Sukses

Sosok Mantan ART yang Alih Profesi Jadi Fashion Stylist Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta - Asisten pribadi sekaligus fashion stylist kepercayaan Ratu Elizabeth II, Angela Kelly, menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada Senin, 19 September 2022. Kelly merupakan salah satu karyawan istana yang telah lama bekerja untuk Ratu, tepatnya sejak 1994.

Ia menjabat sebagai asisten pribadi, sekaligus penata rias dan mode senior selama lebih dari dua dekade.  Kelly tercatat mendesain jubah dan topi biru yang dikenakan Ratu Elizabeth II dalam parade Trooping the Color di Horse Guards Parade sebagai bagian dari perayaan Platinum Jubilee Ratu di London, Juni lalu.

Mengutip Town & Country Magazine, Kamis (22/9/2022), Kelly merupakan seorang perempuan asal Liverpool yang lahir pada 4 November 1957. Ia tidak memiliki pengalaman secara formal di dunia mode.

Ibunya mengajarkan cara menjahit dan membuat pakaian untuk bonekanya. Namun, Kelly telah sukses merancang beberapa penampilan Ratu Elizabeth II yang paling ikonis, termasuk busana berwarna kuning pucat yang dikenakan Ratu untuk pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 silam.

Sebelum bekerja dengan keluarga kerajaan, Kelly adalah seorang asisten rumah tangga (ART). Pada Oktober 1992, Kelly bekerja sebagai ART Duta Besar Inggris untuk Jerman, Sir Christopher Mallaby.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip mengunjungi rumah Mallaby selama kunjungan resmi kerajaan ke Jerman. Itu jadi momen perdana Ratu Elizabeth II bertemu Kelly secara langsung. Dalam pertemuan tersebut, Kelly menyebutkan bahwa ia berencana kembali ke Inggris pada Ratu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Datang ke Pemakaman

Lalu pada 1993, Kelly ditawari posisi sebagai penata rias Ratu Elizabeth II. Tiga tahun setelah bergabung jadi staf keluarga kerajaan, Kelly dipromosikan menjadi penata rias senior.  Pada 2002, Kelly diangkat jadi  asisten pribadi dan penata rias senior Ratu Elizabeth II.

Kelly akhirnya memiliki gelar resmi sebagai asisten pribadi, penasihat, dan kurator untuk Ratu Elizabeth II. Ia bertanggung jawab mengurus perhiasan, lencana, dan lemari pakaian Ratu.

Kelly bahkan jadi orang di luar anggota keluarga yang diizinkan menyentuh Ratu Elizabeth II. Pada Telegraph, Kelly menyatakan bahwa mereka sering berdiskusi seputar pakaian, makeup, dan perhiasan.

Meski Kelly hanya seorang pegawai kerajaan, banyak yang melaporkan bahwa hubungan keduanya telah berkembang jadi sebuah persahabatan yang erat. Saat hari pemakaman Ratu, Kelly terlihat di antara sosok-sosok terkenal lain yang turut memberi penghormatan pada mendiang Ratu Elizabeth II.

Mengutip People, Kelly tampak mengenakan busana hitam dengan medali yang sangat istimewa, yaitu Queen Elizabeth II Royal Household Long and Faithful Service Medal. Medali yang disematkan di sebelah kanan busananya ini diberikan padanya pada 2014.

 

 

3 dari 4 halaman

Memperbaharui Buku Laris

Kelly juga melengkapi penampilannya dengan topi hitam dan kalung mutiara. Di awal tahun ini, Kelly telah memperbarui buku terlarisnya, The Other Side Of The Coin: The Queen, the Dresser, and the Wardrobe untuk memasukkan bab baru tentang refleksi kehidupan Ratu selama pandemi Covid-19.

Dalam bab baru tersebut, Kelly menulis, "Mulai Maret 2020 dan seterusnya, saya mencuci rambut sang ratu setiap minggu, mengatur, dan menatanya, bahkan memangkasnya saat dibutuhkan. Tim saya menamakannya Kelly's Salon."

Menurut Kelly, pengalaman itu membuatnya gugup pada awalnya. Ia mengatakan, selama dua minggu pertama, badannya selalu gemetaran.

"Saya hanya pernah menata rambutnya sekali atau dua kali sebelumnya saat berada di Royal Yacht Britannia. Sang Ratu sangat baik ketika ia menasihati saya tentang cara yang sangat spesifik untuk memasang rol," ujarnya.

Sebelumnya, dalam potret pertemuan dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby dan audiensi dengan Gubernur New South Wales, Margaret Beazley, Juni lalu, rambut Ratu Elizabeth II terlihat telah dipangkas di bagian belakang dan samping.

 

4 dari 4 halaman

Sempat Jadi Sorotan

Gaya rambut Ratu Elizabeth II yang lebih panjang sebelumnya terakhir terlihat pada 2 Juni 2022. Tampilan itu terlihat saat ia pergi tanpa topi bertepi lebar untuk upacara penyalaan suar di awal perayaan empat hari Jubilee-nya.

Saat Kelly semakin nyaman dengan tugas barunya, Ratu tidak takut menyuarakan pendapatnya. "Ketika saya semakin percaya diri, saya yakin Ratu mengira saya seorang profesional dan mulai meneriaki saya, 'Jangan lakukan itu, lakukan dengan cara ini. Itu benar, Anda mengerti, jangan mengubahnya.' Saya berpikir, ya ampun, saya butuh (minum minuman) alkohol," jelas Kelly.

"Jadi saat Ratu berada di bawah pengering, saya berkata padanya, Saya pergi untuk minum minuman keras karena ini sangat menegangkan," lanjutnya. Setelah "istirahat yang sangat dibutuhkan," Kelly kembali ke rumah rias untuk menata rambut Ratu Elizabeth, menggunakan hair spray untuk memastikannya bertahan selama seminggu.

Kelly sebenarnya sempat jadi sorotan karena tidak pernah muncul ke depan publik sejak Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 di Kastil Balmoral, Skotlandia. Harapan publik akan kehadirannya dalam upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pun terpenuhi.

Kabarnya, Kelly juga diberikan wewenang untuk tinggal di Kastil Windsor setelah Ratu tutup usia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS