Sukses

Bos Royal, Traktir Tiket Masuk Disney World dan Undang Coldplay untuk Hibur Ribuan Karyawan

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Ken Griffin mengajak para karyawan Citadel and Citadel Securities, yaitu hedge fund dan bisnis perdagangan yang didirikannya, untuk berekreasi di Disney World Florida. Ia membayari sekitar 10 ribu staf dan keluarga mereka untuk berlibur di taman hiburan itu selama tiga hari dari kantong pribadinya.

Mengutip dari New York Post, Kamis (8/12/2022), juru bicara Citadel, Zia Ahmed mengatakan, sang miliarder ikut membayar tiket pesawat dari New York, Houston, Paris, Zurich, dan kota-kota lain. Bahkan, ia juga membayar hotel, tiket masuk Disney World, dan makanan mulai dari daging domba hingga sushi dan paella.

"Tahun ini akan menjadi rekor bagi Citadel dan Citadel Securities," kata Ahmed.

Berita perayaan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Insider. Coldplay, band rock Inggris yang sangat disukai Griffin juga mengisi acara konser bersama penyanyi Carly Rae Jepsen dan DJ Diplo. 

Perusahaan yang mengelola aset 59 miliar dolar AS itu memberi tahu investor bahwa dana andalannya di Wellington kembali sekitar 32 persen hingga akhir November 2022. Jumlah itu sangat kontras dengan sebagian besar transaksi di Wall Street dan ekonomi pada umumnya. Inilah alasan Ken Griffin membawa karyawannya ke Disney World.

Citadel Global Fixed Income Fund naik 28,1 persen untuk tahun ini, sementara Citadel Tactical Trading naik 22,4 persen dan Citadel Equities Fund naik 17,8 persen, kata seorang investor. Rata-rata nilai dana perlindungan telah kehilangan empat persen dan indeks saham acuan S&P 500 telah anjlok 16 persen tahun ini karena Federal Reserve bergelut dengan inflasi tinggi dan potensi resesi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Melewati Masa Sulit

Di sisi lain, kebanyakan perusahaan di Wall Street sedang mempersiapkan masa-masa sulit dengan memotong pekerjaan dan bonus. Banyak orang Amerika juga berjuang dengan kenaikan harga makanan, bensin, dan biaya sewa.

Setelah krisis keuangan 2008, firma-firma Wall Street dikritik karena terkadang menghindar dari pertemuan mewah atau mengadakannya secara pribadi. Untuk Griffin yang berusia 54 tahun, dengan kekayaan bersih pribadinya diperkirakan mencapai 32 miliar dolar AS, perayaan tersebut menandai peringatan 20 tahun Citadel Securities dan peringatan 32 tahun.

Rencana selebrasi itu awalnya diadakan 2020 lalu, tapi batal karena pandemi. Staf dari Asia akan mengadakan perayaan terpisah tahun depan.

"Masa depan yang luar biasa di depan dan saya menantikan bab bak yang belum ditulis. Kami telah membangun tim yang paling luar biasa tidak hanya dalam sejarah kami, tetapi juga dalam sejarah keuangan," kata Griffin kepada orang banyak, mengutip dari juru bicara. 

Citadel telah lama membanggakan pengembalian investasi yang luar biasa. Tetapi, keuntungan investasi tahun ini sangat penting karena bertepatan dengan kerugian dua digit di dana lindung nilai besar lainnya, termasuk Tiger Global Management.

Pengembalian Citadel juga mengungguli para pesaingnya, seperti Dana Komposit DE Shaw, yang naik 24 persen untuk tahun ini, dan Millennium International, yang naik 10,2 persen. Perwakilan dari perusahaan-perusahaan itu tidak berkomentar.

Selama lima tahun terakhir, Citadel's Wellington mengembalikan dana sebanyak 172,2 persen. Menurut seorang investor, mengalahkan pengembalian S&P 500 sebesar 68,4 persen dan rata-rata pengembalian 25 persen yang dibukukan oleh dana lindung nilai.

 

3 dari 4 halaman

Pengembalian Investasi

Florida, negara bagian tempat Griffin dilahirkan, menjadi sangat penting bagi bisnisnya. Dia mengumumkan rencana untuk merelokasi markas dana lindung nilai dan perusahaan perdagangan ke Miami dari Chicago setelah lama mengkritik pajak kota terakhir dan tingkat kejahatan.

Selama pandemi, Griffin telah memindahkan beberapa operasi ke Florida dengan menyewakan hotel mewah Four Seasons di Palm Beach untuk kelangsungan bisnis guna memastikan bahwa sekelompok pedagang berada dalam gelembung mereka sendiri untuk memproses perdagangan dan menyediakan likuiditas bagi klien ritel dan institusional.

Selama hidupnya, Griffin telah menyumbangkan lebih dari 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23,4 triliun untuk kegiatan seni, pendidikan, dan medis. Lebih dekat ke rumah, investor ingin menraktir karyawan dan 2.500 anak mereka di akhir pekan dengan Mickey Mouse sebagai bentuk "terima kasih" karena telah mengubah Citadel menjadi 'pembangkit tenaga listrik' Wall Street.

Coldplay memainkan serangkaian hit rock, termasuk lagu kebangsaan yang mengabadikan adegan itu. "Ini bisa jadi para-para-paradise," band itu bernyanyi.

 

4 dari 4 halaman

Beda Disney World dan Disney Land

Bicara mengenai taman hiburan, tak lengkap rasanya jika tak menyertakan Disneyland dan Disney World dalam daftar wisata. Keduanya telah lama jadi destinasi incaran dan favorit para wisatawan dari seantero jagat.

Dilansir dari Travel and Leisure, Senin, 17 Januari 2022, terdapat beberapa perbedaan antara Disneyland dan Disney World. Apabila ingin mengulik sejarah dan nostalgia, Disneyland adalah pilihan yang tepat.

Taman hiburan Walt Disney ini dibuka pada 17 Juli 1955 silam. Kala itu, Disneyland hanya memiliki beberapa area, seperti Main Street, Fantasyland, Adventureland, Frontierland, dan Tomorrowland. Meski Walt Disney terlibat dalam gagasan Disney World di Orlando, Florida, animator Amerika Serikat ini meninggal lima tahun sebelum pembukaannya pada 1971. Lantas, apa saja perbedaan kedua taman hiburan ini?

Disneyland terletak di Anaheim, California, sekitar satu jam perjalanan di luar kota Los Angeles. Bandara terdekat ke taman adalah Bandara John Wayne Orange County (SNA). tetapi, tamu dapat menemukan lebih banyak rute langsung dan opsi penerbangan dengan terbang masuk dan keluar dari Bandara Internasional Los Angeles (LAX) yang lebih besar.

Disney World terletak di Orlando, Florida. Bandara Internasional Orlando (MCO) merupakan bandara terdekat ke taman. Namun, masih cukup mudah untuk mencapai Walt Disney World melalui bandara Sanford (SFB) atau Tampa (TPA) juga.

Kedua taman sangat berbeda dari segi ukuran. Disney World mencakup tanah seluas 43 mil persegi dan Disneyland hanya 500 hektare yang memiliki dua taman berbeda, yakni Disney California Adventure Park dan Disneyland Park.

Disney World memiliki empat taman utama, yakmi Magic Kingdom, Epcot, Disney's Hollywood Studios, dan Disney's Animal Kingdom. Meski sangat mungkin untuk melihat semua atraksi utama di Disneyland dalam satu atau dua hari, wisatawan perlu hampir seminggu untuk melihat semuanya di Disney World.

Dalam hal biaya, Disneyland dan Disney World sama-sama menggunakan harga dinamis untuk tiket taman hiburan, yakni harga tiket bervariasi tergantung pada musim, hari dalam seminggu, dan faktor lainnya. Tiket masuk kedua taman hiburan itu terbilang cukup mahal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS