Sukses

Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Menikah di Swiss, Pakai Kebaya Kreasi Intan Avantie

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida yang baru saja menyandang sebagai seorang istri. Ayu Maulida resmi menikah dengan Achmad Adi Pane, bankir asal Indonesia yang menetap di Jenewa, Swiss.

Pernikahannya berlangsung pada Sabtu, 14 Januari 2023. Namun Ayu baru mengunggah foto-foto pernikahan di akun Instagramnya pada Kamis, 19 Januari 2023.  "Bismillahirohmanirohim 14.01.2023 ❤️ Kami sangat berterima kasih kepada semua keluarga dan teman-teman kami yang menghadiri dan berpartisipasi dalam Hari Pernikahan Sipil kami," tulis Ayu Maulida dalam keterangan unggahannya.

[bacajuga:Baca Juga](5185069 5166833 5087440 

Ayu diketahui menikah secara sipil di Jenewa bersama Achmad Adi Pane. Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Ayuma itu sudah dilamar oleh kekasihnya pada Desember 2022 lalu. "Of course, I said YES #justengaged," tulis pemilik nama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Putri ini.

Setelah itu, Ayuma membagikan beberapa foto prewedding-nya yang diambil di Amsterdam (Belanda) hingga Neuchatel (Swiss).Prosesi pernikahannya pun cukup simpel. Ayu dan Adi hanya mendaftarkan pernikahan di kantor catatan sipil Jenewa, lalu bertukar cincin.

Mereka memilih menikah sipil karena mereka masih akan menetap selama beberapa minggu di Swiss.  Meski begitu, keduanya tetap menampilkan nuansa Indonesia dan bahkan memakai produk buatan Indonesia.

Ayu tetap terlihat anggun dalam balutan kebaya merah rancangan Intan Avantie. Sementara Achmad Adi mengenakan setelan jas abu-abu yang dipadukan dengan dasi merah marun kreasi Bie Hin Tailor yang berbasis di Jakarta dan Surabaya.

 

2 dari 4 halaman

Resepsi di Indonesia

Dengan sentuhan makeup bold, Ayu terlihat lebih menawan. Dalam unggahan lainnya, Ayuma dan suami memamerkan cincin pernikahan mereka. Kabarnya, mereka akan menggelar resepsi di Indonesia namun belum diketahui waktu pastinya.

Usai membagikan unggahannya, Ayu dan Adi banjir ucapan selamat dari sejumlah teman mereka maupun warganet dari Indonesia.  "Semoga bahagia kak ayuma sama jodohnya @ayumaulida97 masyallah kak ayuma anggun pakai batiknya ☺️," komentar seoran warganet.

Ayuma melepas mahkota dan mengakhiri masa tugasnya sebagai Puteri Indonesia 2020 pada Jumat, 27 Mei 2022 saat malam penganugerahan Puteri Indonesia 2022. Apa yang dicapai Ayu tentunya berbeda dengan periah gelar Puteri Indonesia di tahun-tahun sebelumnya. Itu karena ia menyandang gelar tersebut selama dua tahun, karena kontes kecantikan Puteri Indonesia tidak digelar di tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

Setelah dua tahun, Ayuma akhirnya menyerakan gelarnya pada Puteri Indonesia 2022, Laksmi De-Neefe Suardana. "Rasanya campur-campur ya seperti gado-gado," canda Ayuma saat ditanya bagaimana perasaannya menyandang gelar Puteri Indonesia selama dua tahun, saat ditemui dalam sebiah acara di Taman Sari Royal Heritage Spa di Jakarta Pusat, Kamis (26/5/2022).

3 dari 4 halaman

Titipan dari Tuhan

"Ada rasa senang karena bisa menyandang gelar ini dalam waktu lebih lama dibandingkan pemenang-pemenang sebelumnya. Tapi ada rasa sedih juga karena harus berpisah dengan mereka yang sudah mendampingi dan membantu aku selama dua tahun terakhir ini," lanjutnya.

Ayuma menambahkan, tadinya ia sempat berpikir tidak akan bisa menginspirasi maupun membantu orang lain kalau tidak lagi menyandang gelar Puteri Indonesia. Namun, anggapannya tidak tepat.

"Kita ternyata masih bisa menginspirasi orang lain dengan hal-hal yang positif meski tidak lagi menyandang gelar. Jadi nanti saya akan tetap berusaha membantu dan menginspirasi sebisa aku meski tidak lagi menyandang mahkota atau gelar Puteri Indonesia," tuturnya.

Ayuma menyebut tugas Puteri Indonesia bukan sekadar menjadi brand ambassador atau sebagai sosok yang memakai mahkota. Ayu menganggap siapa pun yang akan menjadi Puteri Indonesia merupakan titipan dari Tuhan. "Sebab, dia memiliki hati yang tulus untuk menginspirasi dan membuat perubahan yang terkadang diri sendiri tidak merasakannya," ucapnya. 

4 dari 4 halaman

Doa dari Orang Terdekat

Hal itu juga dirasakannya ketika kecil yang begitu terinspirasi melihat para Puteri Indonesia dari televisi. "Aku selalu melihat tayangan Puteri Indonesia setiap tahunnya, lalu rasanya kayak suatu hari nanti aku akan ada di sana. Sejak usia 5 tahun, aku terus berkata seperti itu. Aku selalu bermimpi, apakah bisa?" tuturnya.

Ayu mengingat pesan ibunya yang mengatakan setiap orang bisa sukses selama percaya dan selalu usaha. Dia menganggap jalan menuju mimpinya terlihat makin mudah karena doa dari orangtua dan orang-orang yang mencintainya.

"Mungkin jalan kehidupan aku tidak selalu mudah, tetapi selalu indah, dan selalu terasa sempurna di saat aku mensyukurinya," kata wanita berusia 25 tahun ini. Mengenai kegitannya setelah selesai menjalani tugas, Ayuma mengaku hal pertama yang akan dilakukannya adalah liburan.

"Pastinya liburan dulu untuk melepaskan penat dan rencana liburan yang sudah lama tertunda karena pandemi. Setelah itu baru menentukan langkah selanjutnya dan mana yang jadi prioritas utama," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.