Sukses

Makna Warna Oranye di Jubah Para Biksu yang Baru Saja Jalani Waisak di Candi Borobudur

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa biksu mengenakan jubah oranye? Adakah arti atau makna khusus yang berhubungan dengan peran biksu dalam agama Buddha.

Terdapat banyak tradisi Buddhis dan banyak corak jubah biksu di seluruh dunia. Biksu dari tradisi Buddha Theravada, yang dipraktekkan terutama di Thailand, Kamboja, dan Sri Lanka, mengenakan jubah jingga cerah atau jingga, menurut Buddhism Zone.

Mengutip dari laman Grunge, Senin (5/6/2023), tradisi ini kembali ke masa Siddhartha Gautama - sang Buddha, tokoh sejarah dan pendiri agama Buddha yang tinggal di India pada abad ke-5 SM, menurut National Geographic. Sebagai seorang pemuda, Gautama mencari pencerahan.

Dia mengikuti tradisi agama Hindu yang pertapa atau orang suci yang secara tradisional melepaskan kesenangan duniawi mengenakan jubah oranye. Dalam tradisi Hindu, oranye melambangkan kesucian dan pengorbanan.

Oranye merupakan salah satu warna api yang digunakan umat Hindu untuk membakar sesajen seperti biji-bijian dan susu. Saat Gautuma menentukan jalannya sendiri, dia meminjam sebagian tradisi Hindu.

Siddhartha Gautama dilahirkan dalam keluarga berkecukupan dan gelar pangeran. Namun, ia menyerahkan kehidupannya untuk menjadi seorang pertapa tanpa harta benda duniawi saat ia mencoba mendapatkan pencerahan. 

Akhirnya, dia menetapkan apa yang dia sebut "Jalan Tengah" bukan kekayaan atau kemiskinan total dan pengorbanan, tetapi sesuatu di antaranya. Setelah menemukan "Jalan Tengah", ia mencapai pencerahan saat bermeditasi di bawah pohon Bodhi (kebangkitan).

Mewariskan ilmunya kepada orang lain, dia disebut Buddha, yang berarti "yang tercerahkan" dalam bahasa Sanskerta. Saat Sang Buddha mendapatkan siswa atau pengikut, dia merancang pakaian standar untuk mereka kenakan dengan warna yang mirip dengan pertapa Hindu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna Kunyit Melambangkan Nyala Api

Biksu Buddha awal membuat jubah mereka dengan dijahit, jubah dicuci dan diwarnai dengan kunyit untuk rona terang antara kuning dan merah. Kunyit faktanya adalah salah satu pewarna alami yang tersedia 25 abad yang lalu, dan digunakan dalam tradisi Hindu.

Sang Buddha memiliki alasannya sendiri untuk memilih warna cerah. Bagi Sang Buddha, kunyit melambangkan nyala api yang pada gilirannya merupakan simbol kebenaran. Seorang biksu Buddha yang berpakaian warna api dimaksudkan untuk membuat para pencari spiritual dalam suasana kontemplatif, menghubungkan mereka dengan kebenaran batin mereka sendiri saat mereka mencari pencerahan.

Karena nyala berwarna-warni, dengan sedikit warna merah dan kuning selain jingga, Zona Buddhisme menunjukkan bahwa semua warna nyala api digunakan dalam jubah biksu dalam berbagai tradisi Buddha. Beberapa biksu Budha memakai warna merah tua, misalnya, dan yang lainnya memakai warna kuning cerah. Mereka meyakini setiap warna nyala api merupakan cerminan kebenaran.

3 dari 4 halaman

Tradisi Biksu Saat Ini

Saat ini, biksu Buddha tidak lagi menambal jubah mereka dari kain bekas. Mereka menggunakan kain yang disumbangkan atau dibeli. Meskipun mereka tidak lagi menggunakan pewarna alam, mereka tetap mempertahankan warna tradisionalnya.

Dalam tradisi Buddhisme Theravada, para biksu terus mengenakan jubah jingga terang atau jingga untuk meniru Sang Buddha. Tidak sembarang orang bisa memakai jubah saffron; mereka hanya diperuntukkan bagi para bhikkhu yang ditahbiskan. Bagi umat Buddha Theravada di Thailand, warna tersebut melambangkan cahaya yang bersinar dalam kegelapan.

Warna itu juga mewakili kedamaian, sifat ketuhanan pemakainya, dan kemurnian jalan mereka menuju pencerahan. Warna melambangkan kesempurnaan, penerangan, dan pencarian ilmu. Meskipun oranye bukan satu-satunya warna yang dikenakan oleh para biksu Buddha di seluruh dunia, itu termasuk yang paling bersejarah, sejak sebelum zaman Siddhartha Gautama, Sang Buddha.

4 dari 4 halaman

Ritual Thudong ke Candi Borobudur

Sebelumnya di perayaan Waisak tahun ini, para biksu atau bhikku asal memulai ritual thudong atau merenungkan sifat-sifat luhur dari Sang Buddha Gautama. Pada ritual ini, biksu berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, sejauh kurang lebih 2.600 kilometer.

Mereka berjalan kaki selama beberapa bulan dari Thailand, para biksu Thudong ini merasakan kepanasan hingga kehujanan. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk mencapai Candi Borobudur, salah satu candi terbesar umat Buddha yang juga menjadi tempat ibadah mereka.

Beberapa hari jelang Waisak, 32 biksu tiba di Candi Borobudur. Mereka naik ke atas candi Buddha terbesar di dunia itu.

Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur, akhirnya para biksu yang menjalani ritual thudong ini sampai di tempat tujuan. Dalam video yang diunggah salah satu rombongan biksu @kapooksanook2, mereka terlihat sedang menaiki tangga Candi Borobudur. Terdengar suara isak tangis haru karena sudah diberi kekuatan dan akhirnya tiba di Borobudur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini