Sukses

Kurangi Waktu dengan Gawaimu, Saatnya Rasakan Manfaat dari Membaca Buku!

Liputan6.com, Jakarta Dengan semakin masifnya perkembangan internet, budaya membaca buku seolah-olah luntur seketika. Kini, orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai daripada secarik kertas yang ada di buku. Terkadang, banyak dari mereka yang gemar membaca atau melihat konten-konten yang kurang berfaedah. Pada akhirnya, peluang untuk terjebak dalam hoaks yang merajalela, sangat besar.

Nggak dipungkiri, ada juga konten yang berseliweran di internet yang memberikan manfaat. Tapi, dengan satu catatan lho! Pembaca harus selektif dan nggak asal memilih sumber. Yah, walaupun begitu, nggak bisa dipungkiri, kemudahan dalam membaca untuk siapa saja, dihadirkan oleh internet.

Tapi, sekali lagi, budaya membaca harus dilestarikan ya! Sebab, banyak hal yang bermanfaat dari buku yang nggak mungkin kita dapatkan di internet lho! Apa saja sih manfaatnya? Berikut daftarnya!

2 dari 5 halaman

1. Memperkaya Diksi

Semakin banyak membaca buku, semakin pula diksi yang akan kamu serap. Banyak memuat istilah baru yang nggak pernah kamu dengar sebelumnya, dan itu bisa jadi sesuatu yang sangat bermanfaat. Terkadang, di dalam buku pun, akan diberikan penjelasan untuk menambah pemahaman pembacanya. Efeknya apa? Ya, kemampuan berbahasa kamu akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Dengan perbendaharaan diksi yang kamu punya, skill komunikasi kamu juga pasti akan semakin meningkat. Kamu juga akan lebih mudah beradaptasi di hampir semua circle lho. Pokoknya, dengan membaca buku, tingkat percaya diri kamu akan meningkat deh ketika akan berkomunikasi dengan orang lain!

3 dari 5 halaman

2. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Ketika kamu membaca buku, mata kamu diwajibkan untuk berkonsentrasi ke tulisan yang sedang dibaca. Dari mata, hasil bacaan akan terserap ke otak, yang di mana kamu akan mendapatkan makna dari tulisan yang ada. Kalau kamu punya kesulitan dalam berkonsentrasi, coba deh latih dengan baca buku. Nggak usah yang berat, cukup yang ringan saja ya!

4 dari 5 halaman

3. Menambah Daya Ingat

Kamu pernah lihat lansia yang masih memiliki daya ingat yang kuat nggak saat ia masih muda? Yup, kalau kamu oernah lihat apalagi bercengkrama, itu merupakan salah satu dari manfaat baca buku lho! Kok bisa gitu? Iya, soalnya ia sudah terbiasa melatih otak untuk berpikir dan mengingat detail dari sebuah tulisan, walau ya hanya garis besarnya saja.

Ketika membaca buku, otak diharuskan untuk mengerti maksud dari tulisan yang muncul di setiap kalimat atau paragrafnya. Otak akan bekerja untuk menafsirkannya dan dengan ini, kinerja otak akan kemungkinan besar maksimal.

5 dari 5 halaman

4. Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang merusak memori dan fungsi mental seseorang. Penyebabnya belum diketahui pasti, namun jumlah pengidapnya terus bertambah.

Memang sih belum ada pembuktian ilmiah bahwa membaca buku bisa menyembuhkan Alzheimer. Tapi, dengan rutin membaca buku, kamu akan membiasakan otak untuk terus bekerja serta beraktivitas. Semakin banyak otak mendapatkan rangsangan, maka semakin besar Alzheimer bisa dicegah.

Nah, itu dia 4 manfaat ketika kamu membudayakan baca buku. Sebetulnya masih ada banyak lagi lho. Kamu bisa mendapatkan sumber informasi dan pengetahuan yang kredibel, karena proses pembuatan buku akan melalui cek dan ricek yang holistik dan yang pasti sih, wawasan kamu akan bertambah kaya dan luas ya! Semoga dengan mengetahui manfaat membaca buku, kamu bisa termotivasi ya!

 

(*)