Sukses

Catat, Jadwal Kunjungan Wisata ke Candi Borobudur Jelang Prosesi Waisak 2023

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang akan kunjungan wisata ke Candi Borobudur menjelang prosesi detik-detik Waisak pada Minggu, 4 Juni 2023, perlu mengetahui beberapa hal. Ada penyesuaian yang ditetapkan pihak pengelola terkait wisata ke Candi Borobudur.

Kabar ini disampaikan melalui unggahan di akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Borobudur, @borobudurpark, pada Selasa, 30 Mei 2023. Unggahan itu mengumumkan jam operasional Taman Wisata Candi Borobudur pada Minggu, 4 Juni 2023.

Dalam unggahan tertulis bahwa kajian lapangan terbuka, yakni naik monumen Candi Borobudur ditiadakan. Kunjungan reguler dimulai pada 06.30 hingga 14.00 WIB.

"Tiket hanya berlaku pada area Taman Wisata Candi Borobudur, tidak sampai pelataran/halaman Candi Borobudur," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Informasi lain yang tertera adalah terkait harga tiket masuk. Untuk wisatawan mancanegara akan dikenai biaya sebesar Rp50 ribu per pax dan wisatawan Nusantara sebesar Rp25 ribu per pax.

Selain itu dikabarkan pula bahwa khusus pada 4 Juni 2023, masyarakat dapat menyaksikan prosesi pelepasan lampion degan cara:

  • Tiket didapatkan on the spot atau online via ticketcandi.borobudurpark.com, mulai pukul 17.00 sampai 20.00 WIB.
  • Harga tiket sebesar Rp50 ribu per pax yang berlaku untuk wisatawan Nusantara dan mancanegara.
  • Penonton dapat menyaksikan dari sisi bagian luar batas area pelepasan lampion.
  • Tiket hanya untuk menyaksikan prosesi pelepasan lampion.

Sementara, pada akhir pekan menjelang Waisak 2023 ini masuk dalam daftar tanggal merah, yang terdiri atas:

  • Kamis, 1 Juni 2023: Libur Nasional Hari Lahir Pancasila
  • Jumat, 2 Juni 2023: Cuti Bersama Hari Raya Waisak
  • Minggu, 4 Juni 2023: Libur Nasional Hari Raya Waisak 2567 BE

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Long Weekend

Awal Juni pekan depan jadi salah satu momentum libur panjang di tahun ini, bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak 2023. Sebelumnya, pemerintah telah menyepakati dan menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama pada 2023.

"Setiap libur panjang, termasuk harpitnas, kita menyiapkan program dan aktivasi destinasi baru yang salah satunya desa wisata," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno," Senin, 22 Mei 2023 yang digelar secara hybrid.

Sandi, begitu ia akrab disapa, melanjutkan di momen liburan tersebut ia juga mengajak masyarakat untuk ikut menikmati ragam event, sebut saja Java Jazz 2023. Salah satu festival jazz terbesar di dunia tersebut bakal terlaksana pada 2--4 Juni 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Menampilkan line up dengan lebih dari 125 musisi Indonesia dan internasional, pihak Java Jazz Festival mengaku telah hampir matang mempersiapkan acara musik bergengsi yang tinggal menghitung hari ini. "Pas lagi Java Jazz. Ini jadi salah satu momentum yang kita arahkan untuk berwisata di Indonesia Aja, enggak usah ke luar negeri fokus di Indonesia Aja," lanjut Sandiaga.

3 dari 4 halaman

Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu lokasi yang paling populer untuk merayakan Waisak bagi umat Buddha dari seluruh Indonesia maupun mancanegara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pun menobatkan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas (DSP) di Indonesia.

Belakangan ini, masyarakat banyak membicarakan kisah kedatangan sejumlah biksu jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur. Perjuangan para biksu tersebut menuai rasa kagum dari banyak masyarakat Indonesia.

Pada 2023 ini, perayaan terbesar Waisak akan dilaksanakan melalui festival lampion di Candi Borobudur. Festival tersebut identik dengan pelepasan ribuan lampion kertas yang diterbangkan ke langit. Masyarakat umum dari segala latar belakang juga dapat mengikuti kegiatan ini.

"Tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut Hari Raya Waisak 2023 bisa dilihat dari trenpenjualan di Tokopedia. Beberapa produk yang berkaitan dengan Hari Raya Waisak, seperti lampion dan lampu hias, mengalami peningkatan transaksi hampir 70 persen selama periode jelang Waisak 2023," jelas Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Tips Rayakan Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

1. Rencanakan perjalanan dan anggaran dengan matang

Hitung dan tentukan bujet yang realistis. Dalam menyiapkan dana liburan, ada beberapa posanggaran yang sebaiknya dipenuhi, mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, biaya konsumsi,biaya tempat wisata, seperti tiket masuk ke Festival Lampion Waisak Borobudur 2023, biaya untuk beli souvenir hingga biaya untuk hal yang tidak terduga.

2. Jangan lupa bayar tagihan sebelum pergi liburan

"Ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu. Manfaatkan lahfitur Kelola Tagihan di Tokopedia sebelum bepergian saat libur nasional agar pikiran lebih nyaman saat perjalanan liburan," saran Ekhel.

3. Hindari membawa terlalu banyak barang, utamakan bawa payung atau jas hujan

"Hindari membawa terlalu banyak barang saat berwisata ke Candi Borobudur, termasuk saat pergi keFestival Lampion Waisak 2023. Siapkan payung atau jas hujan untuk mengantisipasi hujan. Selainitu, pilih busana dengan bahan yang ringan serta tidak mudah kusut," kata Ekhel.

Ia menambahkan,"Seluruh barang bawaan ketika mengunjungi Festival Lampion Waisak Borobudur 2023 bisa disimpan di wadah yang ringan, seperti ransel, travel pouch dan tas belanja lipatuntuk melindungi barang agar tidak terjatuh ataupun hilang."

4. Gunakan busana yang sopan dan pakai jaket atau outer di malam hari

"Kawasan candi merupakan tempat ibadah, maka pengunjung harus memerhatikan pakaian yang dikenakan saat menghadiri Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur. Hindari menggunakan celana pendek dan pakaian tanpa lengan. Selain itu, bawalah jaket atau outer karena udara padamalam hari di kawasan Candi Borobudur cenderung dingin dan berembun," kata Tokopedia melalui Ekhel.

5. Jagalah kebersihan di Festival Lampion Waisak Borobudur 2023

Ketika mengunjungi Candi Borobudur saat perayaan Waisak, termasuk saat mengikuti Festival Lampion 2023, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Siapkan kantong sampah sendiri untuk menghindari membuang sampah sembarangan saat tidak menemukan tempat sampah di lokasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini