Sukses

Aktivis Anti-Transgender Diserang di Selandia Baru, JK Rowling Suarakan Dukungan

JK Rowling menyuarakan pendapatnya di lini massa Twitter setelah kritikus anti-transgender Kellie-Jay Keen disiram jus tomat dalam aksinya.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis JK Rowling secara tak langsung menyuarakan dukungannya terkait anti-transgender melalui Twitter. Hal itu terjadi setelah massa beraksi anarkis kepada kritikus anti-transgender Kellie-Jay Keen Minshull yang menyiramnya dengan jus tomat pada Sabtu, 25 Maret 2023 di Selandia Baru menurut outlet lokal RNZ.

Kellie-Jay Keen Minshull yang juga dikenal sebagai Posie Parker sedang berada di Australia sebagai bagian dari tur kontroversialnya "Let women speak". Mengutip New York Post, Senin (27/3/2023), dalam aksi tersebut seorang pengunjuk rasa bergegas maju dan menyiram aktivis asal Inggris itu dengan cairan merah.

Parker (48), kemudian dilarikan pasukan keamanan ke mobil polisi yang menunggu dan melarikan diri dari tempat kejadian. Sang penulis Harry Potter itu mengutuk serangan sebagai cara "menolak" dalam serangkaian cuitan di Twitter.

"Ada beberapa video Kellie-Jay yang diserang. Perempuan sudah terbiasa dengan kebohongan, ancaman kekerasan, dan penyangkalan langsung terhadap kenyataan, tetapi jika Anda membayangkan ada orang yang merasa 'dikalahkan', pikirkan lagi," cuit penulis itu.

Rowling menyambung, "Aktivis hak laki-laki menunjukkan kepada dunia siapa mereka sebenarnya."

Parker kemudian mencuit bahwa dia menyesal tidak dapat berbicara. "Keberanian perempuan dan pria Selandia Baru yang datang untuk menyuarakan kebenaran tidak akan dilupakan," cuit Parker. "Saya merasa terhormat berada di antara kalian. Saya minta maaf."

Rowling (57), kemudian me-retweet gambar dari grup yang berbasis di London "The Lesbian Project" yang "dinyanyikan" dan "diteriakkan" oleh para aktivis pro-trans karena "lesbian bertemu tanpa kehadiran laki-laki." "Setelah adegan menjijikkan dari Selandia Baru, di mana massa menyerang perempuan yang berbicara untuk hak-hak mereka, #TheLesbianProject diintimidasi dan diancam di Inggris, sekarang," tulis Rowling lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menentang Pengakuan Transgender Secara Hukum

Parker menanggapi protes tersebut dalam sebuah video yang diunggah di YouTube setelah dia disingkirkan dari keributan itu. "Saya pikir mereka akan menghancurkan kami sampai mati," kata sosok kontroversial dalam video tersebut. "Saya benar-benar tidak pernah merasa begitu tidak aman dalam hidup saya."

Agenda Parker di Wellington dibatalkan setelah organisasi Parker Speak Up For Women mengutip "ancaman yang dapat dipercaya terhadap kehidupan" sebagai alasannya. Parker adalah seorang aktivis hak anti-transgender Inggris dan pendiri grup Standing for Women.

Ia menggunakan poster, baliho, stiker, dan media sosial untuk mempromosikan pesan anti-transgender. Ia juga telah menyelenggarakan acara di Inggris Raya, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru yang diprotes oleh pendukung hak-hak transgender.

Ia menentang undang-undang dan kebijakan yang memungkinkan waria diakui secara hukum sebagai jenis kelamin mereka, penggunaan kamar mandi umum oleh waria sesuai dengan jenis kelamin mereka, partisipasi waria dalam olahraga yang sesuai dengan gender mereka, dan pertunjukan drag, termasuk di lokasi yang dapat dilihat oleh anak-anak. Ia juga menentang penggunaan penghambat pubertas dan terapi penggantian hormon untuk anak-anak transgender.

Parker mendirikan organisasi Standing for Women pada 2020. Ia juga merupakan penasihat khusus untuk Front Pembebasan Perempuan (WoLF). Ia menggambarkan dirinya sebagai aktivis hak-hak perempuan.

3 dari 4 halaman

Atlet Perempuan Transgender Dilarang Berkompetisi

Dunia sedang mengalami perdebatan tentang transgender. Mengutip kanal Internasional Liputan6.com, 25 Maret 2023, World Athletics Council atau Dewan Atletik Dunia memutuskan melarang perempuan transgender dari kompetisi perempuan elit apabila mereka telah mengalami pubertas pria, dalam sebuah keputusan yang menurut badan pengatur itu telah diambil demi "melindungi masa depan kategori perempuan".

Berbicara setelah keputusan yang mulai berlaku pada 31 Maret 2023, Presiden Dewan Atletik Dunia Seb Coe menerima bahwa keputusan itu akan diperdebatkan. Namun mengatakan olahraganya telah dipandu oleh "prinsip menyeluruh" dari keadilan, serta ilmu seputar performa fisik dan keunggulan pria.

"Keputusan selalu sulit saat melibatkan konflik kebutuhan dan hak antara kelompok yang berbeda, namun kami terus berpandangan bahwa kami perlu menjaga keadilan bagi atlet putri di atas semua pertimbangan lainnya," kata Coe, dilansir dari The Guardian, Sabtu, 25 Maret 2023.

"Kami percaya integritas kategori perempuan dalam atletik merupakan yang terpenting," imbuhnya lagi.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Integritas Kategori Perempuan dalam Atletik

Lebih lanjut, Coe juga menekankan bahwa ia akan membentuk kelompok kerja yang akan berkonsultasi dengan atlet transgender dan meninjau setiap penelitian baru yang muncul. Olahraga semakin bergelut dengan masalah pelik partisipasi transgender dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat atlet angkat besi Selandia Baru Laurel Hubbard memenuhi syarat Olimpiade Tokyo setelah melakukan transisi di usia 30-an.

Sejak Tokyo, sebagian besar olahraga telah memilih mengizinkan perempuan transgender berkompetisi jika mereka menurunkan testosteron menjadi lima nanomoles per liter selama 12 bulan. tetapi, ilmu pengetahuan yang muncul menunjukkan bahwa perempuan transgender mempertahankan keunggulan dalam kekuatan, daya tahan, kekuatan, kapasitas paru-paru, bahkan setelah menekan testosteron.

Hal itu juga telah membuat Dewan Atletik Dunia untuk mengusulkan batas testosteron yang lebih rendah setidaknya selama 24 bulan di Januari. Coe mengungkapkan ada "sedikit dukungan" untuk kebijakan semacam itu, dengan atlet dan federasi memperjelas bahwa mereka ingin memprioritaskan keadilan untuk olahraga perempuan daripada inklusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.