Sukses

Perjalanan Karier Arya Saloka yang Meledak karena Ikatan Cinta hingga Jawab Isu Keluar

Berikut alasan mengapa Arya Saloka keluar dari Ikatan Cinta.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Arya Saloka  melejit saat berperan sebagai Aldebaran dalam sinetron Ikatan Cinta. Sejumlah iklan ia bintangi hingga anak-anak pun mengenal namanya. Karier Arya Saloka benar-benar meledak berkat Ikatan Cinta.

Saat ditawarkan berperan Aldebaran, Arya sempat mengungkapkan suatu saat ia akan meninggalkan sinetron tersebut. Utamanya jika jalan ceritanya sudah tak sesuai.

"Saya bilang sinopsis kalian bagus, tapi kalau misalnya ini sudah ngaco, sorry ya kalau misalkan gue harus cabut, enggak apa-apa ya," kata Arya Saloka saat bincang-bincang dengan Helmy Yahya yang diunggah ke kanal YouTube. "Tapi kalau masih bagus, ya, nggak cabut," imbuh Arya.

Arya mengatakan dirinya sosok garda terdepan urusan detail naskah skenario yang terdiri dari tiga tim. Ia sering mengingatkan dan mengoreksi bila ada sesuatu yang janggal dalam skenario itu.

Hal tersebut ia lakukan agar sinetron tersebut tetap diminati masyarakat. "Saya sempat mengajak bertemu untuk membahas apa next-nya setelah Elsa ditangkap. Ya, tapi akhirnya terjadi seperti sekarang," ucap Arya tertawa.

Arya Saloka yang berperan sebagai Aldebaran berhasil membangun ikatan yang kuat dengan lawan mainnya, Amanda Manopo, yang berperan sebagai Andin. Kedekatan Andin dan Aldebaran selalu sukses membuat penonton jatuh jati, sehingga banyak warganet yang memuji akting mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tawarkan Konsep Konflik Cerita

Sebagai orang yang jadi garda terdepan untuk mengoreksi naskah skenario, Arya sempat menawarkan konsep konflik cerita. Hal itu ia lakukan agar Ikatan Cinta tetap menarik.

"Saya tawarkan konsep konflik cerita, tapi mungkin ada beberapa yang agak sedikit takut untuk mengambil, [mereka takut] nanti respons masyarakat bagaimana, akhirnya saya lepas, saya cuman kontrol aja kalau misalkan ada apa-apa saya tetap kontrol," kata Arya.

Dari usul tersebut, setengah mereka menerima usulan Arya, sisanya mereka menciptakan sendiri. Akhirnya, ceritanya jadi berantakan menurutnya.

'"Tapi karena mereka mengambil setengah, setengahnya mereka coba bangun sendiri jadinya ngaco kemana-mana. Ya sudah itu bukan tanggung jawab saya, keputusan kalian," kata Arya tertawa.

3 dari 4 halaman

Pujian Helmy Yahya

Helmy Yahya sempat memberikan pujian pada Ikatan Cinta, bahkan mengaku sebagai pengikut setia bersama sang istri. Namun belakangan, Helmy menilai ceritanya sangat dipaksakan.

Arya pun mengakui hal ini. Pria asal Denpasar ini menyebut kualitas Ikatan Cinta sekarang sudah jauh berbeda dengan awal penayangan. "Kalau saya bilang sudah amat jauh dari yang pertama, 'soul'-nya sudah hilang," sebutnya.

Arya mengaku sempat menawarkan sebuah konsep cerita kepada tim produksi. "Kalau mau mendapatkan sesuatu yang besar, korbankan hal besar yang kalian punya," katanya.

Arya rupanya membahas tentang mengorbankan salah satu karakter penting. "Ini kalau (pemain) dijejerin, ada yang mau dikorbanin enggak? Saya enggak yakin mereka ada yang tunjuk tangan. Kecuali Manda, mungkin," ungkapnya.

Helmy pun penasaran apakah Aldebaran akan kembali. Sempat ragu, Arya akhirnya menjawab. "Saya cuma jawab, Aldebaran masih hidup, iya. Kita lihat visinya masih sama atau tidak. Kemungkinan pasti ada," jawabnya.

.

4 dari 4 halaman

Profil Arya Saloka

Arya Saloka bernama lengkap Arya Saloka Yuda Prawira Suryowilogo dan lahir pada 27 Juni 1991. Ia memulai kariernya di dunia seni peran dengan membintangi beberapa judul FTV.

Pada 2013, ia berperan sebagai Guntoro dalam sinetron perdananya, yakni Get Married The Series 2 yang ditayangkan di SCTV.  Ia juga mendapatkan peran yang cukup menonjol di sinetron Tukang Ojek Pengkolan, dan Saat Hati Telah Memilih, Bang Toge Pamit Balik Lagi, dan 3 Semprul jadi Tentara.

Arya Saloka juga turut meramaikan film layar lebar seperti Habibie & Ainun 3, Story of Kale, When Someone’s In Love dan Malaikat Tanpa Sayap. Lewat sinetron Ikatan Cinta, nama Arya Saloka benar-benar membumbung tinggi. Ia tampil di berbagai acara dan menjadi bintang iklan sejumlah produk.

Arya pernah menempuh pendidikan di Universitas Negeri Malang dengan mengambil jurusan S-1 Pendidikan Teknik Informatika. Namun, ia tak menamatkan kuliahnya dan memutuskan mengundurkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.