Sukses

Turki Masih Rawan Gempa, Cappadocia dan Sejumlah Kawasan Wisata Tetap Dibuka

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki selatan dan Suriah utara pada 6 Februari 2023. Tak hanya banyak menelan korban jiwa, gempa juga berimbas pada rusaknya sejumlah tempat wisata di Turki. Beberapa bangunan bersejarah dilaporkan roboh.

Melansir National News, 7 Februari 2023, setidaknya ada 10 wilayah Turki yang terdampak cukup besar. Wilayah tersebut adalah Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmara, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Kastil Gaziantep kuno, salah satu landmark Gaziantep, dilaporkan mengalami kerusakan parah. Pasar dan jajaran workshop tembaga tradisional yang bersejarah di sana juga ikut rusak.

Sejumlah foto dan video yang tersebar memperlihatkan dinding di sebagian bangunan benteng ambruk. "Beberapa benteng di bagian timur, selatan, dan tenggara Kastil Gaziantep yang bersejarah di distrik Sahinbey tengah hancur akibat gempa," tulis kantor berita Turki, Anadolu.

Kastil yang juga dikenal dengan nama Benteng Gaziantep ini merupakan bangunan bersejarah yang berada di tenggara Turki. Mengutip The Guardian, kastil ini diyakini berasal dari Kekaisaran Het. Namun, bagian utama kastil diprediksi dibangun oleh orang-orang Romawi kuno pada abad ke-2 dan ke-3.

Sementara di Malatya, Masjid Yeni Camii juga ikut hancur akibat gempa. Masjid bersejarah ini dibangun di lokasi masjid HacıYusuf yang diterjang gempa pada 3 Maret 1894. Sedangkan kawasan tenggara Turki yang terkenal dengan wisata kulinernya, melansir Travel and Tour World, 7 Februari 2023, tampak tak begitu terdampak meski masih ada kemungkinan bakal terjadi gempa susulan.

 

2 dari 4 halaman

Situs Warisan Dunia

 

Destinasi liburan populer semacam Cappadocia dan pantai Aegean juga kemungkinan besar tidak terpengaruh gempa. Namun belum ada informasi apakah jumlah wisatawan menurun atau masih tetap seperti biasa.

Di Cappadocia juga ada kota bawah tanah terbesar di dunia, membentang ratusan kilometer dan diyakini dulunya menghubungkan hingga ratusan desa. Cara terbaik untuk menikmati wisata alam di Cappadocia adalah dengan menaiki balon udara dan menikmati pemandangan dari ketinggian yang sangat diminati para wisatawan.

Gempa Turki juga tidak merusak salah satu situs sejarah yakni Masjid Biru Hagia Sophia yang awalnya gereja yang dibangun pada 537 masehi. Meskipun gempa terasa di Istanbul, tidak ada laporan awal kerusakan Masjid Hagia Sophia.  Hagia Sophia adalah monumen bersejarah utama dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Istanbul, Turki.

Untuk penerbangan internasional, sampai saat ini tidak banyak terpengaruh gempa. Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab (UEA) menyebut gempa tidak memengaruhi agenda penerbangan ke Turki. Maskapai Emirates juga mengonfirmasi bahwa penerbangan maskapai utama Dubai ke Turki tidak terpengaruh akibat gempa.

Meski begitu, mengutip Simple Flying, Rabu (8/2/2023), semua bandara di Turki Selatan dan Suriah Utara kemungkinan merasakan gempa, dan tiga bandara khususnya, telah berhenti beroperasi. Bandara pertama yang ditutup adalah Bandara Adana Sakirpasa (ADA) Turki. Bandara di Provinsi Adana, Turki selatan ini mengalami beberapa kerusakan pada terminalnya, seperti bangunan lain di daerah tersebut. 

3 dari 4 halaman

Kerusakan di Bandara

 

Di dekat Provinsi Hatay, Bandara Hatay (HTY) telah ditutup karena landasan pacu yang rusak. Bandara Turki selatan itu mengalami kerusakan besar saat retakan besar terbentuk di tengah landasan pacu, menyebabkan aspal melesat ke atas seperti pegunungan kecil. Otoritas setempat memilih untuk menghentikan semua layanan penerbangan dari dan ke bandara.

Penutupan bandara lainnya adalah di dekat Bandara Internasional Gaziantep Oğuzeli (GZT). GZT hanya mengalami kerusakan ringan, tanpa kerusakan di landasan pacu. Meski begitu, otoritas lokal telah menutup bandara untuk semua layanan penerbangan sipil.

Hanya pesawat yang membawa perbekalan bantuan dan yang melakukan operasi evakuasi medis yang dapat beroperasi di lapangan udara. Bandara tetap waspada karena pusat gempa berada sekitar 30 mil (48,2 km) jauhnya.

Penutupan bandara Turki ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan keamanan untuk semua pelancong. Pihak berwenang setempat telah membuat keputusan ini berdasarkan kerusakan bandara saat ini dan potensi kerusakan tambahan yang masih dapat terjadi.

4 dari 4 halaman

Mengikuti Panduan

Gempa bumi awal memiliki konsekuensi yang menghancurkan, namun gempa bumi dan gempa susulan berikutnya juga menghancurkan. Lebih banyak laporan tentang kehancuran muncul dalam beberapa jam dan hari mendatang.

Dikutip dari Washington Post, korban tewas akibat gempa dilaporkan hampir 11.000 orang di Turki dan Suriah pada Rabu sore. Saat upaya penyelamatan berlanjut di negara tersebut, para pelancong yang berencana untuk mengunjungi Turki mungkin bingung tentang apa yang harus dilakukan.

Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris memperbarui panduannya untuk pelancong Inggris, menyarankan wisatawan untuk "menghindari sekitar" dari insiden tersebut, yang terjadi di kota Gaziantep. Pihaknya juga menyarankan para pelancong di Turki untuk mengikuti panduan dari otoritas terkait.

"Ada beberapa gempa susulan yang kuat. Anda harus menghindari area sekitar dan mengikuti saran dari otoritas setempa" bunyi saran FCO. Sebanyak 10 provinsi di Turki yang paling terdampak oleh gempa, meliputi Adana Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.