Sukses

Melati Eks JKT 48 Jualan Nasi Bakar di Pinggir Jalan: Kenapa Malu?

Kepada Menparekraf Sandiaga Uno, Melati eks JKT48 berbagi sepenggal kisah mengenai usahanya kini jualan nasi bakar.

Liputan6.com, Jakarta - Melati eks JKT48 tengah sibuk berwirausaha dengan berjualan nasi bakar. Usaha yang ia namakan "Kuali Kuning" tersebut tak hanya dibeli langsung di pinggir jalan, tetapi juga bisa dipesan antar makanan.

Aktivitas Melati eks JKT48 jualan nasi bakar diabadikan dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam video tersebut, dia cekatan menyiapkan nasi-nasi di atas daun pisang lengkap dengan lauk pauk mendampingnya.

"Berwirausaha, kenapa harus gengsi? Mulai aja dulu‼️ Kemarin di acara @apresiasikreasiindonesia Kota Jambi, kita bisa belajar banyak dari kegigihan Mba @Melati.sesilia mantan personel @jkt48 yang memutuskan untuk menjadi pengusaha," tulis Sandi di kolom unggahan pada Senin, 5 September 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno dan Melati menghadiri acara Pameran Apresiasi Kreasi 2022 Jambi pada Minggu, 4 September 2022. Ada pula cuplikan video singkat Sandiaga Uno berbincang bersama Melati terkait usaha yang dijalankan.

"Jualan di pinggir jalan ini kan ada rasa malu enggak? Ada rasa sungkan enggak? Ada rasa aduh gengsi gitu enggak?" tanya Sandiaga Uno.

"Jadi tuh dari awal aku sudah mikirin kalau misalnya aku jualan di pinggir jalan tuh, aku malu enggak sih, sebelum aku mulai semuanya. Nah, kebetulan pas aku pikirin itu, dan aku mikir kayak kenapa malu gitu. Aku juga kuliahnya jurusan bisnis manajemen," kata Melati soal jualan nasi bakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat Melati

Melati melanjutkan, "Terus aku bikin usaha sendiri kan keren banget gitu, aku masih muda juga. Jadinya setelah aku mikir kayak gitu, sudah tahu aku enggak bakal malu, aku jalanin."

Sandi juga menyinggung perihal Melati yang berinisiatif mempromosikan nasi bakarnya via TikTok. Sementara, banyak anak muda yang mengisinya dengan konten joget-joget. 

Perihal ini, Melati pun mengungkapkan cerita di balik layarnya. Konten itu, kata dia, dibuat sembari mengisi waktu menunggu pembeli saat lapak dibuka mulai jam 5 sore. Di awal berjualan, dagangannya tidak langsung laku.

"Waktu awal aku jualan tuh, lakunya cuma tiga porsi nasi bakar, tujuh, 11 (porsi) gitu. Sampai akhirnya aku iseng kayak aku live TikTok aja deh gitu kan banyak tuh orang-orang yang live TikTok," kata Melati.

Ia mengaku iseng live TikTok agar waktunya cepat berjalan. "Karena enggak ada yang beli juga gitu, akhirnya aku live TikTok. Dari situlah bibit-bibit unggul nasi bakar ini mulai muncul," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Dukungan Sandiaga Uno

Terkait semangat dan kegigihan Melati untuk menjalankan usahanya pun mendapat apresiasi dan dukungan dari Sandiaga Uno. Hal tersebut juga ia sampaikan di kolom keterangan unggahan tersebut.

"Waaah patut dicontoh ni buat temen-temen Millenial dan Gen Z, jadi wirausaha itu halal, tidak merugikan orang lain, juga buat pribadi jadi makin mandiri, tidak ada kata terlambat, coba dipikir-pikir lagi yaa," kata Sandi.

Ia juga menambahkan pentingnya promosi termasuk melalui media sosial yang saat ini berperan cukup penting. "Apalagi cara promosi saat ini mudah sekali lewat digitalisasi media sosial. Bermodal handphone dan kuota yang cukup Mba Melati menarik calon pelanggan nasi bakarnya melalui live di platform media sosial Tik Tok," lanjutnya.

Sandi berharap semakin banyak generasi muda yang tergerak untuk memulai usaha. "Kami di @kemenparekraf.ri siap memberikan akses pelatihan dan pendampingan agar usaha produk kalian dapat terus berkembang dan menjadi bagian dari penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru sampai tahun 2024," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Dicicipi Nagita Slavina

Pada pertengahan Juni 2022 lalu, Nagita Slavina juga turut mencicipi nasi bakar jualan Melati eks JKT48. Momen tersebut diabadikan dalam konten di chanel YouTube Rans Entertainment.

Dikutip dari Hot Liputan6.com, Nagita Slavina mengundang para pedagang kaki lima atau jajanan viral ke rumahnya untuk dicicipi. Rupanya, tim Jajarans mengundang nasi bakar viral milik Melati eks JKT48.

Nagita Slavina sempat terkejut setelah diberi tahu bahwa nasi bakar tersebut milik Melati eks JKT48. Ibu dua anak itu pun kian antusias mencicipi nasi bakar yang tengah viral itu.

Sembari menyiapkan nasi bakarnya, Melati menyempatkan untuk dance bareng dengan beberapa karyawan Rans Entertainment. Setelah mencicipi, istri Raffi Ahmad tersebut melontarkan pujian terkait rasanya.

Sementara, berdasarkan unggahan di Instagram Kuali Kuning, nasi bakar jualan Melati terdiri atas nasi bakar ikan teri, nasi bakar ayam, nasi bakar ikan yang dijual seharga Rp15 ribu serta nasi bakar cumi seharga Rp20 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.