Sukses

Pahatan Wajah Lea Michele Diduga Operasi Hilangkan Lemak di Pipi Tuai Kontroversi

Lea Michele diduga menjalani operasi untuk menghilangkan lemak di pipi yang dikenal buccal fat removal .

Liputan6.com, Jakarta - Lea Muchele sempat jadi trending di Twitter minggu ini, lantaran penampilan baru wajahnya yang seperti dipahat. Ia diduga melakukan prosedur operasi plastik buccal fat removal atau pengangkatan lemak bukal.

Dikutip dari New York Post, Senin (19/12/2022), hal itu bermula dari unggahan bintang "Funny Girl" dengan pose selfie seksi yang membandingkan dirinya dengan Lucia, gadis pekerja Sisilia yang cantik di "The White Lotus." Tapi lini masa dengan cepat menyadari pahatan wajah yang tampak berubah seperti telah melakukan pengangkatan lemak bukal.

Diketahui prosedur kosmetik ini melibatkan pembedahan untuk menghilangkan lemak di antara tulang pipi dan tulang rahang, melalui sayatan di dalam mulut, untuk menonjolkan struktur tulang wajah seseorang. Orang-orang telah melakukannya selama beberapa dekade, tetapi operasi rawat jalan yang relatif sederhana saat ini sedang populer di kalangan selebritis muda dan di TikTok, di mana tagar buccalfatremoval memiliki lebih dari 125,5 juta tampilan.

"Selama setahun terakhir telah terjadi peningkatan yang signifikan pada orang yang memintanya,” sebut Dr. Edward Chamata, seorang ahli bedah plastik bersertifikat di Texas, mengatakan kepada The Post.

Bagian dari daya tariknya adalah kemudahan prosedur yang relatif yaitu paling lama satu jam dan dapat dilakukan dengan anestesi lokal dan biayanya 2 ribu dolar AS hingga 5.999 dolar AS atau sekitar Rp93,6 juta. "Ini juga dapat dengan mudah ditambahkan ke prosedur operasi plastik apa pun, yang bermanfaat bagi banyak orang,” kata Chamata. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sedang Tren

Sementara itu, ahli bedah plastik Dr. Ira Savetsky, penulis studi tahun 2021 “Peran Bantalan Lemak Bukal dalam Bedah Estetika Wajah,” mengatakan kepada Daily Beast bahwa TikTok juga memicu minat pada prosedur tersebut. "Alasan mengapa pengangkatan bantalan lemak bukal sangat populer adalah karena garis rahang menjadi sangat populer. Semua orang menginginkan garis rahang yang dipotong, itulah yang dikatakan akhir-akhir ini,” katanya kepada outlet.

Di TikTok, ada desas-desus yang dilakukan oleh selebriti cantik dengan tulang pipi yang dipotong seperti Sophie Turner, Bella Hadid, Zoe Kravitz, dan Dove Cameron, meskipun itu hanya spekulasi. Perwakilan Lea Michele tidak menanggapi permintaan komentar untuk cerita ini. 

Adapun penulis dan model buku masak yang rawan skandal, Chrissy Teigen, telah berterus terang tentang ia yang melakukan operasi pelangsingan wajah. "Saya melakukan hal penghilangan lemak bukal Dr. Diamond di sini,” kata Teigen di Instagram pada tahun 2021.

"Dan sejak saya berhenti minum. Saya benar-benar melihat hasilnya, dan saya menyukainya… tidak perlu malu," ia menambahkan. 

3 dari 4 halaman

Prosedur Kontroversial

Tetapi prosedurnya juga kontroversial, dengan beberapa peringatan bahwa bintang muda akan menyesal karena lemak bayi mereka dihisap di tahun-tahun berikutnya. "Menghilangkan lemak di wajah dapat membuat orang cepat menua,” kata Dr. Stafford Broumand, seorang ahli bedah plastik bersertifikat yang berbasis di New York City, kepada The Post.

“(Seiring bertambahnya usia) Anda mengalami kekenduran kulit, Anda mengalami pengempisan dan perubahan kualitas kolagen kulit, serta kulit kendur dan hilangnya volume," jelasnya.

Dan, tulang pipi yang berongga tidak selalu cocok untuk semua orang. "Tren penghilangan lemak bukal yang merajalela di Hollywood saat ini sangat gila bagi saya,” kata TikToker Olivia Layne kepada The Post. "Wajah bayi sangat cantik, saya tidak mengerti mengapa para gadis Hollywood berusaha menyingkirkannya,".

Broumand mendesak siapa pun yang bertekad untuk menjalani operasi plastik untuk memastikan dokter mereka memiliki cita-cita kecantikan yang sama, dan tentu saja, seorang ahli bedah plastik bersertifikat. "Saya tidak bisa cukup menekankan bahwa yang terbaik adalah pergi ke seseorang yang bersertifikat dewan dalam operasi plastik,” sarannya. “Dapatkan seseorang yang memenuhi syarat untuk membicarakannya dengan Anda, (serta) seseorang yang selaras dengan estetika (Anda).”

 

 

 

4 dari 4 halaman

Operasi Plastik Bintang Korea

Sementara itu, untuk setiap aspek dalam industri Kpop sangat mendapatkan perhatian tidak terkecuali tampilan visual para idol. Visual dapat disebut sebagai salah satu faktor terpenting karena memalui visual yang menawan ini para penggemar hadir dan mulai menyukai industri Kpop.

Mengutip dari kanal Citizen6 Liputan6.com, 8 Desember 2022, prosedur operasi plastik bagi bintang Korea tampak lumrah dilakukan. Salah satunya anggota Super Junior Heechul yang sedang menjalani tugas wajib militernya sebagai petugas pelayanan publik mengaku terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang membuatnya harus memperbaiki hidungnya.

Setelah menjalani operasi, ia mendapati hidungnya lebih datar dari sebelumnya. Untuk memperbaikinya, Heechul memutuskan untuk menjalani operasi hidung guna mendapatkan kembali bentuk aslinya. Selain itu anggota DIA Jung Chaeyeon mengungkapkan melakukan operasi plastik.

Selama penampilan tamunya di program variety MBC Video Star pada 2016, para pembawa acara bertanya apakah dia melakukan operasi kelopak mata ganda. Jung Chaeyeon membantah hal ini dan mengungkapkan bahwa dia hanya melakukan operasi hidung. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.