Sukses

PM Kanada Justin Trudeau Bercerai dari Sophie Setelah 18 Tahun Menikah, Rencanakan Liburan Bersama Pekan Depan

Mantan istri PM Kanada Justin Trudeau, Sophie, sempat mengungkapkan sulitnya menjaga hubungan antara mereka setelah bertahun-tahun bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau umumkan perceraiannya dengan sang istri, Sophie Gregoire, pada Rabu, 2 Agustus 2023, via akun Instagramnya. Ia mengatakan bahwa keputusan bercerai diambil bersama Sophie setelah melewati 'banyak pembicaraan bermakna dan sulit'.

"Seperti biasa, kami tetap keluarga dekat dengan cinta yang mendalam dan rasa hormat satu sama lain dan untuk semua hal yang kami bangun, akan terus dibangun," tulisnya dalam Bahasa Inggris dan Prancis.

Selepas perceraiannya, ia pun meminta privasinya dihormati untuk kebaikan anak-anaknya. Trudeau dikaruniai tiga anak dalam pernikahan tersebut, yakni dua anak lelaki Xavier dan Hadrien, serta seorang anak perempuan Ella-Grace.

Ia menikah dengan Sophie saat kembali ke Montreal pada 2002. Trudeau diketahui sebelumnya menetap di Vancouver untuk mengajar selama beberapa tahun.

"Mereka menikah pada 2005," tulis keterangan dalam biografi resmi Perdana Menteri Kanada, dikutip dari CNN, Kamis (3/8/2023).

Isyarat bahwa rumah tangga yang dijalaninya dengan Sophie bermasalah diungkap sang istri lewat sebuah unggahan. Pada perayaan ulang tahun pernikahan tahun lalu, Gregoire mengatakan bahwa 'menavigasi melalui hari-hari cerah, badai besar, dan segala sesuatu di antaranya dan itu belum berakhir'.

Dia menambahkan, "Hubungan jangka panjang menantang dalam banyak hal. Mereka menuntut kerja konstan, fleksibilitas, kompromi, pengorbanan, pengabdian, kesabaran, usaha, dan banyak lagi. Tak satu pun dari kita yang sempurna sehingga tidak ada hubungan yang sempurna, tetapi cinta hanya benar jika itu membuat Anda aman, membebaskan Anda, dan membuat Anda tumbuh."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Liburan Bersama

 

Sementara, mengutip The Sun, kantor Trudeau mengatakan bahwa PM Kanada dan istrinya telah mengambil langkah hukum terkait perpisahan mereka. "Mereka telah bekerja untuk memastikan bahwa semua langkah hukum dan etika sehubungan dengan keputusan mereka untuk berpisah telah diambil, dan akan terus berlanjut," ujarnya.

Perwakilan Trudeau juga menegaskan bahwa mantan pasangan itu akan fokus membesarkan anak-anak mereka di lingkungan yang aman, penuh kasih, dan kolaboratif. "Keluarga itu akan berlibur bersama, mulai minggu depan," kata pernyataan itu.

Sophie diketahui merupakan teman sekelas dan kawan adik Trudeau, Michel. Keduanya terhubung kembali pada 2003 saat ditugaskan menjadi penyelenggara sebuah pesta amal. Menurut laman Partai Liberal, Sophie lulus dari jurusan komunikasi di Universitas Montreal. Ia bekerja di bidang sales dan periklanan sebelum menjadi reporter radio dan televisi.

Keduanya menikah dalam prosesi Katolik Roma. Selama bertahun-tahun, Trudeau dan Sophie tidak pernah ragu membagikan cinta dan apresiasi satu sama lain di media sosial. Yang terbaru diunggah pada Juni 2023 saat Sophie mengunggah foto di Instagram memujinya di Hari Ayah.

3 dari 4 halaman

Sempat Tersandung Masalah Rasisme

"Pria ini bisa membawa cinta yang dia miliki untuk anak-anaknya ke mana saja. Ayah, jangan pernah meremehkan peranmu sebagai mentor dalam keluarga untuk putra dan putrimu," tulisnya. Sementara, Trudeau membalas pujian itu dengan menyebut Sophie serta ibunya sebagai 'dua orang terkuat, paling berani, dan terhebat yang kita kenal', untuk menghormati Hari Ibu.

Trudeau menjabat sebagai Perdana Menteri Kanada sejak 2015 dan terpilih kembali pada 2021. Politisi liberal, yang memperjuangkan keragaman, multikulturalisme, dan penerimaan selama masa jabatannya, telah mengalami berbagai skandal rasisme selama bertahun-tahun.

Pada 18 September 2019, TIME menerbitkan sebuah foto yang memperlihatkan Trudeau mengenakan riasan wajah hitam ke "pesta bertema Malam Arab di West Point Grey Academy. Foto yang diambil pada 2001 itu memperlihatkan Trudeau mengenakan serban dan jubah dengan wajah, leher, dan lengan yang digelapkan dengan riasan.

Perdana menteri sejak itu meminta maaf atas foto itu dan menyebut tindakannya "rasis." "Ya itu [rasis]. Saya tidak menganggapnya rasis saat itu, tapi sekarang kita lebih tahu."

4 dari 4 halaman

Jadi Duda Keren

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah lama diberi label sebagai pemimpin dunia tampan. Sebut saja media besar Insider.com. Dalam salah satu artikelnya berjudul "The internet is obsessed with young pictures of Canadian Prime Minister Justin Trudeau because he looks like a Disney prince" menggambarkan bahwa sosok Justin Trudeau sebagai PM ganteng karena parasnya.

Bahkan, Insider.com menulis judul dengan narasi bahwa ia dianggap sebagai pria dengan paras Pangeran Disney.

Media South China Morning Post contoh lain. Pada 13 Maret 2022, SCMP menulis artikel berjudul "9 handsome world leaders: Ukraine’s Volodymyr Zelensky is setting social media alight, but Canada’s Justin Trudeau, France’s Emmanuel Macron and Spain’s Pedro Sánchez are strong competition".

Ada sembilan pemimpin dunia ganteng menurut SCMP, salah satunya PM Kanada Justin Trudeau. Tak kalah menarik, Global News menulis artikel berjudul "Trudeau among ‘Vogue’ magazine’s ’10 sexiest men alive,’ well, sort of". Trudeau lagi-lagi masuk menjadi salah satunya.

Pengumuman perceraian inilah yang kemudian menjadi pemicu status tambahan Justin Trudeau Duda Keren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini