Sukses

Finalis Puteri Indonesia 2023 dan Ratu Dunia Kenakan Gaun dengan Sentuhan Kain Tapis Khas Lampung di Malam Grand Final

Ada hal yang menarik saat malam grand final Puteri Indonesia 2023, di mana para ratu dunia dan ke-45 finalis mengenakan gaun rancangan desainer dengan kain tapis khas Lampung.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan Indonesia dalam budaya dan wisatanya ikut diangkat dalam gelaran Pemilihan Puteri Indonesia 2023. Kali ini terdapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk acara prestisius tersebut dengan kolaborasi bersama desainer untuk membuat gaun yang menyematkan unsur wastra kain tapis khas Lampung.

Pada malam Grand Final Puteri Indonesia 2023, sebanyak 45 finalis dan ratu dunia tampil memesona dengan busana karya designer Tanah Air salah satunya Intan Avantie dengan sentuhan kain tapis khas Lampung.

"Ini merupakan kontribusi Lampung dengan kekayaan wisata dan budayanya," sebut Kabid Perencanaan Perekonomian Bappeda Provinsi Lampung, Bobby Irawan saat ditemui sebelum acara di Plenarry Hall JCC, Jumat malam (19/5/2023). 

Momen ini dimanfaatkan untuk ikut mempromosikan kekayaan wisata dan budaya Lampung sekaligus memperkenalkan kain tapis yang secara tradisi dibuat dari benang katun dan benang emas. Di masa sekarang, kain tapis ini masih banyak dipakai oleh masyarakat Lampung dan sering pula digunakan pada acara-acara adat seperti pernikahan.

Disebutkan pula untuk parade 45 finalis Puteri Indonesia 2023 akan mengenakan opening dress karya Tommy Yudhis & Crown Textile. Kemudian untuk Top 15 akan berbalut busana karya Aditya Dwi Cahya dan finalis Top 6 akan memakai busana karya designer Maison Baaz.

Sementara untuk Top 3 dan 3 Ratu dunia akan memakai kebaya karya Intan Avantie sedangkan Top 3 Puteri Indonesia 2022 akan memakai Gown dari Designer Anaz, Kebaya untuk Edymar Martinez, Chanique Rabe, Ayu Maulida Putri akan memakai busana karya Topan Sapta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratu Dunia Juga Kunjungi Wisata Lampung

Di ketahui saat malam grand final Puteri Indonesia 2023 yang akan menampilkan keindahan, bakat, dan pesona dari para finalis Puteri Indonesia yang berkompetisi untuk mendapatkan gelar Puteri Indonesia 2023, Puteri Indonesia Lingkungan 2023 dan Puteri Indonesia Pariwisata 2023. Tiga ratu dunia ini akan menyaksikan secara langsung penobatan Puteri Indonesia 2023 serta memberikan pesan dan dukungan kepada para finalis.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan, selain menghadiri acara bergengsi Pemilihan Puteri Indonesia, ketiga ratu dunia juga akan mengunjungi tempat pariwisata terkenal di Indonesia, termasuk Lampung. "Mereka akan berkesempatan mengeksplorasi keindahan alam, budaya, dan tradisi Lampung yang unik. Kami berharap kunjungan mereka ke tempat pariwisata Indonesia dan provinsi Lampung akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan," sebut Putri.  

Lampung yang termasuk dekat dari Jakarta memiliki potensi wisata yang beragam. Provinsi ini memiliki dua teluk dengan keindahan menarik seperti Pantai Gigi Hiu hingga Way Kambas.

3 dari 4 halaman

Momen Haru Miss International 2022 di Indonesia

Persahabatan saat mengikuti ajang kontes kecantikan sering kali membawa momen yang emosional. Hal itu dirasakan oleh Miss International 2022 Jasmin Selberg dari Jerman tampak begitu terharu merasakan pertemanan yang kuat selama kunjungannya ke Indonesia untuk ikut hadir di acara Grand Final Puteri Indonesia 2023.

Meski para finalis di kontes kecantikan sedang bersaing untuk memperebutkan mahkota tapi biasanya mereka tetap saling mendukung satu sama lainnya. "Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Asia Tenggara dan Indonesia," sebut Jasmin Selberg memulai keynote speech saat konferensi pers Grand Final Puteri Indonesia 2023 di Jakarta Convention Center pada Jumat malam, (19/5/2023). 

"Orang Indonesia sangat hangat dan suportif, negara yang luar biasa," sambung Jasmin yang mulai menangis dan mengambil tisu. 

Di momen itu ia juga berterima kasih atas sambutan luar biasa selama kunjungannya dari Puteri Indonesia 2022, Laksmi De-Neefe Suardana, termasuk Cindy May McGuire sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022 dan Adinda Cresheilla sebagai Puteri Pariwisata 2022. Masing-masing dari tiga besar Puteri Indonesia 2022 tersebut ikut membalas ungkapan manis Jasmin sambil memberi kecup dari jauh. 

4 dari 4 halaman

Masa Karantina Finalis Puteri Indonesia 2023

Sebelumnya para finalis Puteri Indonesia 2023 telah menjalani karantina dengan beberapa sesi sebagai ajang unjuk bakat dan budaya provinsi mereka pada Minggu, 14 Mei 2023. Para finalis melakukan unjuk bakat masing-masing di sesi talent show di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat.

Sesi talent show berlangsung atas kerja sama Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mustika Ratu, Mustika Ratu Entertainment, dan Miss Supranational Organization. Beragam bakat memukau para dewan juri dan penonton, mulai dari menyanyi, menari (tradisional dan modern), bermain musik, hingga modeling.

"Kami menggandeng Miss Supranational Organization karena yang dilihat dari talent show adalah showmanship. Sesuai dengan konsep Miss Supranational," demikian ungkap Putri Kuswisnu Wardhani.

Terpilih tiga orang sebagai calon peraih kategori Puteri Berbakat dari 45 kontestan, mereka adalah perwakilan Papua Barat (Veronica Windy), Maluku Utara (Calista Sarah Tutuarima), dan Kepulauan Riau (Agatha Jessica Siahaan). Pengumuman Puteri Berbakat akan dilakukan saat malam final Puteri Indonesia 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini