Sukses

Miss Grand International 2022 Digelar di Bali dan Jakarta, Sesi Baju Renang Dihilangkan

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss Grand International 2022. Kabar ini disampaikan Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) sejak akhir tahun lalu. Beda dengan kontes kecantikan internasional pada umumnya, di ajang Miss Grand International (MGI) tahun ini tidak akan ada sesi baju renang.

Hal itu diungkap Ivan Gunawan dalam unggahan di akun Instagram @grand_mgi pada 11 Juni 2022 yang bertajukย  "๐—ก๐—ข ๐—ฆ๐—ช๐—œ๐— ๐—ฆ๐—จ๐—œ๐—ง ๐—–๐—ข๐— ๐—ฃ๐—˜๐—ง๐—œ๐—ง๐—œ๐—ข๐—ก ๐—œ๐—ก ๐— ๐—š๐—œ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฎ (tak ada kompetisi baju renang di MGI 2022)!"

Unggahan itu memperlihatkan jawaban Ivan terhadap pertanyaan pemilik akun @tehlilisofficial yang menanyakan apakah benar tidak ada akan sesi baju renang di MGI 2022. Ivan memastikan bahwa informasi itu benar adanya.ย Belum diketahui apa yang akan menjadi pengganti sesi baju renang, tapi dari sebuah komentar di Instagram, Ivan Gunawan menjanjikan akan menyajikan sesuatu yang istimewa.

Kabar ditunjuknya Indonesia jadi tuan rumah kontes kecantikan di tahun ini juga turut diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandi, begitu ia akrab disapa, membagikan sebuah video singkat di akun Instagramnya.

Sandi menyebut Miss Grand International menjadi salah satu kontes kecantikan ternama dunia. Dikatakannya, kontes tersebut memiliki visi untuk menghentikan perang dan kekerasan. "Saya percaya bahwa memahami budaya yang berbeda adalah cara untuk menghindari perang dan menyebarkan kesadaran akan perdamaian," kata Sandi dalam bahasa Inggris.

Sandi melanjutkan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, rumah bagi ratusan etnis dan diberkahi dengan budaya yang beragam. Keberagaman akan memberi banyak orang pengalaman dan pemahaman harmoni yang tak terlupakan.

"Kami orang Indonesia dikenal dengan senyum lebar kami dan merasa terhormat menyambut semua kontestan ke negara kita yang indah untuk merayakan ulang tahun ke-10 Miss Grand International," tambahnya.

ย 

ย 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bertemu Sandiaga Uno

Miss Grand International 2022 rencananya akan diselenggarakan pada 3--25 Oktober 2022 di Bali dan Jakarta. Malam grand final rencananya akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC) pada 25 Oktober 2022.

Sandi turut mengucapkan selamat kepada Ivan Gunawan dan Yayasan Dunia Mega Bintang yang sukses menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Semoga event ini menjadi ajang pembuktian kebangkitan ekonomi Indonesia kepada dunia paska pandemi dan berdampak pada penciptaan LAPANGAN KERJA bagi masyarakat. Karena selain di Jakarta, para finalis Miss Grand International 2022 juga akan melakukan sederet kegiatan di Pulau Bali dan destinasi-destinasi wisata lainnya. Sukses guys!" tutupnya dalam kolom keterangan video.

Ivan juga mengunggah momen pertemuan dengan Sandi untuk membahas penyelenggaraan MGI 2022. "Today, we're having a meeting with Mr @sandiuno @kemenparekraf.ri about the updates of our preparations of 10th Anniversary Miss Grand International 2022. (hari ini kami bertemu dengan Menparekraf Sandiaga Uno untuk membahas kabar terbaru mengenai persiapan ajang Miss Grand International ke-10 di tahun 2022)," tulis pria yang akrab disapa Igun itu pada Minggu, 12 Juni 2022.

Dalam unggahan lainnya di hari yang sama, Igun mengunggah foto dirinya bersama Sandi dan seorang temannya. "Biar photo Nya gelap Yg Penting semangat kita trs membara untuk indonesia โค๏ธ thank u mas @sandiuno di sela sela kesibukan Hari ini masih nyempetin ketemu โค๏ธ," tulisnya dalam keterangan foto.

3 dari 4 halaman

Miss Grand Indonesia 2022

Pada Januariย 2022, Igun juga mengumumkan wakil Indonesia di ajang MGI 2022. Ia adalah pemenang Miss Grand Indonesia 2022, Andina Julie. "Your Miss Grand Indonesia 2022 - Andina Julie," bunyi awalan dalam keterangan potret akun Instagram @yayasanduniamegabintang yang mengabadikan Andina dalam balutan busana hitam putih rancangan Ivan Gunawan pada 31 Desember 2021.

Kemenangan Andina diputuskan setelah melalui beberapa pertimbangan dan wawancara dengan beberapa kontestan. National Director Yayasan Dunia Mega Bintang Ivan Gunawan akhirnya menunjuk Andina Julie sebagai Miss Grand Indonesia 2022.

Momen penobatan kemenangan Andina diselenggarakan pada Februari 2022.ย  "Selamat Andina! Kami menantikan untuk melihat kekuatan Anda dilepaskan," lanjut keterangan tersebut.

Wakil Indonesia di Miss Grand International 2022 ini tak dapat menutupi kebahagiaannya. Andina mengungkapkan rasa syukurnya setelah terpilih sebagai Miss Grand Indonesia 2022. "Terima kasih untuk support yang luar biasa dari @ivan_gunawan dan tim @yayasanduniamegabintang. Akhirnya saya terpilih menjadi Miss Grand Indonesia 2022," tulis Andina dalam unggahannya di Instagram.

4 dari 4 halaman

Kesempatan Besar

Andina merupakan perempuan asal Muara Enim, Palembang, Sumatra Selatan. Ia mengaku tidak pernah bermimpi untuk mendapat kesempatan sebesar ini. Tak lupa, Andina memohon doa dan dukungan dari banyak pihak untuk perjuangannya di panggung kontes kecantikan.

"Dengan gelar ini saya berharap bisa memberikan yang terbaik tidak hanya kepada keluarga, tim Yayasan Dunia Mega Bintang, dan Insya Allah untuk Indonesia nantinya," lanjut Andina Julie.

Pada 1 Januari 2022, Andina telah menjalani tugas pertamanya sebagai Miss Grand Indonesia 2022. "Alhamdulillah, kemarin semua kegiatan berjalan lancar," tulisnya.

Berdasarkan unggahan Andina di akun Instagram pribadi, ia sebelumnya berprofesi sebagai model. Ia pernah memeragakan busana dari sederet desainer ternama dan mengikuti kontes kecantikan lainnya.

Andina juga seorang purna Paskibraka Indonesia 2017. Hal tersebut ditunjukkan dari dua unggahan awal Andina di Instagram ketika berpotret dengan purna paskibraka lainnya di depan Kantor Bupati Muara Enim, Sumatra Selatan.