Sukses

Sensasi Menyantap Sushi Berkonsep Omakase yang Unik dan Personal

Konsep omakase jadi pengalaman baru untuk Anda yang bingung untuk menyantap sushi tetapi tidak tahu bahan bakunya.

Liputan6.com, Jakarta - Sushi termasuk makanan khas Jepang yang sangat disukai di Indonesia. Ada banyak restoran sushi dijumpai di negeri ini. Salah satunya adalah Guresu yang akan dibuka untuk umum mulai Sabtu, 25 Juni 2022.

Restoran sushi kekinian ini membuka cabang baru di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan. Restoran baru ini menjadi cabang kedua yang sebelumnya telah hadir di Dekhad Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbeda dengan sebelumnya, cabang terbaru Guresu ini hadir dengan konsep Omakase tapi dengan harga yang diklaim lebih terjangkau.

Omakase sendiri merupakan sebuah konsep cara memesan makanan sesuai dengan rekomendasi chef atau koki sushi. Konsep ini jadi pengalaman baru untuk Anda yang bingung untuk menyantap sushi tetapi tidak tahu bahan bakunya.

Dengan sistem yang lebih personal ini, pelanggan bisa memesan makanan sesuai rekomendasi koki sekaligus menghindari perasaan malu karena tidak mengetahui nama-nama sajian ikan pada sushi. Selain itu, koki juga cenderung menikmati sistem ini karena mereka bisa menghidangkan sushi sesuai jenis ikan yang mereka miliki.

Anda bisa menanyakan langsung kepada chef yang sedang menyajikan sushi di hadapan Anda tentang bahan baku dan cara membuatnya. Untuk merasakan pengalaman ini, Anda hanya bisa merasakan di hotel atau restoran ternama yang tentunya cukup menguras kantong. Hal itu coba diubah oleh Guresu yang mencoba menghadirkan konsep serupa dengan harga lebih terjangkau.

Guresu merupakan restoran sushi yang didirikan oleh pasangan suami istri, Ankatama Ruyatna dan Esha Mahendra. Mereka memutuskan membuka usaha kuliner karena saat itu bidang usaha yang masih bisa bertahan di tengah pandemi adalah kuliner.

Berawal pada Januari 2021 dengan membuka kontainer kecil di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Setelah melihat sambutannya cukup bagus, pasangan ini kemudian membuka kedai baru di kawasan Jakarta supaya lebih mudah dijangkau.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Pembuatan Makanan

"Kalau sebelumnya kami buka di Dekhad Gandaria. Konsep di sana berbeda dengan di sini. Kalau di sini kenapa ada tambahan dining-nya? Karena kami ingin mengusung konsep baru yaitu omakase," ucap Anka saat ditemui di Guresu Kemang Timur, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Juni 2022.

Guresu mengusung konsep omakase karena ingin memperkenalkan lagi dan mengedukasi sushi lovers. "Aku sendiri suka makan sushi. Cuman aku belum pernah menemukan tempat di mana aku bisa makan sushi yang level up," lanjut perempuan yang juga berprofesi sebagai penyiar radio dan host ini.

Menurut Anka, sebagian besar restoran sushi di Jepang juga menerapkan konsep omakase karena bisa melihat langsung proses pembuatan makanan jadi sesuatu yang menarik sekaligus menghibur. Ditambah lagi, mereka bisa berinteraksi langsung dengan para koki dan menanyakan cara pembuatan maupun bahan-bahan apa saja yang digunakan.

Untuk itu, Anka dan Esha menghadirkan konsep omakase di restoran mereka. "Ini supaya kita bisa mengedukasi sushi lovers bahwa penyajian omakase tidak perlu expensive dengan suasana yang hangat," terang Anka.

Ia menambahkan, restoran sushi di Jepang saat ini hampir semuanya menerapkan konsep omakase. Tempat makan dan bangku hanya ada di sekeliling tempat masak atau meracik hidangan.

3 dari 4 halaman

Fresh dan Tidak Amis

Konsep ini memang berbeda dengan restoran sushi pada umumnya di Indonesia yang hampir sama dengan restoran pada umumnya yang terdiri dari beberapa meja. Pengunjung pun tidak bisa melihat langsung proses pembuatan sushi yang mereka pesan.

Salah satu menu spesial di Guseru adalah Salmon Tartar Truffle Ikura. Hidangan ini terdiri dari ikan salmon dan avokad mentega yang gurih. Lali ada tartar truffle ikura yang menyatukan avokad dan salmon.

Rasanya sangat fresh dan bikin ketagihan. Meski ikannya mentah, sama sekali tidak bau maupun terasa amis, tapi justru sangat segar dan cocok dijadikan hidangan pembuka.

Ada juga menu Salmon Carpaccio, yakni salmon dimasak setengah matang lalu disajikan dengan mayones dan soy sauce. Rasa salmon yang segar dicampur dengan mayones serta soy sauce yang agak asam membuat hidangan ini terasa berkesan di lidah. Tak hanya sushi, Guseru juga menyajika menu salad yaitu Maburo Tataki Salad yang menggunakan ikan tuna.

4 dari 4 halaman

Halal

Buat Anda yang terbiasa menyantap sushi roll, Guresu menyajikan Rainbow Roll yang tak kalah lezat karena memadukan ikan tuna dan salmon.

"Untuk bahan makanan hampir semuanya lokal kecuali ikan salmon yang kita datangkan langsung dari Jepang. Semuanya menggunakan bahan-bahan yang halal dan kita juga sudah mengajukan sertifikat halal tapi prosesnya memang tidak sebentar, mudah-mudahan tidak terlalu lama juga," kata Anka.

Arti nama Guseru sendiri menurut Anka adalah berkah, berasal dari bahasa Inggris yaitu grace. "Untuk logonya kita memakai warna kuning yang merupakan ilustrasi sinar matahari. Jadi ya kita berharap restoran ini jadi berkah dan bisa menyinari dan membahagiakan para pengunjungnya," ungkap Anka.

Dengan harga mulai dari Rp20 ribuan Anda bisa merasakan nikmatnya sushi lengkap dengan pengalaman omakase. Ada juga paket spesial untuk menikmati beragam menu yang ada dengan harga khusus.

"Untuk yang paket lengkap mulai dari makanan pembuka sampai penutup harganya sekitar Rp400 ribuan. Harga ini sekitar setengah dari paket serupa di restoran lain yang menyajikan konsep omakase, ya sekitar Rp800 ribuan bahkan bisa sampai Rp1 jutaan," ujar Anka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.