Sukses

Ibunda Elon Musk Jadi Model Baju Renang Tertua di Sampul Majalah Sports Illustrated

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tak mau kalah dengan Elon Musk yang jadi berita di mana-mana, sang ibu juga membuat sorotan sendiri. Maye Musk, perempuan berusia 74 tahun itu baru saja dinobatkan sebagai model tertua yang tampil di sampul majalah Sports Illustrated Swimsuit.

Model dan ahli diet itu menjadi salah satu dari empat model sampul majalah tahun ini. Posisinya sejajar dengan bintang reality show Kim Kardashian, penyanyi Ciara, dan pengusaha fesyen Yumi Nu. 

"Bila aku berpikir aku bisa menjadi model baju renang untuk Sports Illustrated, orang-orang akan menganggapku sebagai perempuan gila," kata Musk sambil tertawa dalam video yang dirilis majalah itu, dikutip dari laman CNN, Rabu (18/5/2022). "Tapi di sinilah aku sekarang."

"Aku sangat bersemangat memberitahu orang-orang bahwa perempuan usia 70an itu menawan," katanya menambahkan.

MJ Day, pemimpin redaksi Sports Illustrated Swimsuit, bertanggung jawab dalam pemilihan sosok Musk di sampul majalah itu. "Perjalanan yang telah kita lalui -- untuk keluar dari standar yang diatur dunia kepada kita -- mungkin terdengar familiar. Pasti akrab dengan wanita yang kami pilih untuk menjadi model sampul kami: Maye, Ciara, Yumi, Kim," kata Day dalam siaran pers, Senin, 16 Mei 2022.

Day memuji Maye yang di usianya kini, terus bekerja setiap hari untuk menginspirasi sekelilingnya. Untuk edisi itu, Musk dipotret oleh fotografer ternama asal Singapura, Yu Tsai, di Belize. Ia mengenakan beragam baju renang, di antaranya baju renang terusan berdetal motif bunga 3D dari Bahia Maria, baju renang dua warna dengan kerut dari Maygel Coronel, hingga bikini dari Zimmermann.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Multitalenta

Dalam artikel khusus tentang Maye, sang anak bertanggung jawab membuat profil sang ibu. Bukan Elon, melainkan Tosca Musk yang berprofesi sebagai pembuat film.

"Sepanjang hidupnya di planet ini, ia meraih dua gelas master di bidang nutrisi, memenangkan penghargaan dalam bidang diet, tak terhitung tampil di fashion show dan editorial, dan dia bahkan tampil di video Beyonce," ia menuliskan.

"Dia adalah kekuatan yang tak tertahankan, dan dia wanita paling tak kenal takut yang pernah kukenal," sambung dia.

"Kita semua berhak mendapat kesempatan untuk berevolusi," Day menambahkan dalam rilis tersebut. 

Lewat edisi yang akan keluar pada 19 Mei 2022, para pembaca didorong untuk melihat para tokoh sebagai orang yang multifaset dan multitalenta. "Dunia mungkin melabeli mereka satu sisi, tetapi kami ingin memfokuskan lensa kami ke segala arah yang mereka sendiri inginkan dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang," kata Day.

3 dari 4 halaman

Tampil di Met Gala

Maye Musk sebelumnya mencuri perhatian pada awal bulan ini saat digandeng putranya, Elon Musk, di karpet merah Met Gala 2022. Saat itu, mereka tampil serasi dalam balutan busana bernuansa hitam.

Dilansir dari SCMP, jauh sebelum putranya jadi orang terkaya di dunia, Musk telah mengembangkan karier modeling yang stabil. Musk telah jadi model sejak berusia 15 tahun dan merupakan finalis dalam kompetisi kecantikan Miss Afrika Selatan 1969.

Ia muncul di sampul beberapa majalah terkenal, termasuk Vogue dan Time, mengambil bagian dalam video musik Beyoncé, dan telah tampil dalam banyak iklan, mulai dari merek makeup Revlon hingga sereal Special K. Musk jadi model tertua CoverGirl pada 2017. Tahun lalu, ia dikontrak oleh Creative Artists Agency (CAA).

"Saya terkenal sampai Elon jadi terkenal," kata Musk pada The New York Times pada 2016. 

Kesuksesan tampaknya mengalir di keluarga mereka, dan Elon Musk bukan satu-satunya bukti. Putra Musk yang lain, Kimbal Musk, adalah pendiri tiga perusahaan makanan: The Kitchen Restaurant Group, sebuah organisasi nirlaba bernama Big Green dan perusahaan pertanian perkotaan Square Roots.

Putrinya, Tosca Musk, menjalankan layanan streaming-nya sendiri. Juga, merupakan produser pemenang penghargaan dan sutradara film maupun acara televisi. Ia bercerita dalam sebuah wawancara pada 2020, "Mereka mengikuti kemauan mereka, dan mereka semua pergi ke arah yang berbeda."

4 dari 4 halaman

Ibu Tunggal

Musk menikahi Errol Musk pada 1970. Keduanya bersekolah di sekolah menengah bersama, menurut buku terbarunya, 'A Woman Makes A Plan'. Ayah Elon Musk adalah seorang insinyur dari Afrika Selatan, menurut Rolling Stone 2017.

Maye Musk mengatakan pada Harper's Bazaar pada 2019 bahwa pernikahan mereka dengan cepat menurun dan menggambarkan hubungan itu sebagai "pelecehan."  Keduanya menikah selama hampir satu dekade. Mereka bercerai pada 1979.

Musk mengandung Elon Musk selama bulan madu pasangan itu, katanya dalam sebuah wawancara pada 2020.  Elon Musk terasing dari ayahnya. Ia mengatakan kepada Rolling Stone bahwa ayahnya adalah "manusia yang mengerikan."

Pada 1989, Musk pindah bersama keluarganya dari Johannesburg di Afrika Selatan ke Toronto di Kanada. Model itu mengatakan pada CNBC dalam sebuah wawancara tahun 2018 bahwa ia harus mengerjakan lima pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan.

Maye Musk bekerja sebagai petugas penelitian untuk Universitas Toronto sehingga anak-anaknya dapat bersekolah di sana secara gratis, dan mengajar kelas modeling dan nutrisi dua malam dalam seminggu. Semuanya dilakukan sambil mengerjakan praktik dan belajarnya untuk jadi ahli diet tersertifikasi.