Sukses

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasi Rasa Cemas dan Gelisah Berlebihan

Rasa cemas menjadi tidak wajar apabila terjadi secara berlebihan dan sulit untuk dikendalikan.

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemas adalah perasaan yang timbul dari dalam diri, ditandai dengan gugup, khawatir, atau takut. Merasa cemas atau gelisah merupakan hal yang normal. Biasanya seseorang akan merasa cemas jika dihadapkan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum presentasi di depan kelas, sebelum melakukan wawancara kerja, menunggu pengumuman hasil ujian, dan lain sebagainya. 

Namun, rasa cemas menjadi tidak wajar apabila terjadi secara berlebihan dan sulit untuk dikendalikan. Hal tersebut bisa jadi tanda dari gangguan kecemasan. Lebih baik konsultasikan langsung kepada ahli kesehatan mental untuk mendapatkan pertolongan. 

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas. Yuk disimak!

Menarik Napas Dalam

Saat menghirup napas dalam-dalam, tubuh menjadi lebih rileks dan syaraf penyebab kecemasan di otak dapat berkurang. Coba lakukan teknik pernapasan 4-7-8 untuk membantu menenangkan pikiran kamu.

Cara melakukan teknik 4–7–8: Tarik napas selama empat detik. Tahan napas selama tujuh detik, dan buang napas selama delapan detik.

Menerapkan Metode 5-4-3-2-1

Metode 54321 ini dianggap mampu membuat seseorang merasa lebih baik saat sedang merasa cemas atau panik. Teknik ini menggunakan kelima indera untuk mengembalikan “kesadaran” kamu.

Caranya adalah sebagai berikut : 

Pertama, lihatlah 5 benda di sekeliling kamu. Lalu sentuh 4 benda di sekeliling. Selanjutnya dengar 3 suara di sekitarmu.

Kemudian cium 2 bau di sekitarmu, dan yang terakhir kenali rasa di lidah. Boleh menggunakan camilan atau permen, atau yang paling mudah adalah air mineral.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokuskan Diri dengan Aktivitas Lain

Ketika cemas, pikiran jadi terganggu dan sulit fokus. Oleh karena itu kembalikan fokus kamu dengan melakukan aktivitas lain, seperti membersihkan rumah, membaca buku, atau berkumpul dengan teman.

Jangan biarkan pikiran kosong tanpa melakukan apapun. Hal tersebut justru memperparah rasa cemas.

Hindari Minuman Berkafein

Mengonsumsi minuman berkafein dalam bentuk teh atau kopi dapat memperburuk gejala kecemasan. Perlu diketahui bahwa kandungan kafein dapat meningkatkan kecemasan seseorang. Jadi, hindari untuk mengonsumsi minuman berkafein untuk sementara waktu.

3 dari 3 halaman

Rutin Berolahraga

Penelitian membuktikan bahwa olahraga yang teratur dapat mengurangi gejala depresi. Selain itu olahraga juga dapat memicu hormon endorfin, sehingga membuat seseorang bahagia dan dapat menekan stress dan rasa cemas.

Lakukan olahraga ringan selama 30 menit, seperti yoga, jogging, atau naik turun tangga.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.