Sukses

Kok Gelas Jungkook BTS yang Bikin Geger Tidak Bisa Dibeli?

Perusahaan perilis gelas yang dibawa Jungkook BTS menyebut bahwa tidak akan ada orang yang bisa memiliki barang itu karena tidak dijual.

Liputan6.com, Jakarta - Sekali lagi Jungkook BTS membuktikan kekuatan mereknya. Kali ini, giliran gelas minuman yang dibawa maknae BTS itu yang bikin heboh. Saat ARMY, sebutan penggemar BTS, mencari tahu di mana bisa membeli gelas yang dibawa Jungkook BTS, mereka malah menemukan bahwa barang yang dimaksud ternyata tidak dijual.

Dalam video yang dibagikan di kanal YouTube BANGTANTV, Rabu, 5 April 2023, tampak Jungkook datang ke salah satu sesi latihan koreografi lagu di album solo Jimin BTS. Di kesempatan itu, tampak pelantun lagu My Time tersebut membawa gelas minuman di tangannya.

Setelah membicarakan gelas Jungkook, penggemar mendapati bahwa itu merupakan rilisan Trash Busters, perusahaan berbasis di Seoul, Korea Selatan yang menyediakan sistem piring dan gelas yang dapat digunakan kembali untuk menghentikan pemakaian plastik sekali pakai, merujuk akun LinkedIn mereka, dikutip Jumat (7/4/2023).

Karena produk mereka kedapatan digunakan Jungkook, di unggahan Instagram Story-nya, baru-baru ini, mereka menjelaskan, "Tidak akan ada yang bisa memiliki gelas ini, karena itu tidak untuk dijual, tapi disewa. Alasan (kami) menyewakan gelas adalah karena kami tidak ingin menambah sampah kemasan."

"Kami harap ARMY mengerti bahwa kami melakukan ini demi daur ulang dan lingkungan, dan kami berterima kasih atas minat kalian," tandasnya terkait gelas Jungkook BTS. Lebih lanjut, mereka juga menulis daftar tempat di mana publik bisa menyewa gelas yang bisa dipakai kembali tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Gelas Plastik di Korea Selatan

Seperti negara lain di dunia, Korea Selatan juga masih dihadapkan pada tantangan mengurangi penggunaan kemasan gelas plastik sekali pakai. Mengutip Korea Bizwire, warga Negeri Ginseng menggunakan lebih banyak wadah plastik di era pascapandemi daripada sebelumnya, menurut sebuah laporan yang dirilis pada 22 Maret 2023.

Tim riset gabungan dari Greenpeace dan Universitas Nasional Chungnam melaporkan produksi 11.932.000 ton sampah plastik pada 2021, naik 49,5 persen dari 2017. Produksi harian "limbah resin sintetis lainnya," kategori yang mencakup wadah pengiriman makanan, mencapai 1.292,2 ton, naik 80,6 persen dari tahun 2019.

Selain itu, setiap orang Korea Selatan juga dilaporkan menggunakan 109 botol air PET, 102 gelas plastik sekali pakai, 533 kantong plastik, dan 568 wadah plastik pada 2020. Menggabungkan keempat item tersebut, setiap warga Korea Selatan membuang 1.312 lembar sampah plastik tahun itu, yang setara dengan 19 kilogram plastik.

Memperluas cakupan penciptaan sampah plastik tahunan untuk seluruh penduduk Korea Selatan, sekitar 5,3 miliar gelas plastik dibuang dalam satu tahun, naik 2 miliar dari era pra-pandemi pada 2017.

Jika gelas plastik itu dibariskan, mereka akan memanjang lebih jauh dari jarak antara Bumi dan bulan dengan faktor 1,5 kali lipat, kata laporan itu. Laporan tersebut juga mengatakan bahwa lintasan sampah plastik tahunan pada 2030 akan mencapai 6.475.000 ton, yaitu 3,6 kali lebih tinggi dari tahun 2010 dan 1,5 kali lebih tinggi dari tahun 2020.

3 dari 4 halaman

Bikin Situs Web Calvin Klein Eror

Sementara, tidak hanya gelas minuman yang menarik perhatian dalam tampilan kilat Jungkook di video latihan koreagrafi Jimin. Dampak besar idol berusia 25 tahun itu dapat dilihat sekali lagi ketika topi monogram Calvin Klein yang dipakainya di kesempatan itu terjual habis di beberapa situs web CK dan toko-toko di seluruh dunia, lapor allkpop.

Situs web Calvin Klein Korea Selatan juga sempat eror saat penggemar bergegas memesan topi di tengah permintaan yang sangat besar. Ini menyambung gelombang sebelumnya saat  Jungkook resmi diumumkan sebagai Global Ambassador Calvin Klein pada 28 Maret 2023.

Dikutip dari KBizoom, 30 Maret 2023, sejumlah barang fesyen yang dikenakan Jungkook untuk kampanye musim semi 2023 itu dengan cepat ludes terjual di situs resmi Calvin Klein di seluruh dunia, termasuk toko di Amerika Serikat, Korea Selatan, China, Jepang, dan Kanada. Item yang habis meliputi kaus crewneck putih, baik logo standar maupun arsip, serta item jeans lain.

4 dari 4 halaman

Kerja Sama Jungkook BTS dengan Calvin Klein

Menyusul pengumuman Jungkook BTS sebagai duta merek, akun Twitter resmi Calvin Klein memperoleh tambahan lebih dari 200 ribu pengikut hanya dalam 26 jam. Total pengikuti label itu di media sosial jadi 4,03 juta saat artikel ini ditulis.

Sementara, reels tentang Jungkook di Instagram resmi Calvin Klein telah diputar masing-masing melebihi 25 juta dan 10 juta tampilan saat artikel ini ditulis, menempati peringkat pertama dan kedua dalam tampilan "terbanyak" yang pernah ada. Sejak foto tersebut dirilis pada 28 Maret 2023, Instagram resmi Calvin Klein mengunggah pesan yang mengatakan, "Kami mengalami banjir pesan yang sangat besar."

Bocoran tentang Jungkook sebagai duta global Calvin Klein mulai beredar sejak Senin, 27 Maret 2023. Di akun mereka, jenama fesyen berbasis di Amerika Serikat (AS) ini membagikan video singkat, menulis, "Waktu yang sama besok?" sebagai keterangan unggahan. Kendati tidak menyebut nama, para penggemar langsung menyadari bahwa itu adalah Jungkook.

Dalam iklan tersebut, Jungkook tampil berani dengan tidak memakai dalaman di bawah jaket denimnya, mengekspos sebagian dada dan perut ratanya. Syukurlah, teriakan histeris fans sedikit tertahan karena ia memakai celana panjang denim senada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.