Sukses

Erina Gudono Unggah Foto Orasi Ilmiah, Kaesang Pangarep: Calon Bojoku

Pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep direncanakan akan digelar di Yogyakarta pada Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Erina Gudono masih sibuk dengan kegiatannya di bidang pendidikan jelang hari pernikahan yang bakal digelar Desember 2022. Putri Indonesia DIY 2022 itu menjadi moderator dalam acara Orasi Ilmiah bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan CEO  Freeport-McMoran, Richard Adkerson, pada 4 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, ia tampil mengenakan gaun batik selutut warna kebiruan. Penampilannya ayu dengan rambut digerai. Fotonya saat bertugas di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu baru diunggahnya ke media sosial pada Minggu, 16 Oktober 2022. 

Yang menarik perhatian adalah saat Kaesang Pangarep membubuhkan komentar. "Calon bojoku," tulisnya.

Komentar tersebut sontak menarik perhatian warganet lain. Banyak yang mendukung keputusannya menjadikan Erina sebagai calon istri. Mereka mendoakan agar keduanya tetap sehat dan bisa menjalani rangkaian acara dengan lancar nantinya.

"sang pisang bucin pangarep," salah satu warganet menuliskan. "sipaling pamer," imbuh yang lain.

Tak berapa lama, Kaesang kembali meninggalkan komentar di unggahan tersebut. Tidak ada kata-kata hanya tiga emotikon hati berwarna merah. Komentar itu dibalas Erina sekitar 11 jam kemudian dengan memberi tiga emotikon hati yang sama.

Sampai saat ini, tanggal pernikahan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum diumumkan. Namun, Jokowi pada Minggu, 16 Oktober 2022, menyempatkan hadir menginspeksi bakal lokasi akad nikah Erina dan Kaesang di Pendopo Agung Ambarrukmo yang berada di kawasan Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didampingi Erina

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, saat Jokowi memasuki hotel, calon menantu Erina Gudono tampak ikut dengan rombongan masuk ke hotel melalui pintu barat. Tak lama, Jokowi dan rombongan keluar dan menuju mobil kepresidenan.

Menurut General Manager Royal Ambarrukmo Hotel Herman Courbois, kedatangan Jokowi bermaksud melihat alternatif tempat yang rencananya digunakan untuk rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina. "Presiden hanya melihat bagian depannya saja," jelasnya.

Dikutip dari laman resmi Royal Ambarrukmo, sebagai bekas Kediaman Istana Kerajaan dan saksi era hari kemerdekaan Indonesia, Royal Ambarrukmo Yogyakarta adalah hotel warisan. Hotel ini menampilkan koleksi luar biasa karya arsitektur Jawa otentik dari abad ke-18 dan karya seni dari 1964-an dan semuanya terpelihara dengan baik di kompleks hotel hingga kini.

Menurut Pusat Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, kompleks Kedhaton Ambarrukmo terdiri dari tujuh kawasan, yakni Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan dan Alun-Alun. Kedhaton Ambarrukmo dibangun berdasarkan tradisi Jawa yang kuat.

Setiap bagian dari keseluruhan kompleks memiliki fungsi yang berbeda dan menyampaikan makna filosofis tertentu dan juga doa-doa yang mewakili nilai-nilai agama, kepercayaan, dan norma budaya Jawa. Pendopo Agung adalah bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan Raja kepada seluruh rakyatnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan Dilakukan

Dalam kesempatan berbeda, Erina mengaku menjalani hal-hal seperti biasa menjelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep. 

"Biasa saja, masih jalanin aja, yang penting semua lancar, sehat," ujarya seusai menghadiri pertemuan silaturahmi warga RT 03 RW 58 dan 59 Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu, 15 Oktober 2022.

Ia juga mengaku tidak ada permintaan khusus dari Kaesang menjelang pernikahannya. Soal persiapan khusus, ia lebih banyak berkomunikasi dengan keluarga dan lingkungan warga tempat tinggalnya.

"Sisanya mas Kaesang," ucapnya.

Erina merupakan warga Sleman. Anak ketiga dari empat bersaudara ini berdomisili di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Sebelumnya, warga RT 03 RW 58 dan 59 Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, menggelar pertemuan untuk kedatangan Presiden Jokowi ke kampung mereka, Sabtu malam. Kedatangan Jokowi itu berkaitan dengan rencana pernikahan Kaesang dan Erina. Menurut Muhaimin, paman Erina, sejumlah persiapan awal sudah dilakukan untuk pernikahan Kaesang dan Erina tersebut.

Erina diketahui sangat menyukai budaya Jawa dan dapat dengan fasih menulis membaca aksara jawa. Ia berkeingin untuk melanjutkan kegiatan sosialnya yang telah dilakukan selama delapan tahun dalam mendukung pendidikan dan membuat sekolah untuk anak-anak marjinal di Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Sosok Erina

Erina Gudono lahir pada 11 Desember 1996 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia pernah menempuh pendidikan di Manajemen Keuangan Universitas Gadjah Mada sebelum akhirnya lanjut mengambil gelar S2 di Columbia University untuk studi Master of Public Administration.

Erina juga pernah mengambil kursus pendek musim panas di The Chinese University of Hong Kong dalam bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi kemudian mengikuti program pertukaran ke Showa Women's University of Japan.

Ia tercatat jadi juara 1 AIESEC Social Initiative Competition, juara 1 National Business Plan Competition, dan peraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award.

Erina memulai karier secara profesional pada 2020 di Bank Indonesia sebagai Project at Payment System Policy Department dan Assistant Manager Apprenticeship. Kemudian, ia berlanjut di bank investasi internasional, JP Morgan, sebagai Asia Analyst dan menjadi satu-satunya lulusan universitas dalam negeri di angkatannya.

Erina sempat mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam ajang Puteri Indonesia 2022. Dalam kontes kecantikan tersebut, Erina Gudono berhasil menembus 11 besar.

Bahkan, ia sempat bertemu Presiden Jokowi saat menjalani masa karantina. Selain menjadi 11 besar Puteri Indonesia, Erina telah mengukir segudang prestasi, termasuk menjadi delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation, juara 1 Business Project Competition di Tokyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.