Sukses

Sosok Bang Ye Dam dan Mashiho yang Keluar dari Treasure

Liputan6.com, Jakarta - YG Entertainment mengumumkan bahwa Bang Ye Dam dan Mashiho keluar dari boyband Treasure. Dengan hengkangnya dua personel tersebut, Treasure akan melanjutkan karir dengan 10 anggota ke depannya.

Melansir Allkpop, keluarnya Yedam dan Mashiho diumumkan pada Selasa (8/11/2022). "Halo, ini YG Entertainment. Pertama, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada TREASURE MAKER atas cinta yang telah mereka tunjukkan kepada TREASURE, dan kedua, kami ingin memberitahu Anda tentang rencana promosi TREASURE di masa mendatang," begitu ungkap mereka.

"Mulai hari ini, TREASURE akan berkumpul kembali sebagai 10 anggota dengan Hyunsuk, Jihoon, Yoshi, Junkyu, Jaehyuk, Asahi, Doyoung, Haruto, Jeongwoo, dan Junghwan. Setelah diskusi panjang dan serius, anggota Mashiho dan Bang Ye Dam telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusif mereka," lanjutnya.

Dalam isi pernyataan tersebut, YG Entertainment juga menjelaskan alasan Mashiho dan Bang Ye Dam tak lagi bergabung dengan Treasure. "Mashiho membutuhkan pemulihan yang memadai karena kondisi kesehatannya, dan dalam kasus Bang Ye Dam, keputusan ini diambil untuk memberikan lingkungan yang tepat baginya untuk tumbuh sebagai produser dengan karakteristik yang berbeda dan unik," terang YG.

Sebelumnya Mashiho dan Bang Ye Dam telah hiatus dari kegiatan grup mereka bersama Treasure  sejak Mei 2022 ini. Sekitar enam bulan kemudian, keduanya telah mengonfirmasi kepergian mereka dari grup.

Lantas siapa sebenarnya Bang Ye Dam dan Mashiho TREASURE? Berikut sosok keduanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bang Ye Dam alias Yedam

Bang Ye Dam atau yang juga dikenal dengan nama Yedam, lahir di Seoul, Korea Selatan, 7 Mei 2002.  Lahir di keluarga dengan latar belakang musik, bakat bernyanyi Yedam sudah terlihat sejak masih kecil. Saat berusia 5 tahun, ia turut menyumbangkan suaranya untuk lagu pembuka serial televisi Bboong bboong-E dan anime Onegai! Samia-don versi dubbing Korea.

Ia kemudian mengikuti K-pop Star Season 2 dan berhasil keluar sebagai runner up di usia 11 tahun. Yedam kemudian menandatangani kontrak dengan YG Entertainment pada 2013.

Pada 2017, penampilan Yedam di program Stray Kids membawakan lagu "There's Nothing Holdin' Me Back" milik Shawn Mendes sukses menuai perhatian publik. Video penampilannya saat itu menempati peringkat 1 di chart Naver TV top 100 dan mencapai 3 juta tayangan dalam waktu 24 jam di YouTube.

Setelah lima tahun menjadi trainee, Bang Ye Dam berpartisipasi sebagai kontestan "Team A" di program survival YG Treasure Box. Sukses menempati peringkat pertama dalam vocal team, ia terpilih menjadi bagian dari line up akhir boy group Treasure. Sebelum debut bersama Treasure Yedam melangsungkan debut solo terlebih dulu lewat single berjudul "Wayo" pada 5 Juni 2020.

Treasure akhirnya resmi debut pada 7 Agustus 2020 dengan merilis single album bertajuk The First Step: Chapter One. Mereka sukses menyandang julukan "Million Seller" dalam kurun waktu lima bulan sejak debutnya.

3 dari 4 halaman

Membuat Lagu

Yedam bersama Treasure telah merilis satu album dan tiga single album. Mereka juga aktif membuat beragam konten untuk menghibur penggemarnya yang akrab disapa Teume, mulai dari variety show sampai web drama.

Sosok Yedam yang serbabisa membuat dirinya mendapat julukan "God Yedam". Ia punya bakat bernyanyi, rap, dance, dan menciptakan lagu. Sebelum debut, ia sudah berpartisipasi dalam menggarap lebih dari 20 lagu.

Di salah satu episode YG Treasure Box, ia bisa menghafal koreografi dari lagu "DNA" milik BTS dalam waktu 30 menit. Bekerja keras sejak kecil untuk menggapai mimpinya, Yedam menjadi trainee selama tujuh tahun hingga akhirnya debut solo dan sebagai member Treasure.

2. Mashiho

Sebelum resmi debut, Mashiho bahkan sudah memiliki cukup banyak penggemar, terlebih lagi ia juga salah satu idol yang multitalenta. Dalam grup, ia mendapat posisi sebagai vokalis dan dancer. Pemilik nama lengkap Takata Mashiho ini lahir pada 25 Maret 2001 di Prefektur Mie, Kinki, Jepang.

Sebelum resmi debut, Mashiho pernah muncul dalam film pendek musikal AKMU yang berjudul Spring of Winter. Pada November 2018 dia kemudian diumumkan menjadi salah satu dari 29 trainee, yang berpartisipasi dalam acara survival YG Treasure Box. Dalam acara yang memiliki 10 episode ini, ia berhasil masuk dalam line-up debut sebagai member Treasure.

Pada Januari 2020, Mashiho diperkenalkan kembali melalui perilisan gambar mingguan, serta video penampilan single "Going Crazy", reality show Treasure Map dan T.M.I. Menjelang debut Treasure tercatat sebagai grup KPop tercepat yang masuk dalam tangga lagu Billboard Social 50 di nomor 40 pada 27 Mei dan nomor 12 pada 4 Agustus 2020.

4 dari 4 halaman

Bisa Memasak dan Backflip

Debut resmi Mashiho bersama Treasure ditandai dengan dirilisnya album berjudul 'The First Step: Chapter One', dengan lagu utama berjudul "Boy" pada 7 Agustus 2020. Mereka berhasil melampaui 170.000 pre-order dalam beberapa hari sejak pengumuman menjelang perilisan album fisik pada 13 Agustus 2020.

Pada Oktober 2021, Mashiho dan member lainnya membintangi web drama bertema horor, yang berjudul The Mysterious Class. Web drama ini tayang pada 12 November 2021, dengan memiliki delapan episode.  Selain musik, Mashiho dikenal pandai di semua permainan yang melibatkan bola, khususnya basket. Hobinya juga cukup unik, yaitu main golf, memasak, dan mendekorasi ruangan.

Makanan favoritnya ialah sushi dan daging. Diakui oleh para rekan segrupnya bahwa Mashiho adalah member dengan tubuh paling lentur. Saat YG Treasure Box, Mashiho sangat terkenal karena mampu melakukan backflip, yaitu gerakan salto ke belakang. Tak salah bila dirinya bisa dengan cepat mempelajari koreografi di antara 11 member Treasure lainnya.

Mashiho hiatus dari kegiatan Treasure per akhir Mei 2022 karena alasan kesehatan dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya. Dia diketahui kini berada di Jepang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS