Sukses

Chef Arnold Hidangkan Ikan Kuah Asam hingga Nasi Bambu di Welcoming Dinner KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

Selaku tuan rumah KTT ASEAN 2023, Indonesia ingin memperkenalkan khazanah kuliner Labuan Bajo kepada para kepala negara dan pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara. Aneka hidangan laut menjadi suguhan utama di acara welcoming dinner.

Liputan6.com, Jakarta - Labuan Bajo dimeriahkan oleh Welcoming Dinner KTT Asean 2023 yang semarak dan penuh pertunjukan musik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara welcoming dinner KTT ke-42 ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu malam (10/5/2023). 

Acara tersebut dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN maupun yang mewakili. Dalam sambutannya saat memulai acara, Presiden Jokowi memperkenalkan keindahan Pulau Komodo.

"Semoga keindahan alam dan keramahan warga lokal di sini dapat mendorong kita untuk mendukung ASEAN sebagai kawasan yang damai dan stabil, serta pusat pertumbuhan," kata Jokowi dilansir dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023).

Acara Welcoming Dinner tersebut dibuka dengan Lagu berjudul Puspa Warni yang dikomposeri oleh Guruh Soekarnoputra. Lagu indah tersebut dinyanyikan oleh grup vokal Gamaliel Audrey Cantika (GAC). GAC juga ditemani oleh para penari yang mengenakan pakaian adat nusantara.

Tak hanya pertunjukannya yang dipersiapkan dengan maksimal, menu makanan pada jamuan makan malam ini tentunya juga menjadi sorotan. 

Selaku tuan rumah KTT ke-42 ASEAN 2023, Indonesia ingin memperkenalkan seluruh khazanah kuliner Labuan Bajo kepada para tamu, kepala negara dan pemimpin pemerintahan dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dilansir dari laman resmi Portal Informasi Indonesia pada 10 Mei 2023, Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara Noviyanti dalam acara diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 mengatakan aneka hidangan laut menjadi suguhan utama bagi kepala negara dan delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023. Eksekusi hidangan pada gala dinner ini dikepalai oleh Chef Arnold Poernomo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Laut Menjadi Fokus Utama

Noviyanti menyebutkan, hidangan tersebut mereprsentasikan Labuan Bajo sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia dengan keunikan sumber daya maritim seperti pantai dan pulau-pulau kecilnya. "Hidangan laut akan diolah oleh Chef Arnold Purnomo bersama timnya," kata Noviyanti.

Menu-menu yang dihidangkan oleh Chef Arnold Purnomo mulai dari ikan kuah asam hingga nasi bambu dalam jamuan makan malam. Mengutip Antara, Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina mengatkan, "Tentu ada nuansa makanan laut (seafood) karena kita ada di daerah pesisir. Kemudian ada juga makanan khas nasi bambu dalam bentuk yang berbeda karena disesuaikan dengan cita rasa intenasional.”

Makanan tradisional suku Manggarai yang bernama Nasi Bambu dimasak dalam wadah berupa batang bambu muda berukuran sekitar 30 sentimeter dan dipanggang di atas bara api selama sekitar satu jam. 

Sementara Ikan Kuah Asam adalah masakan berkuah kuning yang terbuat dari ikan laut seperti tuna, cakalang, tongkol, dan kembung. Ikan yang berlemak itu dimasak bersama bumbu rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah, dan bawang putih.

3 dari 4 halaman

Ada Kopi Flores dan Bajawa

Agar lebih beraroma dan lezat, Ikan Kuah Asam biasanya dicampurkan dengan batang serai dan perasan jeruk nipis untuk memberikan sentuhan yang segar. Rasanya yang asam didapatkan dari belimbing wuluh yang dicemplungkan ke dalam kuah bersama bumbu saat dimasak. Jika ingin menambahkan sensasi pedas, cabai dapat dimasukkan ke dalam masakan.

Shana mengatkan, hidangan utama seperti ikan kuah asam disajikan dengan beragam sambal yang cocok untuk dinikmati bersama. 

Tidak hanya itu, para tamu juga disuguhkan kopi spesial yang berasal dari daerah Flores dan Bajawa yang telah menjadi populer di seluruh dunia. Bahkan salah satu jenama kedai kopi ternama global menggunakan kopi ini.

Selain hidangan utama, berbagai camilan dan makanan ringan sebagai pelengkap juga dihidangkan dalam jamuan makan ASEAN.

Tentunya memilih makanan yang akan disuguhkan di jamuan makan malam KTT ke-42 ASEAN ini adalah hal yang sulit, mengingat banyaknya kuliner dari Labuan Baju yang bisa disebutkan. 

4 dari 4 halaman

Ragam Makanan Tradisional Labuan Bajo

Selain nasi bambu dan ikan kuah asam, ada pula jagung bose, roti kompiang, kolo, rebok, jintan, rumpu rampe, se'i atau daging asap, sambal teri kacang, dan kue pisang atau banana cake. Setiap jenis kuliner tadi memiliki rasa yang berbeda-beda, ada manis, asam pedas, dan tentu saja gurih.

Lokasi jamuan makan malam para pemimpin ASEAN dan seluruh delegasi peserta KTT ke-42 ASEAN 2023 berlangsung di dekat kolam renang pada lantai dua Ayana Komodo Resort yang berlokasi di dekat Pantai Waecicu, Labuan Bajo. 

Hotel yang telah berdiri sejak September 2018 tersebut berada di tepi pantai berpasir putih, salah satu objek wisata terbaik di dalam kota Labuan Bajo. 

Jamuan makan malam yang juga dimeriahkan oleh pertunjukan dari RAN, Andmesh Kamaleng, Maysha Juan, Happy Asmara dan tarian yang dikoreografikan oleh EkosDance Company itu berlangsung spektakuler. Di latar belakang panggung, terhampar lautan dan pulau-pulau kecil. Suasana semakin hidup dengan dinyalakannya kembang api yang berwarna-warni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.