Sukses

Ada Planimals Exhibition 2022 di Summarecon Mall Bekasi, Pamerkan Hewan Peliharaan dan Tanaman Hias

Planimals Exhibition 2022 yang digelar Summarecon Mall Bekasi berlangsung pada 26 Mei--5 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Summarecon Mall Bekasi (SMB) kembali menggelar event untuk para pecinta hewan peliharaan yang bertajuk "Planimals Exhibition". Pameran kedua ini akan diselenggarakan selama 11 hari mulai dari 26 Mei--5 Juni 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, pameran hewan peliharaan dan tanaman hias ini akan berlangsung di area The Oval dan tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Beragam rangkaian acara turut digelar dalam pameran ini, seperti Reptile & Pets Exhibition, Aquatic Exhibition, Plants Exhibition, Photo Contest "Selfie Competition with Animals", Feeding Tortoise dan Talkshow.

Center Director Summarecon Mall Bekasi Ugi Cahyono menyampaikan bahwa penyelenggaraan Planimals tahun ini menampilkan berbagai macam jenis hewan peliharaan serta tanaman hias untuk di rumah. Ia juga menyebut ada serangkaian acara seperti talkshow dengan beragam edukasi juga telah disiapkan.

"Kendati telah dilakukan berbagai pelonggaran saat ini, namun dalam acara ini prokes tetap dilaksanakan secara ketat dengan tetap mewajibkan penggunaan masker dan jaga jarak. Ke depannya dengan kondisi yang kian membaik, diharapkan akan semakin banyak event lainnya yang akan diselenggarakan di SMB," kata dia.

Lokasi pameran menempati area The Oval. Saat melangkah, para pengunjung akan disambut gate yang berbentuk pohon dengan hiasan replika berbagai macam jenis hewan yang akan ada selama Planimals Exhibition berlangsung.

Terdapat tiga area pameran, dimulai dari area Reptile & Pets Exhibition, hewan-hewan yang turut meramaikan pameran ini mulai dari Iguana, Ular, Kadal, Gecko, Sugar Glider, Hamster, Kelinci, Burung dan masih banyak lainnya. Ada juga area Aquatic Exhibition seperti Goldfish hingga Aquascape. Sementara, pengunjung yang menyukai tanaman juga dapat datang ke booth Plants Exhibition yang menyediakan ragam jenis tanaman hias.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto dan Interaksi dengan Hewan

Selain menghadirkan beragam booth pameran, para pengunjung juga dapat berswafoto dengan hewan, yakni burung beo dan ular by Royal Safari Garden pada 3--5 Juni 2022 serta Owl by Magical Forest pada 26--27 Mei 2022 dan 2--3 Juni 2022. Pengunjung juga dapat memberi makan kura-kura sambil berinteraksi dengan salah satu reptil yang bisa berumur panjang ini.

Pengunjung juga dapat mengikuti "Planimals Photo Contest" yang berhadiahkan voucher belanja SMB selama periode pameran berlangsung dengan cara mengunggah foto di media sosial Instagram. Informasi lebih lanjut bisa diperoleh lewat akun Instagram @summareconmal.bekasi.

Setiap akhir pekan, event Planimals Exhibitions akan dimeriahkan dengan beragam kompetisi. Pada 28--29 Mei 2022, pengunjung akan dihibur dengan beragam atraksi serta kompetisi salah satu hewan yang menggemaskan, yakni Sugar Glider Competition.

Sementara, para pecinta reptil akan dimanjakan dengan Reptile Competition yang dimulai dari 4--5 Juni 2022. Kedua kompetisi ini diselenggarakan bekerja sama dengan masing-masing komunitas yaitu Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) dan Komunitas Reptile se-Jabodetabek.

3 dari 4 halaman

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tak berhenti di situ, panitia juga menggelar acara bincang-bincang yang mengangkat beragam topik. Salah satunya bertajuk 'I Love Animals' bersama Rebecca Regina (artis dan influencer), Mata Kamera Putera (YouTuber) dan Bumi Reptile (YouTuber) pada 26 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

Talkshow yang mengangkat bahasan soal sugar glider juga telah digelar dengan menggandeng Raihan Rabbani (Koordinator KPSGI Regional Bekasi). Ia membahas "Kebutuhan Gerak Pada Sugar Gilder", 28 Mei 2022, pukul 17.00 WIB, dilanjutkan dengan topik lain bersama Endy dan Fero (Wakil dari KPSGI Regional Bekasi). Akhir pekan ini, dokter hewan Yulyani Putri Dewi akan membahas "Captive & Husbandry" pada 4 Juni 2022, pukul 15.00 WIB.

Gelaran pameran ini sekaligus menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni. Dikutip dari laman resmi UNEP, Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 adalah hari lingkungan internasional terbesar. Dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP), dan gelaran ini diadakan setiap tahun sejak 1974.

Acara ini telah berkembang menjadi platform global terbesar untuk penjangkauan lingkungan. Pada 2022, Swedia menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 dengan mengangkat slogan "Only One Earth" dan berfokus pada "Living Sustainably in Harmony with Nature" atau Hidup Berkelanjutan dalam Harmoni dengan Alam. Mereka akan memamerkan beberapa karya perintis Swedia di bidang lingkungan selama 50 tahun terakhir.

4 dari 4 halaman

Tonggak Sejarah

Dilansir dari laman global World Environment Day, Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah platform global untuk menginspirasi perubahan positif. Dengan lebih dari 150 negara yang berpartisipasi, hari internasional PBB ini melibatkan pemerintah, bisnis, masyarakat sipil, sekolah, selebriti, kota dan komunitas, meningkatkan kesadaran dan merayakan aksi lingkungan.

Individu dapat menjadi penggerak perubahan melalui dukungan mereka untuk bisnis dan pemerintah. Tindakan entitas yang lebih besar ini dapat memiliki dampak transformasional, berpotensi mengunci perilaku konsumsi dan produksi yang berkelanjutan selama beberapa dekade mendatang.

Tahun 2022 menjadi tonggak bersejarah bagi komunitas lingkungan global. Ini menandai 50 tahun sejak Konferensi PBB tahun 1972 tentang Lingkungan Manusia, yang secara luas dilihat sebagai pertemuan internasional pertama tentang lingkungan.

Konferensi Stockholm 1972 mendorong pembentukan kementerian dan lembaga lingkungan di seluruh dunia dan memulai sejumlah kesepakatan global baru untuk secara kolektif melindungi lingkungan. Itu juga tujuan pengentasan kemiskinan dan perlindungan lingkungan menjadi terkait, membuka jalan bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pada Konferensi Stockholm gagasan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diformalkan, dengan yang pertama dirayakan pada 1974. Pada awal Juni 2022, pertemuan internasional tingkat tinggi Stockholm+50 akan diadakan di Swedia, beberapa hari sebelum Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Komunikasi di sekitar peristiwa ini terhubung dan akan saling memperkuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.