Sukses

BLACKPINK Masuk Jajaran Musisi Paling Stylish 2023 versi Rolling Stones, Tak Kalah dari Rihanna dan Doja Cat

BLACKPINK termasuk jajaran pendatang baru dalam daftar musisi paling stylish di dunia 2023 versi Rolling Stones dan bersaing dengan Rihanna dan Doja Cat.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dipungkiri para personel BLACKPINK memiliki pesona di dunia fesyen. Masing-masing bahkan didapuk menjadi duta global untuk beragam rumah mode ternama. Karena itu, tak mengherankan bila grup idol Korea tersebut didapuk menjadi salah satu musisi paling stylish 2023 versi majalah Rolling Stone.

BLACKPINK menjadi pendatang baru dalam daftar itu dan langsung meraih posisi 6. Majalah musik yang berbasis di Amerika Serikat tersebut menyoroti kepercayaan diri para anggota grup tersebut sebagai poin plus mereka. "Kepercayaan diri BLACKPINK sepertinya berakar dari keyakinan tentang diri mereka sendiri sebagai individu," tulis Rolling Stone, dikutip dari laman resmi mereka, Sabtu, 4 Februari 2023.

Gaya Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa dikatakan terus berevolusi seiring waktu. Saat dunia feysen mendaur ulang era 1990an dan 2000an, keempatnya dipandang selangkah lebih maju. "Kita hanya dapat mengantisipasi apa yang akan muncul dari Blackpink di masa datang, tapi sekarang, jelas tidak ada band di planet ini yang bisa berbaur dengan fesyen mewah dengan sangat baik," tulis Rolling Stones.

Majalah itu menyoroti bagaimana BLACKPINK menerima tren dalam video klip Shut Down. Cropped jersey, jaket kulit, overall denim low-rise yang dikenakan dinilai mampu memodernisasi konsep grunge klasik. Salah satunya terlihat dari cara Jisoo mengenakan rok 'bladus' Givenchy dari koleksi musim dingin 2022 mereka. 

BLACKPINK bersaing dengan Rihanna yang berada di urutan ke-4. Ibu baru itu mampu membuat orang memalingkan wajah ke arahnya dengan pilihan busananya selama hamil. Dimulai dengan paduan busana Chanel klasik dan denim Vetements saat mengumumkan kehamilannya di akhir Januari 2022 hingga muncul menjadi sampul majalah Vogue dengan jumpsuit renda dan heels, dan hanya mengenakan pakaian dalam saat muncul di show Dior, menjadi tampilan yang paling dicatat Rolling Stones.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doja Cat

Di posisi 2 ada Doja Cat yang kerap tampil nyentrik di berbagai kesempatan. Awal tahun ini saja, pemilik album Planet Her itu menghentak publik saat menghadiri show Schiaparelli di Paris Fashion Couture Week 2023 pada Senin, 23 Januari 2023. Sekujur tubuhnya dipasangi 30 ribu kristal Swarovski merah terang, berpadu dengan gaun warna senada. Ia juga hadir di pertunjukan koleksi musim gugur/musim semi Monot dengan gaun cutout hitam dan wajah dirias bak alien.

"Aku mencintai film sunyi lama, seni film gelap yang aneh dan sebuah melting pot musik yang sangat aneh," kata penata gaya Doja Cat, Brett Alan Nelson kepada Rolling Stone.

"Aku mencoba sangat keras untuk tidak merujuk apapun dan siapapun tidak akan dengan sengaja mengenali, bila aku melakukannya, ada alasan dan tujuan di balik itu, apapun itu, itu adalah tugas yang melihat untuk menerkanya.... Tapi, seni semestinya menghibur yang terganggu dan mengganggu yang nyaman," sambung dia lagi.

Sementara, Doja Cat bisa membuat penampilan nyelenehnya seolah-olah alami. "Aku seperti sedang mengisi pertunjukan ketika tidak di atas panggung," kata Doja dalam kesempatan berbeda. "Aku pikir itu sangat menyenangkan. Hidup sangat singkat (untuk) memiliki rambut dan wajah yang sama sepanjang hari."

3 dari 4 halaman

Tren Barang Mewah di Korea

Dalam daftar itu, Rolling Stone juga memasukkan DAWN, rapper Korea di urutan 16. Mantan HyunA itu mengecat rambutnya berwarna merah terang agar pas dengan fesyen motif bunga dan warna-warna berani, aksesori liar dan hampir ketinggalan zaman yang disukainya.

Rolling Stones memuji Dawn karena mampu berubah menjadi kepribadian apapun lewat busana pilihannya. Dalam video klip Stupid Cool, misalnya, potongan-potongan Dawn seperti puffer ERL pastel cerah, track pants Adidas, overall merah muda Jacquemus, kaus Vetements, dan syal Versace dipasangkan dengan sepatu badut asli dan topi berbentuk boneka beruang. Ini adalah tampilan perbatasan-campy yang hanya bisa dilakukan oleh Dawn, sambil membuat kami iri dengan selera humor dan kebebasannya.

Sementara, BTS diwakili oleh J-Hope yang menjadi anggota pertama yang merilis album solo. Penampilannya mengundang pembicaraan, terutama saat ia diundang ke berbagai show brand ternama di Paris Fashion Week 2023. Sebelum itu, ia juga membuat fans tercengang dengan busana serba hitam Louis Vuitton, sarung tangan ala biker, dan denim dengan logo embos kebesaran.

"Aku menyadari aku ingin menunjukkan lebih banyak menari, yang kamu dapat menganggapnya sebagai pondasi utamaku," kata J-Hope kata Rolling Stone tahun lalu.

Dalam video penuh simbolisme untuk single terbarunya, Arson, dia tersandung melalui dunia pasca-apokaliptik yang terbungkus mutiara VEERT dan pakaian terusan putih khusus oleh desainer Bajowoo, muncul dari asap dan api dengan pakaiannya dan sepatu kets Converse yang hangus dan sobek, jelas lebih keren daripada sebelum dia masuk. "Itu adalah api, gairah yang saya ingin album ini miliki," katanya.

4 dari 4 halaman

Tuntutan Barang Mewah

 

Sementara itu, makin banyak anak muda Korea yang tertekan untuk membeli barang mewah. Dikutip dari The Korea Times, Sabtu, 4 Februari 2023, dalam survei 2020 terhadap 783 siswa sekolah menengah dan atas yang dilakukan oleh S'FD, sebanyak 56,4 persen responden mengatakan pernah membeli barang mewah.

Para ahli mengatakan bahwa daya tarik merek-merek mewah bagi konsumen remaja adalah pengaruh media sosial. Konsumen umumnya memilih barang-barang mewah yang sesuai dengan selera dan preferensi mereka yang unik. Namun, orang Korea cenderung membuat pilihan yang aman dengan membeli barang-barang yang paling populer.

"Untuk membuat keputusan yang lebih baik, mereka seringkali mengandalkan selebriti yang diasosiasikan dengan merek-merek mewah," kata Kwak Geum Joo, seorang profesor psikologi di Seoul National University.

Suh Yong-gu, seorang profesor bisnis di Universitas Wanita Sookmyung, mencirikan konsumen remaja pada dasarnya dalam hubungan satu arah dengan bintang K-pop. "Bintang K-pop adalah influencer teratas. Karena penjualan barang mewah dipengaruhi secara digital, unggahan media sosial mereka dan video YouTube tentang merek mewah mengarah ke 'budaya fleksibel' memamerkan kekayaan di antara konsumen yang lebih muda," katanya.

Menurut Suh, Korea merupakan pasar barang mewah terbesar ketujuh di dunia. Orang Korea menghabiskan rata-rata 325 dolar per kapita setahun untuk barang-barang mewah yang termasuk angka tertinggi di dunia, menurut Morgan Stanley. Mengejar pembelanja besar Asia, beberapa merek mewah baru-baru ini menunjuk bintang K-pop sebagai duta global mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.