Sukses

Meriahkan Konser BTS Gratis, Busan Akan Nyalakan Lampu Ungu di Penjuru Kota

Liputan6.com, Jakarta - Oktober menjadi bulan yang dinantikan para penggemar BTS. Mereka tak sabar menantikan konser gratis yang bakal digelar di Busan, Korea Selatan, pada 15 Oktober 2022. Untuk menyambut momen penting bagi para ARMY, pemerintah daerah menyiapkan gimmick spesial.

"Kota pelabuhan selatan Busan akan dihiasi dengan lampu ungu, warna khas supergrup K-pop BTS sebelum dan sesudah konser satu hari di sana bulan depan," ujar penyelenggara dikutip dari The Korean Times, Kamis (29/9/2022).

Hybe, perusahaan yang menaungi BTS, mengatakan di Weverse bahwa mereka akan menjadi tuan rumah proyek "The City" untuk merayakan "Yet To Come in Busan". Proyek "The City" itu menawarkan berbagai acara hiburan yang terkait dengan aksi K-pop di kota tempat konsernya diadakan sebelum dan sesudah pertunjukan.

Hybe pertama kali mengadakan proyek ini selama konser grup di Las Vegas pada bulan April, menyelenggarakan berbagai acara di seluruh kota AS. "The City in Busan" akan dimulai dengan pameran yang menampilkan sejarah sembilan tahun di Haeundae LCT, sebuah kompleks pencakar langit tepi laut di Busan, pada 5 Oktober 2022.

Konser digelar sebagai wujud dukungan atas rencana Busan menjadi tuan rumah World Expo 2030. Lokasi konser BTS kini ditetapkan di Stadion Utama Asiad setelah gelombang kritik meluncur deras.

Pada 7 Oktober 2022, cabang utama Lotte Department Store di Busan dan Lotte World Mall di Seoul akan membuka toko yang menjual merchandise untuk konser BTS di Busan. Lotte World Adventure Busan, sebuah taman hiburan di kota, akan diterangi dengan warna ungu dan memainkan pertunjukan laser dan kembang api dengan musik band dari 14 hingga 31 Oktober 2022.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Konser Berbiaya Rp76 Miliar

Rencananya akan ada after-party di luar ruang pada malam 15--16 Oktober 2022. Paradise Hotel Busan, Grand Josun Busan, Park Hyatt Busan, Lotte Hotel Busan dan Fairfield by Marriott Busan Songdo Beach juga akan menawarkan menu yang terinspirasi BTS dan menyiapkan spot foto bertema grup idol yang digawangi Kim Namjoon sebagai leader.

Mengutip keterangan Allkpop, Kamis, 8 September 2022, konsep yang menampilkan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook bulan depan akan memakan biaya sekitar tujuh miliar won (sekitar Rp76 miliar). Seorang pejabat dari komunitas bisnis yang berpartisipasi dalam panitia mengungkapkan, "Karena ini adalah penampilan BTS, banyak uang yang akan dihabiskan untuk peralatan panggung dan lain-lain."

"Kami harus menghabiskan sekitar tujuh miliar won, tapi tidak ada tempat (pihak) yang mau membayar. Jadi, semua orang tampak saling melempar (tanggung jawab terkait biaya)," ungkapnya.

Seorang pejabat dari Sekretariat Panitia Lelang mengatakan, "Saya tahu bahwa HYBE akan menanggung biaya acara ini dengan menerima iklan dan sponsor dari perusahaan, dan Panitia Lelang Expo tidak akan membayar."

 

3 dari 4 halaman

Banyak Sponsor

Pejabat dari Tim Perencanaan Induksi Kota Busan pun menyebut, "Karena HYBE adalah penyelenggara, pertanyaan mengenai biaya harus dijawab HYBE." Sementara itu, HYBE mengatakan pada Korea Economic Daily, "HYBE dan banyak perusahaan lain berpartisipasi sebagai sponsor resmi untuk mendukung bidding pameran." Nama-nama perusahaan yang berpartisipasi tidak diungkap.

Panitia Lelang Busan Expo memahami bahwa organisasi yang terlibat pada akhirnya akan menerima tagihan. Hal ini berarti konglomerat besar, seperti Samsung, SK, Hyundai, LG, Lotte, dan CJ, yang bekerja untuk menyelenggarakan Busan Expo, dapat mengambil bagian dalam membayar biaya sebagai sponsor acara.

Sebelumnya, banyak pihak meragukan aspek keselamatan dari konser gratis untuk mendukung Busan sebagai tuan rumah World Expo 2030 itu. Lahan bekas pabrik kaca dekat Pantai Ilgwang itu sebelumnya dipilih karena hanya lokasi itu yang mampu menampung hingga 100 ribu penonton. Namun, para fans BTS dan penduduk Busan menyebut lokasi itu yang paling tidak ideal untuk dijadikan tempat konser dengan penonton sedemikian banyak. 

Dikutip dari laman Korea Times, Kamis, 1 September 2022, berdasarkan sebuah unggahan di platform Weverse, nantinya hanya akan ada satu akses yang dibuka menuju lokasi konser BTS dari Stasiun Ilgwang di Line Donghae. Stasiun itu merupakan stasiun subway terdekat menuju tempat konser.

 

4 dari 4 halaman

Berganti Venue

Layanan subway diprediksi akan sangat padat mengingat itu menjadi satu-satunya transportasi publik yang diperkenankan di sekitar area pada saat konser digelar. Selanjutnya, penonton akan berjalan kaki 15 menit ke tempat konser yang berjarak sekitar 800 meter dari stasiun.

Bekas lokasi pabrik itu hingga saat ini dibiarkan kosong bertahun-tahun. Tidak ada fasilitas memadai untuk menggelar pertemuan besar, baik kantin mapun toilet. Itu juga memicu kekhawatiran lain dari para calon penonton. Pasalnya, pihak panitia berencana untuk mengizinkan penonton masuk sejak pukul 9 pagi untuk konser yang rencananya digelar pada pukul 6 sore untuk menghindari kemacetan saat di pintu masuk. 

Laporan menyatakan bahwa penggemar juga tidak diizinkan membawa makanan ke dalam venue. Mereka yang tiba di sana pada waktu pembukaan tidak akan dapat makan sampai konser selesai 12 jam kemudian. Area ruang berdiri menampung 50 ribu orang tetapi tidak diatur ketat sehingga menimbulkan kekhawatiran penonton mungkin jatuh dan terinjak-injak saat mencoba mendapatkan pemandangan konser yang lebih baik.

Pada 2 September 2022, HYBE mengumumkan konser gratis BTS itu akan dipindahkan ke Busan Asiad Main Stadium, yang memiliki lebih dari 53 ribu kursi, dan diharapkan bisa menampung 100 ribu penggemar yang duduk dan berdiri. Lokasi baru itu disebut memiliki titik akses dan fasilitas yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.