Sukses

Kapal Selam Wisata Bangkai Titanic Hilang di Samudra Atlantik, Pasangan Ayah dan Anak Miliuner Ikut Jadi Korban

Kapal selam yang mengangkut lima penumpang untuk ekspedisi ke bangkai Kapal Titanic hilang kontak di dalam Samudra Atlantik sejak Minggu, 18 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal selam yang digunakan untuk berwisata ke bangkai Kapal Titanic menghilang di dasar Samudra Atlantik sejak Minggu, 18 Juni 2023. Kapal itu dilaporkan mengangkut lima penumpang dengan profil tak main-main.

Mengutip CNN, Rabu (21/6/2023), pejabat setempat mengatakan kapal selam kecil yang berukuran seperti minivan itu hilang kontak sejak Minggu pagi, sekitar 1 jam 45 menit menuju lokasi bangkai kapal Titanic yang dituju. Meski nama-nama penumpang belum dirilis pihak otoritas, sejumlah nama dikonfirmasi berada di kapal tersebut.

Mereka adalah pengusaha Inggris Hamish Harding, pasangan ayah dan anak keluarga miliuner asal Pakistan Shahzada Dawood dan Sulaiman Dawood, dan penyelam Prancis Paul-Henri Nargeolet. Sementara, sumber yang mengetahui rencana misi juga menambahkan nama Stockton Rush, CEO dan pendiri perusahaan yang memimpin pelayaran, Ocean Gate. Hingga kini, Ocean Gate belum menanggapi permintaan konfirmasi.

Harding tak asing dengan beragam misi penjelajahan ekstrem. Dia sempat menjadi berita utama pada 2019 karena menjadi bagian dari awak pesawat yang memecahkan rekor dunia untuk penerbangan keliling dunia tercepat melalui dua kutub.

Pada 2020, Harding menjadi salah satu orang pertama yang menyelam ke Challenger Deep di Samudera Pasifik, yang diyakini secara luas sebagai titik terdalam di lautan dunia. Tahun lalu, dia membayar sejumlah uang yang dirahasiakan untuk salah satu kursi di penerbangan luar angkasa Blue Origin.

Dia juga telah menjadi bagian dari dua perjalanan yang memecahkan rekor ke Kutub Selatan: pada 2016, dia menemani astronot Buzz Aldrin ketika dia menjadi orang tertua yang mencapai Kutub Selatan. Pada 2020, dia pergi ke sana bersama putranya Giles, yang pada usia 12 tahun menjadi orang termuda yang mencapai tempat itu.

Sehari sebelum kapal hilang di Samudra Atlantik, Harding menulis di media sosial bahwa dia "bangga akhirnya mengumumkan bahwa saya bergabung dengan Ekspedisi Ocean Gate untuk Misi RMS TITANIC mereka sebagai spesialis misi di kapal selam yang turun ke Titanic." Perusahaan yang dikepalainya, Action Aviation, sebuah broker pesawat, mengonfirmasi keberadaan Harding di kapal selam itu dalam pernyataan di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasangan Ayah dan Anak Asal Pakistan

Pasangan ayah anak keluarga miliuner asal Pakistan, Shahzada Dawood dan Sulaiman Dawood, juga dipastikan termasuk di antara lima orang yang berada di kapal selam tersebut. Sebuah pernyataan dari keluarga mereka mengatakan keduanya telah memulai "perjalanan untuk mengunjungi sisa-sisa Titanic di Samudera Atlantik."

"Sampai sekarang, kontak telah hilang dengan kapal selam mereka dan informasi yang tersedia terbatas," tambah pernyataan itu.

Keluarga Dawood adalah keluarga pengusaha terkemuka di Pakistan. Dawood Hercules Corporation, bisnis mereka, adalah salah satu perusahaan terbesar di negara ini, dengan portofolio yang mencakup energi, petrokimia, pupuk, IT, serta pangan dan pertanian.

Bisnis tersebut didirikan oleh keluarga Hussain Dawood, dengan putranya Shahzada dan Abdul Samad, yang memimpin berbagai divisi, serta putrinya Sabrina Dawood bertanggung jawab atas badan amal bisnis tersebut, menurut situs web Dawood Hercules Corporation. Shahzada Dawood juga merupakan wali dari SETI Institiute di California, sebuah organisasi riset, dan sejumlah yayasan lainnya.

Harding mengatakan dalam sebuah unggahan media sosial pada Sabtu, 17 Juni 2023, bahwa penyelam Paul-Henri Nargeolet, dijadwalkan untuk menyelam bersamanya. "Tim di kapal selam memiliki beberapa penjelajah legendaris, beberapa di antaranya telah melakukan lebih dari 30 kali penyelaman ke RMS Titanic sejak 1980-an termasuk PH Nargeolet," tulisnya di unggahan Facebook.

Pihak keluarga Nargeolet juga mengonfirmasi keberadaannya di kapal selam tersebut.

3 dari 4 halaman

Penyelam Prancis Berpengalaman

Nargeolet memiliki pengalaman menyelami Titanic selama beberapa dekade. Ia menjabat sebagai direktur riset bawah laut di RMS Titanic Inc., perusahaan yang memiliki hak eksklusif untuk menyelamatkan artefak dari kapal.

Menurut biografinya di situs web perusahaan, Nargeolet menyelesaikan 35 kali penyelaman ke bangkai kapal Titanic dan mengawasi pemulihan 5.000 artefak. Dia menghabiskan 22 tahun di Angkatan Laut Prancis, di mana dia naik ke pangkat komandan, kata situs web itu.

David Gallo, penasihat senior untuk inisiatif strategis di RMS Titanic Inc. dan kolega Nargeolet, mengatakan kepada CNN bahwa penyelam Prancis itu adalah "yang terbaik" dalam pencarian laut dalam. Dia berkata bahwa "segala sesuatu yang bisa dilakukan, sedang dilakukan."

"Sesuatu yang selalu kita pikirkan sebagai penjelajah dan ilmuwan… kita selalu tahu hal seperti ini bisa terjadi dan sekarang sudah terjadi. Tapi kami masih kaget, begitu juga komunitasnya. Mudah-mudahan berakhir baik," ujarnya.

Mathieu Johann, seorang teman Nargeolet, mengatakan kepada CNN bahwa awak kapal selam yang hilang adalah "pahlawan" dan berkata, "Saya harap, sampai akhir, seperti di film, dia akan muncul kembali dengan sangat cepat untuk meyakinkan kita semua."

Mathieu Johann adalah Direktur di Harper Collins Prancis dan bekerja dengan Nargeolet dalam bukunya tentang Titanic. "Apa yang kita alami sekarang adalah penantian yang tak berkesudahan ini," kata Johann, mengatakan kepada CNN bahwa dia terus mengontak keluarga Nargeolet.

4 dari 4 halaman

Masih Ada Misteri di Bangkai Kapal Titanic

Johann menggambarkan Nargeolet sebagai seseorang yang "mempertaruhkan nyawanya sepanjang hidupnya," menambahkan, "Dia tahu bahwa ekspedisi sekecil apa pun merupakan bahaya, tetapi seperti semua orang yang bersemangat tentang air dan laut, bagi mereka, itu adalah kehidupan sehari-hari mereka. Dia seorang profesional yang hebat. Dan dia tahu persis apa yang dia lakukan. Dan dia selalu meyakinkan tentang ekspedisinya."

Ketika ditanya mengapa Nargeolet bekerja di Titanic, Johann mengatakan kapal selam itu "menjadi terikat dengan sejarahnya".

"Masih ada misteri yang harus diungkap. Saya tahu bahwa hal besarnya adalah mencoba mencari tahu apa yang ada di brankas Titanic. Saya berharap dengan sepenuh hati bahwa suatu hari dia akan berhasil menembus lemari besi itu, yang tetap penuh misteri 4000 meter di bawah laut. Itu masih sangat membingungkan baginya, dan ketika saya berbicara dengan Paul-Henri, saya masih bisa melihat matanya yang kekanak-kanakan bersinar, karena kapal legendaris ini juga menjadi ceritanya."

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan kementerian tidak dalam posisi untuk mengonfirmasi hilangnya Nargeolet. Rush, CEO dan pendiri Ocean Gate, adalah seorang pilot dan penyelam berpengalaman. Menurut unggahan media sosial perusahaan, dia sebelumnya telah mengemudikan "Titan", kapal yang hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini