Sukses

Mau Coba Naik Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis? Yuk Catat Kriterianya

Ingin menjajal pengalaman naik Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB? Anda dapat merasakan sensasi naik Kereta Cepat Jakarta Bandung secara gratis dengan memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin menjajal pengalaman naik Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB? Anda dapat merasakan sensasi naik Kereta Cepat Jakarta Bandung secara gratis dengan memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan.

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat (30/6/2023), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan kriteria masyarakat yang berhak memperoleh tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung. Tiket gratis naik KCJB hadir pada tiga bulan pertama atau masa soft operation.

Periode promo ini berlaku mulai 18 Agustus sampai Oktober 2023. Dikatakan Menhub tiket gratis akan diprioritaskan bagi tokoh juga masyarakat yang tinggal di sekitar Kereta Cepat Jakarta Bandung. Mereka akan mendaftar secara mandiri mulai 1 Agustus 2023.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menyebut tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung akan diberikan kepada para influencer, pengamat, komunitas, hingga wartawan. Menurutnya, profesi tersebut dipilih karena dapat membantu KCIC untuk menyosialisasikan kepada masyarakat luas.

Penambahan kriteria masyarakat yang berhak dapat tiket gratis juga akan dibahas antar-stakeholder terkait. "Itu nanti akan ditetapkan bersama kan, di KCIC stakeholdernya banyak, ada Kemenhub, Kemenko Marves, Kemenko BUMN, ada dari KCIC sendiri jadi nanti akan tetapkan bersama," jelasnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sempat membagikan kabar soal pemerintah akan menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada masa soft operation. "GRATIS SELAMA 3 BULAN PERTAMA, Untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober," tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun instagramnya @ridwankamil dikutip, Jumat, 23 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiket Gratis sampai Oktober 2023

Ridwan Kamil menyampaikan, kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai 354 kilometer per jam pada uji coba Kamis, 22 Juni 2023. Sehingga jarak tempuh dari Halim, Jakarta Timur menuju Padalarang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

"354 km/jam adalah kecepatan tadi siang saat mengetes kereta cepat ini. Luar biasa. Halim-Padalarang hanya 20-an menit," bebernya.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investsi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, pemerintah melihat peluang proyek kereta cepat dapat diteruskan hingga Surabaya, Jawa Timur. Namun, rencana proyek kereta cepat ke Surabaya perlu didukung oleh transfer teknologi dan pengalaman yang Indonesia telah miliki.

"Karena kita ada hilirisasi, banyak material-material yang akan bisa diproduksi dalam negeri, sehingga dengan demikian menciptakan lapangan kerja buat UMKM dan sebagainya,” ujar dia dikutip Antara, Kamis, 22 Juni 2023, ditulis Senin, 26 Juni 2023.

Ia menuturkan, saat ini ada sekitar 400--600 orang dari Indonesia sedang menjalani pelatihan di China untuk mengoperasikan dan memelihara kereta cepat itu.

3 dari 4 halaman

Jarak Tempuh Hanya 45 Menit

"Ini modal kita nanti, kalau pemerintahan nanti yang akan datang untuk meneruskan program ini. Karena ini akan membuat ekonomi kita lebih baik,” tutur Menko Marves.

Sebelumnya Menko Luhut melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis pekan lalu. Kereta cepat ini melaju dengan kecepatan maksimal 385 kilometer per jam.

Pada sesi uji cob aini, perjalanan dari Stasiun Halim ke Padalarang menelan waktu sekitar 30 menit dan hingga ke Stasiun Tegalluar itu memakan waktu sekitar 45 menit.

Luhut menuturkan, Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini Sudha hampir rampung. Namun, ia menuturkan, pekerjaan yang dilakukan belum sepenuhnya selesai karena masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan. Ia menargetkan proyek itu dapat rampung pada 18 Agustus 2023.

“Jadi saya titip ke teman-teman sekalian, dari Tiongkok dan Indonesia untuk menyelesaikan tuntas pekerjaan ini. Supaya bisa baik nanti tanggal 18 Agustus, mudah-mudahan saat itu atau setelah itu Presiden meresmikannya,” tutur dia.

4 dari 4 halaman

Begini Nasib KA Argo Parahyangan Saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dikutip dari Ekonomi Liputan6.com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap nasib KA Argo Parahyangan usai beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Mengingat, adanya proyeksi peralihan penumpang KA Argo Parahyangan akibat jarak tempuh Kereta Cepat yang jauh lebih singkat.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, pihaknya masih melakukan pengkajian terkait operasional KA Argo Parahyangan. Saat ini, Kemenhub masih melakukan rapat pembahasan bersama stakeholders terkait lainnya.

"Nanti kita lihat ya pembahasannya karena kan harus dilihat juga KCIC juga harus dicek juga pricing-nya nya, terus juga macam-macam lah. Tadi pagi baru meeting untuk membahasnya," kata Adita kepada awak media di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023.

Untuk diketahui, isu pemberhentian layanan KA Argo Parahyangan mencuat beberapa waktu belakangan. Hal tersebut terjadi karena rute yang dilayani hampir sama dengan kereta cepat Jakarta Bandung. Selain itu, layanan dan harga yang dipatok juga jadi perhatian masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini