di luar dugaan, sang presiden yang sebenarnya dikawal cukup ketat oleh Paspampres tak kuasa menolak permintaan emak-emak itu.

Jokowi langsung melakukannya dengan senang hati. Ia bahkan berdiam sejenak sambil tersenyum mengangkat produk es cincau tersebut. Emak-emak yang tidak diketahui namanya itu langsung girang ketika permintaannya dilakukan sang presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Menyangka Di-endorse Presiden

Si ibu bersyukur dan berterima kasih pada Jokowi karena sudah mau berfoto dengan produk es cincau dagangannya. "MasyaAllah, tabarakallah, masyaAllah, masyaAllah," kata wanita ini berulang kali mengucap syukur.

Video tersebut langsung viral dan ramai dikomentari warganet. Mereka menyoroti wanita yang meminta foto produk jualannya ke Jokowi tersebut. Tak sedikit yang menyebut bahwa dagangan wanita itu bakal laris manis.

"Cetak fotonya jadiin spanduk, Pak Jokowi pernah beli es Cincau disini," komentar seorang warganet.

"Auto Laku keras tuh es cincau," kata warganet yang lain.

"Emak emak emang gamau rugi, habis di endorse diminta lagi 😂,” tulis warganet lainnya.

"😮😍 Satu-satunya di dunia endorse nya presiden. Langsung ganti merk "cincau presiden"😂," timpal warganet lainnya.

Jokowi belakangan memang cukup sering berkunjung ke pasar dan hampir selalu bikin heboh warga. Pada Juli lalu, misalnya, ada yang unik saat Jokowi berkunjung ke Pasar Bululawang Malang, 24 Juli 2023. Seorang pedagang berteriak-teriak histeris minta foto bareng Jokowi.

"Pak minta foto pak, pak minta foto pak," katanya dengan wajah memelas, dikutip dari kanal Surabaya Liputan6.com per 25 Juli 2023. Sontak aksinya mengundang perhatian banyak orang, termasuk Paspampres, sehingga mengizinkannya untuk secara khusus foto langsung dengan Jokowi.

3 dari 4 halaman

Berterak Memanggil Jokowi

Orang tersebut bernama Hanafi Anshori (26), warga Pandanwangi Blimbing yang kesehariannya berdagang tahu telor. Menurut pengakuannya, Hanafi sangat mengidolakan Jokowi sejak 2019. Ia bahkan mengaku rela menempuh jarak hingga 15 kilometer hanya untuk melihat langsung Presiden.

"Saya berangkat dari rumah jam 07.00. Setelah saya sampai di sini, beberapa menit kemudian, datang (Jokowi)," katanya  Ia mengaku berteriak histeris saat Jokowi mulai memasuki area Pasar Bululawang. Teriakannya itu membuah perhatian orang nomor satu itu tertuju padanya dan memintanya mendekat untuk berfoto bersama.

Kunjungan Presiden Jokowi pada kegiatan pasar rakyat yang digelar di Kota Malang itu memang sempat mengundang beragam reaksi dari kalangan emak-emak di sana. Sejak pagi, mereka sudah berkumpul menanti kedatangan pria berusia 62 tahun tersebut.

Jokowi yang tiba di Lapangan Rampal sekitar pukul 14.00 WIB untuk meninjau pasar rakyat tersebut langsung mendapat sambutan meriah melalui sorakan panggilan para emak-emak yang telah berkumpul sejak pagi.

4 dari 4 halaman

Melihat Sosok Presiden Jokowi

"Saya datang sejak pagi jam 08.00 WIB, hanya ingin berfoto dengan Pak Jokowi. Namun, saya kecewa sebab sekarang sudah diminta pergi, karena bergantian menerima sembako," kata Elining yang berasal dari Kawasan Mergosono, Malang.

Elining tidak datang sendiri di Rampal. Ia datang bersama empat rekannya yang juga berniat sama, yakni melihat sosok Jokowi dari dekat. Meski kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto bersama Presiden, Elining tetap mendoakan supaya orang nomor satu di Indonesia itu sehat-sehat selalu.

"Saya kecewa tidak bisa mendekat dan berfoto, tapi mudah-mudahan Pak Jokowi dan keluarganya sehat-sehat selalu," ujar ibu berjilbab tersebut. Lain halnya dengan Rini, perempuan asal Kecamatan Blimbing, Kota Malan yang sempat menangis karena histeris melihat kedatangan Jokowi.

Rini mengaku bahagia bisa melihat sosok Jokowi di depannya. Pasalnya, ia selama ini hanya bisa melihat melalui layar televisi dan pemberitaan sejumlah media.  Di kesempatan itu, ia juga berharap kegiatan pasar rakyat yang digelar di Malang juga bisa dilaksanakan di beberapa daerah agar masyarakat dimudahkan mencari bahan pokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini