Sukses

Viral Jenderal Pejabat di Kantor Staf Presiden Bawa Makanan Buatan Istri, Tuai Pujian Warganet

Jenderal Pejabat KSP ini membawa makanan buatan istrinya dari rumah dengan menu sederhana yaitu nasi putih dengan lauk ikan teri dan pare,

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kelancaran pengendalian Program-Program Prioritas Nasional dan penyelenggaraan Komunikasi Politik Kepresidenan serta Pengelolaan Isu Strategis, Presiden perlu dibantu oleh orang-orang yang bekerja di Kantor Staf Presiden (KSP). Belum lama ini, bereda sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pejabat di KSP membawa makanan sendiri dari rumah.

Video ini diunggah oleh akun Tiktok @.kanjengsolo pada 23 Mei 2023. Di dalam video terlihat seorang pria yang memakai tuksedo abu-abu sedang menikmati makanan di dalam wadah biru, di dalam narasi keterangan diketahui pria tersebut merupakan merupakan seorang Pejabat KSP yang sedang menyantap makanan dengan menu sederhana.

"Jenderal Ini Pejabat KSP, makannya cuma nasi putih dengan lauk teri dan pare,” terang narasi dalam video tersebut. Si pengunggah kemudian menanyakan kenapa sang Jenderal ini menyantap makanan tersebut.

"Jadi seorang jenderal kok makannya kaya gini, ini apa coba?” tanya perekam kepada pria itu. “Ikan teri Mas” balas pria yang merupakan jenderal pejabat KSP. Perekam video pun masih penasaran dan terus menanyakan maksud dari pejabat KSP tersebut memakan bekal dari rumah tersebut.

"Ini memang spiritnya ngirit apa ini?” tanya perekam lagi. “Bukan Mas, menghindari lemak berlebihan," jawabnya. Pejabat KSP tersebut juga menjelaskan bahwa makanan tersebut dibuatkan oleh sang istri.  "Oh berarti bukan karena hemat?” tanya si perekam lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Hemat dan Sehat

"Bukan, ini dibawa juga karena disiapkan istriku," ujarnya “Oh gitu, ini pejabat kantor staf presiden, makan aja bawa dari rumah, terus gajinya buat apa?

"Pertanyaan tersebut dijawab dengan gelak tawa sang pejabat dan perekam sambal menunjukkan kehumanisan mereka. Video tersebut banyak mengundang komentar warganet yang memuji pejabat di staf kantor presiden tersebut:

"Bukan soal hematnya, tetapi soal sehatnya. Sehat2 pak Jenderal, sederhana itu bukti orang Jujur,” komentar seorang warganet.

"Sehat itu mahal” “Keren, Saya suka dengan bapak ini, Sehat selalu pak,” komentar warganet lainnya.

"Demi kesehatan kalo uang beliau ini tidak ke kurangan untuk makan mewah.panutan,” tulis warganet lainnya.

"Ini suami yg syg istri...krn mau makan masakn yg dirumah saja❤️❤️👍," timpal warganet yang lain.

Sampai berita ini ditulis, video tentang pejabat KSP itu viral karena sudah dilihat lebih dari 1,4 juta kali, disukai lebih dari 38 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2.130 komentar.

 

3 dari 4 halaman

3 Kegiatan Strategis KSP

Dilansir dari laman resmi KSP, Kantor Staf Presiden dibentuk dengan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2019 tentang Kantor Staf Presiden, untuk memberi dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam mengendalikan pelaksanaan tiga kegiatan strategis yaitu pelaksanaan Program-Program Prioritas Nasional, aktivitas terkait komunikasi politik kepresidenan, dan pengelolaan isu strategis. 

 

Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2019 tersebut bisa dilihat pada informasi publik. Kantor Staf Presiden merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan Sumber Daya Manusia yang dapat berasal dari Pegawai Negeri Sipil dan Non-PNS

Beberapa waktu lalu, KSP menanggapi isu dugaan intimidasi oleh pemerintah daerah dan aparat penegak hukum kepada seleb TikTok, Bima Yudho Saputro (@Awbimax) yang mengkritik proses pembangunan di tanah kelahirannya-Provinsi Lampung. Tenaga Ahli Utama KSP Joanes Joko mendukung Bimo Yudho untuk terus memberikan kritik dan masukan untuk Indonesia. Menurut dia, masyarakat tak perlu takut apabila kritikan yang disampaikan benar.

"Kepada Bima Yudho, jangan pernah lelah mencintai kampung halaman. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Tetaplah memberikan masukan dan kritik," kata Joko dikutip dari siaran persnya, Sabtu (15/4/2023).

4 dari 4 halaman

KSP Tanggapi Soal Kritik

"Selama kritik yang diberikan itu benar, jangan pernah takut. KSP, dalam koridor-koridor yang sewajarnya, akan terus mendukung," lanjutnya. Dia menyampaikan KSP akan terus bekerja sama dengan aparat penegak hukum dalam menanggapi kritik dan masukan dari masyarakat, sehingga kasus serupa tidak terulang.

"Orang tidak akan memberikan kritik kalau dia tidak memperhatikan. Ia memperhatikan karena ada kepedulian, maka ini perlu diapresiasi. Sudah sepatutnya pemerintah daerah dan pemerintah pusat menangkap masukan ini," jelasnya.

Dia pun menegaskan komitmen pemerintah Presiden Joko Widodo - Wakil Presiden Ma’ruf Amin terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat. Termasuk, memberikan kritik terhadap proses pembangunan negara. Untuk itu, KSP menyayangkan segala bentuk intimidasi dan sikap anti-kritik terhadap individu maupun kelompok masyarakat kepada pemerintah.

"Kritik itu adalah suatu yang sah dan dilindungi oleh Undang-undang di negara demokrasi, sejauh itu tidak menjadi fitnah dan menyebarkan ujaran kebencian. Jadi, yang namanya kritik dan masukan itu jangan dihindari. Presiden Jokowi dan KSP memiliki posisi tegas bahwa kritik perlu diapresiasi," tutur Joko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini