Sukses

Belajar Bisnis Minuman Herbal Online dari Pebisnis Jamunya Malaysia

Mr Bentong adalah brand minuman asal Negeri Jiran yang menjual produk berbahan jahe, membuatnya jadi jamu versi Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya di Indonesia, tren bisnis minuman herbal juga berkembang di berbagai negara, termasuk Malaysia. Salah satunya ada Mr Bentong, brand minuman asal Negeri Jiran yang menjual produk berbahan jahe, membuatnya jadi jamu versi Malaysia.

Pendirinya, Hafiz, bercerita bahwa bisnis minuman herbalnya belum berdiri sejak lama. "Belum setahun, baru dari tahun lalu," katanya saat ditemui di Lounge Tour TikTok Southeast Asia Impact Forum di bilangan Jakarta Selatan, 15 Juni 2023.

Ia menyambung, "Awalnya, kami jual secara retail. Kami baru promosi di TikTok pada September 2022. Setelah viral di Tiktok, kemudian dikenal orang dengan produk dari jahe."

Sementara produk minumannya beragam, saat ke Indonesia, ia hanya membawa dua best seller items. "Ada jahe, madu, lemon, dan apel, ini best seller. Kemudian yang satu lagi adalah minuman berbahan jahe, madu, dan bawang putih," tuturnya.

Pria berusia 23 tahun ini bercerita bahwa bisnis minuman herbal yang dirintis datang dari kondisi dirinya sendiri yang semula sakit dan barbadan gemuk. "Ada orang yang rekomendasi produk jahe, resep (minuman) tradisional China," ujar dia. "Itu bagus (untuk tubuh), tapi rasanya kurang enak."

"Dari itu saya dapat ide. Saya mau minum ini, tapi yang rasanya enak. Akhirnya ketemu formula ini," imbuhnya yang mengaku juga familiar dengan jamu Indonesia. Resep ini didapat Hafiz setelah melakukan trial and error ratusan kali dalam waktu sebulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Omzet per Bulan

Karena pembuatannya melalui proses fermentasi, Hafiz berkata, awalnya mereka kesulitan menemukan kemasan yang tepat. "Awalnya kalau ditutup, itu (botol kemasan) bisa meletup. Akhirnya kami harus cari cara bagaimana mengemas minuman ini dengan aman," sebutnya.

Tahun ini, ia mengaku akan mulai memasarkan produk minuman herbalnya di Indonesia. "(Secara) retail dan online. Saya butuh ada warehouse di sini buat packing," ucap dia, menambahkan bahwa ekspansi pertamanya akan berlokasi di Jakarta.

Dalam memasarkan produk, terutama secara online, Hafiz menyebut mengandalkan ulasan jujur dari para konsumen. Menurutnya, itu lebih efektif daripada hanya menjelaskan manfaat dan keunggulan produk minuman berbahan jahe.

"Sekarang, omzet rata-rata bulanan kami sudah lima juta ringgit (sekitar Rp16,2 miliar) dengan harga 60 ringgit (sekitar Rp194 ribu) per botol," ia berkata. Liputan6.com berkesempatan mencoba minuman herbalnya dengan komposisi jahe, madu, lemon, dan apel.

Menurut saya, rasanya sedikit mirip beras kencur, namun dengan rasa jahe yang lebih kuat. Setelah beberapa saat, rasa hangat dari jahenya pun langsung terasa di tenggorokan dan perut.

3 dari 4 halaman

Ragam Manfaat Jahe

Jahe sebagai bahan utamanya sendiri sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Mengutip laman Kemendikbud, 27 Januari 2023, setidaknya ada tiga jenis jahe, yakni, jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Di antaranya, jahe putih jadi yang sering dimanfaatkan sebagai rempah masakan.

Selain, jahe juga digunakan dalam jamu untuk meningkatkan imunitas agar terhindar dari flu dan masuk angin. Jahe bahkan sudah dipercaya sejak 2.500 tahun lalu oleh bangsa Tiongkok sebagai obat pencernaan, anti-mual, rematik, mengatasi pendarahan, mengatasi gigitan ular, gangguan pernapasan, dan mengatasi kebotakan.

Di samping, minuman berbahan jahe pun dipercaya bermanfaat menghilangkan jerawat. Jahe juga mengandung minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan baku kosmetik sebagai antioksidan dan antiseptik. Perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram per hari sebab bisa menyebabkan sakit perut, bahkan diare.

Saat cuaca dingin dan hujan, orang-orang biasanya mengonsumsi minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. Selain yang sudah disebutkan, berikut sederet manfaat lain dari jahe, menurut Kemenkes.

1. Mengatasi Reaksi Alergi

Ini berkat sifat anti-inflamasi yang terdapat pada rempah jahe untuk menenangkan respons peradangan disebabkan alergi.

 

4 dari 4 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe merupakan cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan. Meski klaim ini perlu penelitian lebih lanjut, minum teh jahe hangat bisa membuat Anda merasa lebih kenyang.

3. Redakan Nyeri Haid

Penelitian menunjukkan, minum jahe dapat meredakan nyeri haid. Bahkan, terdapat penelitian yang menunjukkan jahe sama efektifnya sebagai pereda nyeri untuk mengatasi kram menstruasi.

4. Redakan Nyeri Sendi dan Otot

Bukan hanya meredakan nyeri haid, jahe juga sudah lama dikenal dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan untuk obat alami asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Cegah Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino pada jahe bisa membantu melindungi dari penyakit jantung. Minuman jahe pun dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.