Sukses

Sam Smith Pakai Korset di Video Klip Terbaru Usai Nyatakan Sebagai Non-biner, Bikin Ricuh Dunia Maya

Liputan6.com, Jakarta - Video klip dari lagu terbaru Sam Smith,  'I'm Not Here To Make Friends' jadi trending di Youtube di hari ini, Selasa (31/1/2023). Lagu 'I'm Not Here To Make Friends' diambil dari album studio keempat Smith yang bertajuk Gloria yang juga memuat lagu hits lainnya, Unholy.

Namun, video musik (MV) yang dirilis pada 28 Januari 2023 ini memunculkan kontroversi dan ramai dibahas di media sosial. Melansir news.com.au, dalam video tersebut outfit yang dikenakan Sam Smith diyakini memancing perdebatan warganet.

Smith yang mengklaim dirinya sebagai non-biner atau non-binary sejak tahun lalu itu terlihat mengenakan berbagai macam gaun dan baju unik lainnya. Yang paling banyak dibahas adalah adegan saat ia mengenakan korset putih dengan bagian dada terbuka, sedangkan bagian putingnya sepertinya ditutupi kertas putih.

Sejumlah warganet mengecam dan mengolok-olok outfit yang dikenakan Smith di video tersebut. Tak sedikit juga yang membela penyanyi asal Inggris itu dan menyebut mereka yang mencibir Smith adalah homofobia dan fatphobia (fobia pada orang gemuk) karena bentuk fisik Smith yang agak gemuk dan sosoknya sebagai non-biner.

Ada juga yang menyebut video itu sangat merendahkan dan Smith disebut memakai seksualitas seperti kostum dan memamerkannya ke banyak orang. Belakangan, komentar yang mengkritik Sam Smith tertutup oleh penggemar yang membelanya.

Di tengah perdebatan warganet di Twitter, Smith sepertinya ingin menambah keriuhan di media sosial dengan membagikan foto dirinya menggunakan kostum lainnya dari video klip I’m Not Here To Make Friends. Dengan mengenakan gaun hijau dengan outer bulu-bulu hitam yang menghiasi kepalanya, ia hanya menuliskan 'Tak pernah terlalu banyak'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengakuan

Smith yang lahir pada 19 Mei 1992 di London, Inggris, merupakan sepupu penyanyi Lily Allen. Pemilik nama lengkap Samuel Frederick Smith itu mulai terkenal pada 2012 lewat lagu Latch bersama Disclosure. Lagu La La La yang ia nyanyikan bersama Naughty Boys pada 2013 semakin melambungkan namanya.

Album perdananya, In The Lonely Hour, dirilis pada 26 Mei 2014 dan berhasil meraih peringkat pertama di tangga lagu Inggris. Begitu pula dengan lagu Money On My Mind dan Stay With Me yang terdapat dalam album itu. Namun, di album pertamanya Smith langsung membuat kontroversi.

Sam mengatakan, album In The Lonely Hour berkisah tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Album ini menceritakan penolakan yang dialami Smith oleh pria yang dicintainya. Dengan kata lain, Smith mengungkapkan bahwa dirinya seorang homoseksual.

"In the Lonely Hour berkisah tentang seorang pria yang saya cintai tahun lalu, tetapi ia tidak membalas perasaan saya. Saya pikir sekarang saya baik-baik saja, tetapi dulu saya merasa hidup saya menjadi sangat suram," ungkap Smith.

Meski begitu, Smith sukses. Albumnya berhasil terjual 166 ribu kopi dalam minggu pertama setelah rilis. Angka tersebut membuat Smith mencetak rekor sebagai musisi pria Inggris dengan penjualan album debut tertinggi. Ia hanya dikalahkan oleh Lana Del Rey yang berhasil menjual 182 ribu untuk album Ultraviolence.

3 dari 4 halaman

Aura Feminin

Ia juga tak bersikap dramatis. Ada kesan kepolosan yang timbul dari lagu yang bercerita tentang cinta yang ditolak ini. "Pria yang saya cintai tidak tahu bahwa album ini adalah tentang dirinya. Saya memberitahunya seminggu sebelum album ini keluar. Ia tahu saya rekaman, tetapi tidak tahu sama sekali kalau ini tentang dia," ucapnya lagi.

Selain mengaku gay, Smith juga mengklaim menderita obsessive-compulsive disorder (OCD), sejenis gangguan kecemasan yang berpotensi membuat hidup penderitanya berantakan. Orang dengan OCD terganggu oleh rasa takut serta obsesi kerapian atau kebersihan yang tidak dapat mereka kendalikan.

Seiring kesuksesannya di dunia musik, penampilannya pun makim unik dan eksentrik. Di ajang GQ Men of the Year Awards 2019 misalnya, ia memakai sepatu hak tinggi berwarna hitam berbahan kulit yang merupakan keluaran rumah mode Gucci.

Sam juga mengenakan kemeja berbahan lace yang menyiratkan aura feminin, kontras dengan setelan tuksedo yang maskulin. Kali ini, Sam kembali sukses menarik perhatian dengan mengunggah konten baru di Instagram. Sam ternyata memamerkan eyeliner cetar yang disebutnya sebagai 'wing' atau 'sayap'.

4 dari 4 halaman

Tutorial Eyeliner

Dalam video singkat di akun Instagramnya, Sami memutar-mutar wajahnya dengan gemulai. Ia terlihat berkali-kali ia mengedipkan matanya untuk menunjukkan 'sayap' dari eyelinernya. "Aku punya sayap," tulisnya sambil menandai hair stylist favoritnya, @sienree, dalam unggahan pada 31 Januari 2020.

'Sayap' Sam Smith cukup menonjol dengan garis lengkung yang sempurna. Pelantun lagu 'Into You' ini memadukannya dengan highlight dan kontur sempurna, alis natural serta lipstik pink. Eyeliner yang populer dengan sebutan Winged Eyeliner ini membingkai matanya dengan lentik. Warganet banyak yang memuji riasan mata penyanyi itu.

Yang menggelitik, dari sekian banyak pujian, ada warganet yang minta dibuatkan tutorial eyeliner kece ala Sam Smith. "Tutorial please? Ini sempurna, aku tak bisa melewatkan ini begitu saja," komentar seorang warganet.

Ada juga yang menilai eyeliner Smith lebih bagus dari Ariana Grande. Maklum saja, beberapa waktu lalu Ariana mengunggah tutorial makeup cantik dengan menggunakan eyeliner di media sosial. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.