Sukses

Wajah Istri Sultan Kelantan yang Pernah Bersengketa dengan Miss Moscow Terlihat untuk Pertama Kali

Wajah istri Sultan Kelantan, Nur Diana Petra Abdullah, belum pernah diungkap ke publik sejak menikah pada 2010.

Liputan6.com, Jakarta - Publik akhirnya bisa melihat wajah Nur Diana Petra Abdullah, istri kedua Sultan Kelantan, Sultan Muhammad V. Ini tampak dalam serangkaian foto yang dibagikan akun Facebook Unit Media Kantor Sultan Kelantan, Selasa, 14 September 2022.

Di momen itu, melansir mStar, Rabu (14/9/2022), Nur Diana tampak berpidato di depan Persatuan Kerabat Raja Kelantan (PKDK) yang digelar di Istana Negara Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan. Rombongan ini dipimpin YM Tengku Ramizan binti Tengku Abdul Aziz, yang merupakan Presiden Asosiasi Kerabat Raja Kelantan, dan terdapat pula anggota lainnya.

"Turut hadir untuk menyambut Baginda Sultan Kelantan adalah YM Dato' Sri Raja Rezza Shah (Tengku Sri Kelana D'Raja Kelantan), YM Dato' Dr Tengku Mohamed Faziharudean Tengku Feissal (Tengku Kaya Perkasa) dan Pejabat Istana Kelantan," begitu keterangan foto yang terulis di unggahan tersebut.

Dalam sederet foto yang dibagikan, Nur Diana anggun mengenakan baju kurung modern dengan motif batik peach, lengkap dengan selendang. Meski memakai masker, "kecantikannya terlihat jelas," menurut warganet.

Tercatat ini adalah pertama kali wajah istri Sultan Kelantan diperlihatkan setelah resmi dinyatakan sebagai Yang Mulia pada 2 Agustus 2022 oleh Sultan Muhammad V. "Wah, pertama kali melihat (wajah) Sultanah Kelantan," seorang pengguna berkomentar, sementara yang lain menulis, "Akhirnya saya melihat wajah istri Sultan Kelantan."

Nama Sultan Muhammad V sempat jadi perbincangan internasional setelah menikahi Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina. Pernikahan mereka berakhir dengan perceraian dan perseteruan atas nafkah anak yang tidak diakui pemimpin Kerajaan Kelantan itu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberian Gelar

Seperti telah disinggung, Sultan Muhammad V mengumumkan pemberian gelar untuk istrinya, Nur Diana Petra Abdullah. Melalui Instagram, Kesultanan Kelantan mengunggah siaran pers berisi pengumuman tersebut.

Mereka menulis, "Menteri Besar Kelantan telah menyatakan bahwa HDYMM Sultan Muhammad V, Sultan dan Yang Dipertuan Negeri Kelantan Darul Naim telah memegang Pangkat Kehormatan DULI YANG MAHA MULIA SULTANAH KELANTAN yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai 'Yang Mulia Sultanah Kelantan' dan YANG AMARAM MULIA CHE PUAN MAHAKOTA KALANTAN yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai 'Yang Mulia Che Puan Mahkota Kelantan.'"

Sultan Muhammad V menikah dengan Nur Diana pada 2010. Sebelumnya, sang sultan menikah dengan Tengku Zubaidah binti Tengku Norudin bin Tengku Muda pada 2004. Namun, pernikahan pertamanya itu berakhir dengan perceraian pada 2008.

Saat berstatus sebagai suami Nur Diana, Sultan Muhammad V dilaporkan menikah dengan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina. Pernikahan tersebut dikabarkan digelar mewah di Moskow pada 2018.

3 dari 4 halaman

Tidak Mengakui Anak?

Oksana Voevodina dikabarkan melahirkan anak pertama hasil buah cinta dengan Sultan Muhammad V pada 2019 yang dinamai Tengku Ismail Leon Petra. Namun, sang sultan tidak mengakui anak itu sebagai putranya.

Sultan Muhammad V dikabarkan menceraikan Oksana pada 2019. Dokumen perceraiannya diajukan ke Pengadilan Syariah Singapura pada 22 Juni 2019 dan selesai diproses pada 1 Juli 2019. Meski sudah resmi bercerai, hubungan mereka sepertinya sempat menyisakan sejumlah masalah.

Mantan ratu kecantikan asal Rusia itu pernah mengungkap permintaan khusus seputar nafkah setelah cerai. Tidak hanya meminta uang, Oksana juga menuntut properti dari sang sultan yang merupakan mantan Raja Malaysia itu.

Dilansir dari Daily Mail, 2019 lalu, sumber yang dekat dengan Sultan mengatakan bahwa Oksana meminta rumah mewah di London yang harganya 8 juta poundsterling (sekitar Rp140 miliar). Tidak sampai di situ saja, Oksana pun meminta nafkah bulanan untuk mengurus putra dari pernikahan mereka sebesar 24 ribu poundsterling (sekitar Rp400 juta-an).

4 dari 4 halaman

Pertemuan Pertama

Sampai September 2019, Oksana masih bersikeras bahwa ia belum bercerai dari Sultan Muhammad V. Ia bahkan sempat mengunggah foto bersama sang suami di akun Instagram-nya pada 4 September 2019.

Dalam keterangan potret, Oksana menceritakan kisah perkenalannya dengan sang sultan. Dalam tulisan romantisnya tersebut, Oksana mengungkap bahwa sejak awal ia percaya pria berusia 52 tahun itu adalah ayah dari anak-anaknya kelak.

"Sejak pertama kali saya lihat suami saya, saya tak tahu kenapa tapi dalam pikiran saya, saya yakin ia adalah ayah anak-anak saya di masa depan. Tapi ketika itu, saya cepat-cepat buang perasaan tu sebab masih terlalu awal," begitu keterangan fotonya menggunakan Bahasa Malaysia.

Sampai setidaknya tahun lalu, meski tidak lagi jadi istri Sultan Muhammad V, kiprah Miss Moscow 2015 masih menarik banyak perhatian. Oksana juga cukup sering membagikan foto-foto kegiatannya di akun Instagram.

Penampilannya disebut-sebut makin berani dan lebih terbuka. Setelah sebelumnya kerap memakai baju agak tertutup, terutama saat masih menikah, Oksana mengunggah foto-foto mengenakan bikini saat ke pantai bersama putranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.