Sukses

Baru Pulang dari Jerman, Akun Instagram Presiden Jokowi Dipenuhi Permintaan Kunjungi Lampung

Sebagian warganet meminta Jokowi sidak ke Lampung karena sedang tidak baik-baik saja, dari soal jalanan rusak sampai gubernur yang tak mau dikritik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja tiba di Indonesia pada Senin, 17 April 2023 setelah melakukan serangkaian kegiatan di Jerman. "Pulang ke Tanah Air seusai menghadiri dan mengikuti serangkaian kegiatan Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman,” tulis Presiden Jokowi dalam keterangan unggahan di akun Instagramnya.

Namun, presiden sudah didesak untuk segera mengunjungi Lampung. Diketahui Lampung menjadi perbincangan setelah TikToker Bima Yudho Saputro mengkritik buruknya pembangunan terutama kondisi jalan di provinsi tersebut.

Desakan agar presiden berkunjung ke Lampung ramai disuarakan warganet di akun Instagram resmi Jokowi, Senin, 17 April 2023. Sebagian warganet menyebut Lampung sedang tidak baik-baik saja. Ada juga yang menyinggung Gubernur Lampung yang tidak terima kondisi jalanan di daerahnya dikritik oleh Bima.

"Lampung sedang tidak baik baik saja," tulis seorang warganet. Oleh karena itu, warganet meminta Presiden Jokowi untuk sidak ke Lampung secepatnya.

"Langsung gas Lampung pak," timpal warganet lainnya.

"Pulang dari Jerman langsung geber Lampung pak @jokowi. Kasih paham Gubernur beserta jajarannya biar ga kebanyakan main sinetron.,” komentar warganet lainnya.

Tak hanya Bima, kini banyak video dari warganet yang menunjukkan masalah lain di daerah Lampung. Misalnya satu video yang beredar yang memperlihatkan jalan berlumpur di Lampung. Video tersebut menyebutkan lokasi di daerah Lampung Tengah.

Kali ini si pembuat video tak hanya membahas jalan tetapi juga listrik yang belum pernah masuk ke desanya. Ia bahkan menyebut nama Jokowi untuk mengadu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lampung Jadi Bahan Pembicaraan

"Pak Jokowi coba lirik Lampung Tengah seentar dong disini belum ada listri dari gw or*k sampai umur 23 tahun," ucap si pembuat video.

Video tersebut kemudian diunggah ulang akun Instagram @seindonesia 15 April 2023. Warganet kemudian mempertanyakan keberadaan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Mana Gubenur nya. Lagi kemana. . Sebentar sebentar Pak Jokowi. Lagi tidurr ya," tulis seorang warganet.

Aada juga warganet yang meragukan belum dialirinya listri ke daerah itu. "Kalo belum ada listrik? Terus lu ngecas hp pake apaan?" tulis warganet lainnya. Namun hingga berita ini ditulis masih belum ada informasi terkait kunjungan presiden berikutnya.

Sebelumnya dalam sepekan terakhir, Lampung menjadi perbincangan hangat warganet. Hal ini menyusul kritik yang disampaikan TikToker asal Lampung, Bima Yudho Saputro. Melalui akun TikTok-nya, Bima menguraikan sejumlah faktor yang dianggapnya membuat Lampung tak kunjung maju, mulai dari buruknya pembangunan jalan hingga proyek pemerintah yang mangkrak

Kritikan itu ternyata berbuntut panjang. Wakil Bupati Lampung Timur menemui ayah Bima, yakni Juliman Sugino. Bima mengaku, Wakil Bupati Lampung Timur jadi perantara antara ayahnya yang seorang PNS dengan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Dalam pertemuan itu, sang Wakil Bupati mengontak gubernur.

 

3 dari 4 halaman

Gubernur Memaki Orangtua Bima

Yang terjadi kemudian, menurut Bima, sangat mengerikan. Bima menyebut Arinal Djunaidi lewat sambungan telepon memaki-maki ayahnya. Akibatnya, Juliman Sugino menangis.

"Terus habis itu, habis ketemu, bokap gue... Bukan wakil bupati-nya yang ngomong (tapi) Gubernur Provinsi Lampung yang ngomong sama bokap gue langsung lewat telepon,” kata Bima Yudho Saputro, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

Menurutnya, sang ayah dimaki-maki Arinal Djunaidi. Sang Gubernur menyebut Juliman Sugino tidak becus mendidik anak. Masih menurut penuturan Bima, Arinal bakal memproses kasus ini lebih dalam.

Terus bokap gue dimaki-maki dibilang enggak becus didik anaklah. Bakalan memproses kasus ini lebih dalam. Ya gue sudah kalah deh, Wak. Elu yang punya Lampung, elu yang pemimpinnya. Gue diintervensi, gue bisa apa gitu?” ungkapnya dalam video yang diunggah akun Twitter @flywithasoka, 14 April 2023. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi baru-baru ini bereaksi menanggapi kabar adanya dugaan intimidasi terhadap keluarga Bima. Dilihat dari unggahan di Instagram @ndorobei.official, terdapat cuplikan video ketika Arinal Djunaidi diwawancarai oleh sejumlah wartawan. Salah satu wartawan mempertanyakan mengenai kebenaran soal adanya intimidasi dari Arinal terhadap orangtua Bima.

4 dari 4 halaman

Gubernur Lampung Terlihat Jengkel

"Terkait pemberitaan nasional pak gub yang beredar, terkait Gubernur Lampung sempat melakukan intimidasi kepada orangtua Bima, tanggapannya gimana pak? Yang beredar saat ini pak Gub?,” tanya salah satu wartawan dalam video tersebut.

Mendengar pertanyaan tersebut, Arinal Djunaidi mengatakan agar publik untuk bertanya langsung kepada orang tua Bima, bukan kepadanya. Arinal pun menjawab pertanyaan tersebut sambil berjalan dengan nada jengkel. "Ya tanya saja sama orang tuanya Bima, kamu itu," ujar Arinal. Merespons reaksi tersebut, sejumlah warganet mengatakan jika respons dari Gubernur Lampung tersebut terlihat jengkel.

Sebelumnya, dikabarkan orang tua Bima dikunjungi oleh pihak kepolisian lantaran video Bima yang mengkritik infrastruktur di Lampung. Belakangan diketahui bahwa orang tua Bima mengalami tindakan intimidasi karena kritikan dari Bima tersebut.

Adapun Bima saat ini tinggal di Australia karena tengah menempuh pendidikan sambil bekerja di sana. Pihak Polda Lampung mengatakan jika kunjungan polisi ke rumah orang tua Bima tersebut hanya sebagai pengamanan dari orang-orang yang mengintimidasinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini