Sukses

Sepatu Jokowi Saat Bertemu Elon Musik Menarik Perhatian Warganet Malaysia

Sepatu yang dipakai Jokowi saat bertemu Elon Musk membuatnya dibanding-bandingkan dengan Perdana Menteri Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pendiri SpaceX, Elon Musk, mencuri atensi banyak pihak. Momen ini tercatat berlangsung di Markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022, waktu setempat.

Kunjungan Jokowi ke pabrik produksi roket itu ternyata juga menarik perhatian publik Malaysia. Gara-gara sepatu yang dipakainya, Jokowi dibanding-bandingkan dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

"Sahabat Twitter, mau kasih tahu sepatu yang dipakai Jokowi tempo hari ketika bertemu Elon Musk di USA itu adalah merk Project NAH buatan Bandung, Indonesia," tulis akun Twitter @syedakranim dalam bahasa Melayu, Senin, 16 Mei 2022.

"Harganya sekita RM112 (senilai sekitar Rp375 ribu). Pria ini (Jokowi) benar-benar mau majukan negaranya, sehingga hal kecil ini pun dia pikirkan," tambahnya. Cuitan yang telah disukai lebih dari 17 ribu kali itu sontak menarik banyak respons dari warganet Malaysia maupun Indonesia.

"Coba ya aku screenshoot mau dikasih ke Perdana Menteri Malaysia sama menteri-menteri lain," komentar seorang warganet. "Pak Jokowi sederhana dan jadi tendsetter ya," tulis warganet lainnya.

"Beruntung orang Indonesia, kami di Malaysia mendapat pemimpin yang suka main politik, makan uang rakyat, skandal sana sini, enggak ada kerja," timpal warganet lain. Berbeda dengan warganet Malaysia, publik Indonesia justru memberikan beberapa testimoni berbeda soal Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumput Tetangga Lebih Hijau

"Indonesiapun sama, cuma tak terlihat saja. Coba selama pemerintahan sekarang, sudah berapa menteri Indonesia yang tertangkap kena korupsi," balas warganet Indonesia. "Rumput tetangga memang terlihat lebih hijau ya," tulis warganet Indonesia lainnya.

Pertemuan Jokowi dan Elon Musk sendiri merupakan tindak lanjut perintahnya pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Musk. "Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Sedangkan warganet Indonesia sepertinya lebih fokus membahas pakaian santai yang dikenakan Elon Musk saat bertemu kepala negara seperti Jokowi. Presiden Jokowi sendiri diajak Elon berkeliling Gedung Stargate SpaceX.

Ia juga terlihat membawa botol minum hitam berlogo Space X. Kala itu, Jokowi tampil dengan gaya ikonisnya, yakni mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang hitam, serta sneakers hitam.

3 dari 4 halaman

Pakai Kaus Oblong

Sedangkan, Elon Musk bergaya santai berbalut kaus bernuansa hitam, celana panjang hitam, dan sepatu pantofel berwarna senada. Kaus yang dikenakan Elon adalah salah satu koleksi dari merchandise resmi SpaceX.

Kaus bernuansa hitam ini dihiasi gambar planet Bumi dan astronaut yang sedang menaiki sebuah mobil. Sedangkan di bagian salah satu lengan tertulis "SpaceX" berwarna putih.

Kaus oblong yang dikenakan Musk ini bernama Starman T-shirt yang tersedia untuk pria dan wanita. Tak banyak deskripsi yang disertakan terkait kaus tersebut.

Tertulis bahwa kaus tersebut terbuat 100 persen dari katun yang hadir dengan ukuran mulai dari S--5X. Harga kaus ini sendiri dibanderol 30 dolar AS atau setara Rp439 ribu. Pada bagian bawah keterangan harga, warna, dan ukuran, terdapat pula size chart.

Keterangan tersebut menginformasikan panjang dan lebar masing-masing ukuran dari XS--5X. Ini bukan kali pertama Elon Musk mengenakan kaus saat bertemu pejabat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Jas dan Kaus

Sebelumnya, ia juga mengenakan kaus ketika menjamu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan.

Pertemuan Musk dan Menko Luhut terjadi April 2022. Momen tersebut dibagikan pengusaha dan pengurus Kadin Indonesia Pandu Sjahrir melalui akun Instagram pribadinya @pandusjahrir. Pertemuan itu berlangsung di pabrik perakitan listrik Tesla Inc. di Austin, Texas, AS.

Dalam unggahan tersebut, Musk terlihat bersalaman dengan Pandu dan Menko Luhut. Sekilas, foto itu terkesan biasa saja. Yang menarik, Musk hanya mengenakan kaus dan terlihat sangat santai. 

Hal tersebut kontras dengan Menko Luhut dan rombongan yang mengenakan jas. Meski termasuk salah satu orang terkaya di dunia, Musk justru terlihat bersahaja, mengenakan kaus yang harganya sekitar 30 dolar AS atau setara Rp435 ribu.

Menurut beberapa orang dekatnya, Musk bukan orang yang senang menghabiskan uang untuk gaya hidup. Grimes, mantan pasangan hidup Mask, mengatakan pada Vanity Fair, bulan lalu bahwa gaya hidup ayah dari X Æ A-12 itu tidak mewah. Pebisnis itu bahkan bisa dibilang mirip orang pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.