Sukses

Langkah Pencegahan dan Pengobatan Rabies Setelah Digigit yang Perlu Diketahui

Baru-baru ini, kasus rabies menjadi sorotan setelah anak berusia 4 tahun dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia setelah tertular rabies dari anjing yang menggigitnya. Dilansir dari American Veterinary Medical Association pada Kamis (11/5/2023), berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk mencegah virus rabies, dan apa yang perlu dilakukan jika Anda tertular rabies.

Liputan6.com, Jakarta - Rabies adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Virus tersebut ada dalam air liur dan biasanya ditularkan kepada manusia dan hewan melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi. Jika tertular rabies, dampaknya bisa amat fatal. 

Baru-baru ini, kasus rabies menjadi sorotan setelah anak berusia 4 tahun dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, meninggal dunia setelah terkena gigitan anjing rabies. Dikutip dari Hot Liputan6.com, keluarga anak itu melaporkan bahwa dia sedang bermain di luar ketika anjing itu mendekat dan menggigitnya.

Meski mendapat perawatan medis, kondisi bocah itu semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia pada Senin, 8 Mei 2023. Karena itu, kesadaran akan pencegahan rabies menjadi sangat penting. Dilansir dari American Veterinary Medical Association pada Kamis (11/5/2023), semua mamalia dapat terinfeksi dan menularkan rabies. 

Bahkan belakangan ini di Amerika Serikat, kucing telah menjadi hewan peliharaan yang paling umum terinfeksi rabies. Hal ini karena banyak pemilik kucing yang tidak memberikan vaksin rabies pada kucing mereka dan kucing dapat terpapar dengan satwa liar yang terinfeksi rabies, baik di luar rumah atau ketika kelelawar masuk ke dalam rumah.

Rabies juga terjadi pada anjing dan sapi dalam jumlah signifikan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk mencegah virus rabies, dan apa yang perlu dilakukan jika Anda tertular rabies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Rabies Pada Hewan

Rabies masih menjadi perhatian utama di seluruh dunia yang menewaskan sekitar 59.000 orang setiap tahun. Hampir semua kematian tersebut disebabkan oleh rabies yang ditularkan oleh anjing di negara-negara dengan program vaksinasi anjing tidak cukup berkembang untuk menghentikan penyebaran virus.

Setelah virus rabies masuk ke dalam tubuh, ia akan menyebar melalui saraf ke otak. Hewan yang terinfeksi rabies dapat menunjukkan berbagai tanda, termasuk ketakutan, agresi, banyak mengeluarkan air liur, kesulitan menelan, kesulitan berjalan, kelumpuhan, dan kejang. 

Perilaku agresif adalah yang paling umum, tetapi hewan yang terinfeksi rabies juga dapat menjadi sangat jinak. Kuda dan hewan ternak yang terinfeksi rabies juga dapat menunjukkan tanda-tanda depresi, menyakiti diri sendiri, atau menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. 

Hewan liar yang terinfeksi rabies mungkin kehilangan rasa takut alaminya terhadap manusia, dan menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Misalnya, hewan yang biasanya hanya terlihat pada malam hari dapat terlihat berkeliaran pada siang hari. Lebih lanjut, infeksi rabies pada hewan hanya dapat dikonfirmasi setelah kematian, melalui pemeriksaan mikroskopik otak hewan.

3 dari 4 halaman

Tips Mencegah Tertular Rabies

Dikutip dari American Veterinary Medical Association, beberapa tips mencegah tertular rabies adalah sebagai berikut. 

  • Rabies dapat dicegah sepenuhnya melalui vaksinasi. Untuk itu, beri vaksin pada anjing, kucing, musang, serta kuda dan hewan ternak tertentu Anda oleh dokter hewan. Dokter hewan Anda akan memberi tahu Anda tentang frekuensi vaksinasi yang direkomendasikan atau diwajibkan di daerah Anda.
  • Kurangi kemungkinan terpapar rabies dengan tidak membiarkan hewan peliharaan Anda berkeliaran bebas. Tahan kucing dan anjing di dalam rumah, dan awasi anjing ketika mereka berada di luar. Mensterilkan hewan peliharaan Anda dapat mengurangi kecenderungan berkeliaran dan mencegah mereka berkontribusi pada kelahiran hewan yang tidak diinginkan.
  • Jangan meninggalkan sampah terbuka atau makanan hewan peliharaan di luar, karena hal ini dapat menarik binatang liar atau hewan liar.
  • Binatang liar sebaiknya tidak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Binatang liar menimbulkan ancaman rabies potensial bagi pemiliknya.
  • Amati semua binatang liar dari kejauhan. Binatang liar yang terkena rabies mungkin tampak jinak tetapi jangan mendekatinya. Ajari anak-anak untuk TIDAK pernah menyentuh hewan yang tidak dikenal, bahkan jika mereka terlihat ramah.
  • Jika Anda melihat binatang liar yang berperilaku aneh, laporkan hal tersebut ke departemen kontrol hewan di kota atau kabupaten.
  • Lindungi rumah dari kelelawar dengan mencegah kelelawar bersarang dan memiliki akses ke orang atau hewan peliharaan.
4 dari 4 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Tergigit Hewan Dengan Rabies

Berikut adalah langkah yang wajib diambil jika Anda tergigit hewan dengan rabies.

  • Jangan panik, tetapi jangan abaikan gigitan itu. Cuci luka secara menyeluruh dan kuat dengan sabun dan banyak air selama 15 menit, kemudian obati dengan disinfektan seperti etanol atau iodin.
  • Segera hubungi dokter dan jelaskan bagaimana Anda digigit. Ikuti saran dokter. Jika perlu, dokter Anda akan memberi Anda pengobatan pasca paparan dan juga dapat mengobati Anda untuk infeksi lain yang mungkin timbul dari gigitan itu.
  • Jika memungkinkan, batasi atau tangkap hewan itu jika dapat dilakukan dengan aman. Setelah ditangkap, jangan mencoba mengambil hewan itu. Hubungi otoritas untuk mengambilnya. Jika hewan itu tidak dapat ditangkap, cobalah mengingat penampilannya (ukuran, warna, dll.) dan kemana ia pergi setelah menggigit Anda.
  • Jika itu adalah hewan liar, hanya mencoba menangkapnya jika Anda dapat melakukannya tanpa digigit lagi. Jika hewan itu tidak dapat dikendalikan dan harus dibunuh untuk mencegah pelariannya, lakukan tanpa merusak kepala. Otak akan diperlukan untuk menguji rabies.Laporkan gigitan itu ke departemen kesehatan setempat. Pengobatan yang tepat setelah digigit dan sebelum penyakit berkembang dapat menghentikan infeksi dan mencegah penyakit.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.