Sukses

Jadi Sosok Pemimpin dan Perempuan Tangguh ala Wali Kota Bandar Lampung

Liputan6.com, Jakarta Di masa sekarang peran perempuan semakin besar dan luas. Tak lagi hanya berurusan dengan dapur dan mengurus keluarga di rumah, tetapi juga dapat berkontribusi bagi masyarakat luas serta kemajuan sebuah daerah.

Semakin banyak perempuan-perempuan hebat dan tangguh yang mendapat amanah untuk memimpin perubahan di daerah. Salah satunya adalah Hj. Eva Dwiana, SE yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Bandar Lampung periode 2021-2024.

Dalam perhelatan Fimela Fest 2022 yang berlangsung para 12-13 November 2022 itu di Mall Gandaria City, Jakarta, Bunda Eva - sapaan akrab sang Wali Kota - berbagi inspirasi menjadi seorang pemimpin perempuan yang tangguh dan membawa perubahan bagi kota Bandar Lampung.

Di mata Bunda Eva, perempuan tangguh itu adalah perempuan yang ikhlas karena pengorbanan perempuan itu luar biasa.

"Harus ikhlas, karena perempuan ini pengorbanannya luar biasa. Kita dari rumah harus melakukan pekerjaan rumah, tapi di luar rumah kita harus menjadi pimpinan yang tangguh untuk masyarakat kota Bandar Lampung dan semua yang ada di daerah sebagai pimpinan daerah," ujar Bunda Eva saat sesi Women Talk: Build Future-Ready Woman Generation bersama Nicky Clara, Disability Womenpreneur.

Menurutnya, segala hal yang dilakukan semuanya harus didasari keikhlasan. "Sepahit apapun, kita harus ikhlas karena Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita. Kalau bukan sekarang, besok, lusa atau ke depan pasti ada kebaikan untuk kita," ungkapnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Program Umroh, Layanan Kesehatan dan Sekolah Gratis

Sebagai Wali Kota Bandar Lampung, Bunda Eva senantiasa berupaya memberikan layanan yang terbaik, bukan hanya layanan kesehatan gratis, tapi juga program umroh hingga pendidikan gratis.

"Kota Bandar Lampung punya program umroh gratis," kata Bunda Eva.

Program itu ditujukan untuk masyarakat yang memang tidak mampu baik, dari kondisinya, segi pekerjaan maupun karena keterbatasan fisik dan disabilitas.

"Kita juga menyekolahkan mereka yang ingin ke jenjang yang lebih tinggi. Dari lahir sampai tua semuanya diurusin," ujar sosok yang meraih nominasi Fimela Awards 2022 dalam kategori Influential Women in Local Government of The Year.

Bagi mereka yang tidak mampu, pemkot juga memberikan santunan uang duka. "Kalau yang meninggal dapat uang duka namanya. Uang duka ini kita berikan Rp 1,5 juta bagi yang tidak mampu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Berikan Pinjaman Tanpa Bunga ke UMKM  

Untuk mendukung para UKM dan UMKM, Pemkot juga menggelontorkan pinjaman tanpa bunga. Angkanya tak kecil, antara 25-50 juta rupiah.

"Masa pandemi hampir 2 tahun, UMKM Kota Bandar Lampung hampir 50% gak bisa bergerak. Tapi Pemerintah Kota Bandar Lampung memberikan pinjaman tanpa bunga bagi UKM dan UMKM sebesar Rp25-50 juta. Mereka (UMKM) yang kecil-kecil bisa berkembang kembali," jelas Bunda Eva.

Pemkot pun terus memberdayakan sektor UKM, salah satunya Sentra UKM dan Taman Soekarno yang berisi 800 UKM.

Di akhir sesi talkshow, Bunda Eva juga memberikan pesan kepada perempuan lain untuk selalu melakukan yang terbaik. "Lakukan yang terbaik karena diri kita bukan hanya untuk kita, ada keluarga kita dan juga ada orang-orang di sekeliling kita. Kalau kita melakukan yang terbaik, Insya Allah semua akan terdampak apa yang kita lakukan," pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.