Sukses

Cara Wanita Bertahan Hidup Saat Terjebak di Toilet Selama 4 Hari

Wanita Tionghoa tersebut diketahui suka menghabiskan waktu tidur sambil duduk di toilet.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Singapura baru-baru ini menyelamatkan seorang wanita Tionghoa yang terjebak di toilet kondominium selama empat hari. Wanita itu terkurung di kamar mandi setelah pegangan pintu terlepas dan usahanya untuk menarik perhatian tetangga dengan mengetuk pintu dengan keras sia-sia.

Mengutip dari South China Morning Post, Selasa (3/1/2022), sepupu wanita itu menelepon polisi yang menemukannya di kamar kecil tempat dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur sambil duduk di toilet. Sebelumnya, untuk beberapa waktu, seorang wanita mengetahui bahwa gagang pintu kamar mandinya rusak tetapi tidak diperbaiki.

Tetapi suatu sore ketika dia pergi mandi, pegangannya jatuh, membuatnya terjebak di sana selama empat hari. Tidak ada yang tinggal bersamanya di apartemen dua lantai di kondominium Nottinghill Suites di sepanjang Toh Tuck Road dekat kawasan Upper Bukit Timah di Singapura.

Dia tidak membawa ponselnya di kamar mandi, yang terletak di tingkat atas apartemen. Wanita berusia 31 tahun yang hanya menyebut namanya Yang, mencoba segala cara hingga melemparkan bahan kimia korosif ke pintu kayu padat dengan harapan dia bisa keluar atau seseorang akan mendengar suara itu tapi sia-sia.

Yang berkata selama terjebak empat hari di toilet dia tidak pernah putus asa karena dia yakin orangtuanya yang tinggal di China, akan menemukan cara untuk menyelamatkannya. Yang menolak untuk mengatakan apa profesinya, ia warga negara naturalisasi yang datang dari Tiongkok 13 tahun lalu dan telah tinggal di apartemen kondominium selama setahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Bijak Sang Ayah

Dia berkata bahwa tetap berhubungan dengan orangtuanya setiap hari melalui telepon dan yakin bahwa mereka akan merasakan sesuatu yang salah jika mereka tidak mendengar kabar darinya. Tentang bagaimana mengatasi kepanikannya, dia berkata sempat ingat beberapa kata bijak dari ayahnya dan apa yang dikatakan tidak hanya membuatnya tenang, tetapi juga menepis pikiran tentang kematian.

"Dia mengatakan kepada saya sebelumnya bahwa manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan selama tiga hari, tetapi tidak (tanpa) air. Saya menghitung. Ada air (di kamar mandi) dan pertukaran udara. Berdasarkan berat badan saya, saya bisa bertahan beberapa hari," kenangnya.

Yang menggambarkan dirinya sedikit kelebihan berat badan. Kepercayaannya pada orangtuanya membuahkan hasil ketika dia akhirnya diselamatkan pada malam tanggal 27 November oleh polisi, yang diberitahukan oleh sepupunya yang tinggal di Singapura. Orangtua Yang telah menghubungi sepupunya untuk memeriksanya.

Menengok ke belakang, Yang mengatakan bahwa kejadian itu sebenarnya bisa dicegah, karena dia sudah mengetahui sejak lama bahwa pegangan pintu kamar mandi di apartemen berusia delapan tahun itu kendor. Namun, karena masih berfungsi setidaknya sampai sore dia merasa tidak perlu memperbaiki pegangannya.

"Saya melihat bahwa itu masih bisa digunakan dan karena saya sibuk, saya ingin menghindari masalah untuk memperbaikinya,” katanya.

3 dari 4 halaman

Usaha Minta Pertolongan

Pada hari-hari dia terjebak di kamar mandi, Yang mencoba mencari cara untuk keluar dari sana. Pertama, dia mencoba mengetuk pintu dengan keras, berharap suara itu akan menarik perhatian seseorang. Ketika itu gagal, dia menggunakan pegangan pintu besi yang jatuh di sisi pintu kamar mandinya untuk memukul kusen pintu pada hari kedua.

Dia juga mencoba menggunakan bahan kimia pembersih pipa di pintu karena menurutnya efek korosifnya akan memudahkan usahanya. "Saya mulai menghancurkan pintu pagi-pagi sekali, berharap seseorang dapat melaporkan saya,” kata Yang. 

Selama hari ketiga dan keempat, dia kembali mencoba membuat keributan dengan menggedor-gedor barang. Dia melakukannya dua kali, ketika dia mendengar seorang pekerja pengiriman tiba di depan pintunya pada hari ketiga dan keempat lalu ketika dia mengira dia mendengar suara dari televisi tetangga pada malam ketiga.

Ketika ditanya apakah dia kecewa karena usahanya sia-sia, Yang menjawab tidak. "Saya tidak pernah menaruh banyak harapan pada mereka. Saya bahkan tidak tahu apakah orang bisa mendengar (kebisingan yang saya buat) atau tidak. Saya hanya mengambil kesempatan kapan pun saya bisa dan mencoba keberuntungan saya.

"Namun, dia mengaku tidak mencoba berteriak minta tolong. Toilet saya tidak memiliki jendela. Saya merasa bahwa berteriak minta tolong akan sangat aneh," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Sepupu Lapor Polisi

Saat dia tidak mencoba menggedor pintu atau mencoba menarik perhatian seseorang, Yang mengatakan bahwa dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur sambil duduk di toilet. Jam bangun, katanya, dihabiskan untuk menjaga pikirannya tetap aktif.

Namun, tidak sekali pun Yang merasa lapar, pikiran terpenting yang ia miliki adalah keluar. Yang mengatakan bahwa dia akhirnya diselamatkan oleh polisi menjelang tengah malam pada 27 November 2022. 

Sersan Staf Senior Ibnu Musalli dan Sersan Miqdad Fisall, yang memberi tahu tentang kasusnya di halaman Facebook Kepolisian Singapura, mengatakan bahwa mereka menerima telepon dari kerabat Yang pada 27 November karena dia khawatir tidak dapat menghubunginya lewat dari empat hari.

Kerabatnya yaitu sepupunya bahkan pergi ke apartemennya untuk memeriksanya, tetapi tidak mendapat jawaban. Ponsel Yang juga dimatikan, kata petugas di postingan Facebook. Unggahan itu adalah bagian dari seri editorial oleh polisi yang disebut "My Duty My Calling".

Sersan Staf Senior Ibnu berkata, "Naluri dan pengalaman kami memberi tahu bahwa dia mungkin masih berada di unitnya tetapi dalam kondisi di mana dia tidak dapat merespons." Naluri mereka terkonfirmasi ketika mereka mendengar suara ketukan samar yang datang dari sisi lain tembok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.